Idul Adha Semakin Dekat, Harga Sejumlah Komoditas Pangan Tidak Stabil di Pasaran

Idul Adha Semakin Dekat, Harga Sejumlah Komoditas Pangan Tidak Stabil di Pasaran

Idul Adha Semakin Dekat, Harga Sejumlah Komoditas Pangan Tidak Stabil di Pasaran-Disway/Bianca Chairunisa-

DEPOK, DISWAY.ID-- Menjelang Hari Raya Idul Adha yang kian dekat tiap harinya, harga bahan pangan di sejumlah tempat mengalami ketidakstabilan harga

Berdasarkan pantauan Disway pada Jumat 31 Mei 2024, harga beberapa komoditas pangan seperti cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih kini naik turun tidak stabil di pasaran.

BACA JUGA:Transformasi Perdagangan Global, RI Kurangi Ketergantungan Ekspor Komoditas

BACA JUGA:Harvey Moeis Tak Ajukan Praperadilan Terkait Statusnya Sebagai Tersangka dalam Kasus Korupsi Komoditas Timah

Menurut keterangan Yanti, seorang pedagang dan pemiliki warung sayur yang bertempat di kawasan Curug, Depok, harga bawang merah yang sebelumnya berkisar pada harga Rp 55.000 per-kilogramnya kini turun drastis menjadi Rp 40.000 per-kilogramnya. 

Hal serupa juga terjadi pada komoditas cabai merah keriting, yang kini dijual seharga Rp 50.000 per-kilogramnya setelah turun drastis dari harga Rp 80.000.

"Minggu lalu masih 55 ribu lebih untuk bawang merah, sekarang jadi 40 ribu sekilonya. Kalau cabai merah, kemarin minggu harganya sampe 80 ribuan, tapi sekarang jadi 50 ribu lebih per-kilonya. Kalo bawang puih masih konsisten 50 ribu sekilo," ujar Yanti saat dtemui oleh Disway pada hari yang sama.

BACA JUGA:Giliran Pejabat Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Dalam Kasus Dugaan Korupsi Komoditas Timah

BACA JUGA:Profil Sandra Dewi, Ibu Dua Anak yang Namanya Ikut Terseret Kasus Korupsi Komoditas Timah Harvey Moeis

Berbanding terbalik dengan warung dagangan Yanti, harga komoditas pangan di sejumlah supermarket-supermarket besar dan ritel dagang naik drastis hingga mencapai Rp 100.000 lebih.

Berdasarkan pantauan Disway pada supermarket Hyfresh yang bertempat di kawasan Sawangan, Depok, harga cabai merah keriting yang sebelumnya berada pada harga Rp 80.000 per-kilogramnya kini sudah naik menjadi Rp 101.900 per-kilogramnya.

Hal serupa juga terjadi pada komoditas bawang merah dan bawang putih yang djual di retail dagang Indogrosir, dimana harga bawang merah dijual dengan harga Rp 57.800 per-kilogramnya dan bawang putih yang dijual dengan harga Rp 53.800 per-kilogramnya.

BACA JUGA:Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Komoditas Timah Terus Bertambah, Kejagung: Bentuk Perusahaan Boneka

BACA JUGA:2 Mantan Direktur PT Timah Ditetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Komoditas Timah, Berikut 5 Tersangka Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: