Kaum Hawa Wajib Jaga Area Kewanitaan Saat Menstruasi untuk Cegah Infeksi

Kaum Hawa Wajib Jaga Area Kewanitaan Saat Menstruasi untuk Cegah Infeksi

Kaum Hawa Wajib Jaga Area Kewanitaan Saat Menstruasi untuk Cegah Infeksi-Disway/Ayu Novita-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Berdasarkan data dari Kantar Betadine Brand Health Tracking pada 2021-2023 menunjukkan 2 dari 3 wanita di Indonesia mengeluhkan gatal-gatal, lalu 3 dari 5 wanita di Indonesia mengalami keputihan, serta 1 dari 2 wanita mengeluhkan bau tak sedap di area kewanitaan.

Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, M.Kes, FICS menjelaskan gejala yang timbul, tidak boleh diabaikan karena bisa menjadi tanda awal iritasi yang, jika dibiarkan, dapat berkembang menjadi infeksi.

BACA JUGA:Guardian Lakukan Cek Kesehatan Gratis ke 27 Ribu Pelanggan di Bulan Ramadan

BACA JUGA:Alasan Spanyol Mundur dari Operation Prosperity Guardian di Laut Merah Untuk Hadapi Houthi

"Vagina yang sehat memiliki pH 3.5 - 4.5. pH yang lebih tinggi dapat mendukung pertumbuhan bakteri patogen dan mengganggu flora normal,” jelasnya dalam acara sambut Menstrual Hygiene Day 2024 pada Selasa, 28 Mei 2024.

Menurut dr. Dara, Ketidakseimbangan flora normal dan perubahan pH di area kewanitaan dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti rasa gatal, bau tidak sedap, dan keputihan.

“Faktanya, saat menstruasi, 72% wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi vagina saat menstruasi karena darah haid bersifat basa dan dapat meningkatkan pH vagina,” tuturnya.

BACA JUGA:Gelaran Guardian Run Makin Meriah dengan Penghargaan untuk 33 Wonderful People

BACA JUGA:Pentingnya Personal Hygiene, Guardian Gelar Kids Carnival untuk Edukasi Anak-Anak

Ia juga menjelaskan, penting bagi para wanita untuk memiliki kebiasaan menjaga kebersihan area kewanitaan setiap hari, terutama saat menstruasi.

“Menstruasi memiliki pengaruh besar terhadap stabilitas ekosistem vagina. Saat mengalami gejala awal iritasi, penggunaan produk antiseptik juga disarankan. 

"Antiseptik yang baik sebaiknya mengandung Povidone Iodine, karena memiliki spektrum luas, mampu mengembalikan keseimbangan pH, dan dengan cepat memulihkan flora normal, sehingga efektif mengatasi infeksi di area kewanitaan,” ungkap dr. Dara.

BACA JUGA:Pameran Spesial Anniversary ke-33 Guardian, Berawal di Surabaya, Siap Mampir ke Jakarta

BACA JUGA:Dukung Kesehatan Anak Indonesia, Guardian Bagi-bagi 10 Ribu Sabun Mandi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: