Aman atau Tidak Minum Kopi saat Menstruasi? Pakar Kesehatan Wanita Beberkan Faktanya

Aman atau Tidak Minum Kopi saat Menstruasi? Pakar Kesehatan Wanita Beberkan Faktanya

Fakta aman atau tidak minum kopi saat menstruasi bagi wanita.--Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Minum Kopi saat sedang siklus menstruasi terkadang sering menjadi pertanyaan bagi masyarakat, terutama wanita.

Sebab, ada banyak pendapat yang terkadang saling bertentangan dengan bagaimana reaksi tubuh pada minuman kopi.

kafein yang ada di dalam kopi ini dianggap oleh para ahli sebagai salah satu penyebab efek samping negatif selama menstruasi.

BACA JUGA:Kaum Hawa Wajib Jaga Area Kewanitaan Saat Menstruasi untuk Cegah Infeksi

BACA JUGA:7 Penyebab Telat Menstruasi yang Harus Diwaspadai Wanita, Bisa Akibat Stress?

Lantaran, kafein yang ada di kopi ini bisa meningkatkan gejala sindrom pramenstruasi atau kerap disebut dengan PMS dan juga nyeri payudara.

Hal ini tersebut berawal dari adanya penelitian observasional yang telah diterbitkan beberapa dekade lalu.

Tak hanya itu, ada juga penelitian yang menghubungkan bagaimana asupan kafein dalam jumlah yang sedang ternyata bisa memengaruhi kadar estrogen wanita.

Lantas, sebenarnya aman atau tidak minum kopi bagi wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi dan apakah ada dampaknya terhadap siklus bulanan tersebut?

BACA JUGA:Cegah Kanker Serviks, Bumame, Biofarma, dan Thing Untouched Berikan Pemeriksaan HPV Gratis untuk Perempuan Marjinal

Amankah minum kopi saat menstruasi?

Menurut ahli diet serta pakar kesehatan wanita, yakni Elizabeth Ward, MS, RDN berpendapat bahwa belum ada bukti konkret terkait asupan kafein yang dapat memperparah gejala PMS sehingga ia menyebutkan bahwa aman bagi wanita untuk meminum kopi.

"Saya rasa aman untuk mengatakan tidak ada banyak bukti kafein dapat memengaruhi siklus menstruasi," ujar Ward yang dikutip dari Eating Well.

Pendapat Ward ini merujuk pada sebuah studi prospektif yang terbit tahun 2016 dan American Journal of Clinic Nutrition yang membuktikan bila asupan kafein ini tak ada kaitannya dengan gejala PMS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: