Pengobatan Batu Ginjal Kini Bisa Ditangani Tanpa Operasi

Pengobatan Batu Ginjal Kini Bisa Ditangani Tanpa Operasi

Penyakit Batu Ginjal-Pengobatan dengan minimal infasif-Dr. Axe

JAKARTA, DISWAY.ID - Seiring perkembangan dunia medis, metode pengobatan khusus untuk batu ginjal kian canggih.

Termasuk salah satunya inovasi metode dengan nama Retrograde Intrarenal Surgery (RIRS).

Retrograde Intrarenal Surgery (RIRS) untuk mengatasi kasus batu ginjal yang sulit seperti batu ginjal dengan ukuran besar, batu yang terlalu keras dan yang sulit dijangkau tanpa operasi. 

BACA JUGA:Waduh, Sambal Ulekan Batu Disebut Jadi Penyebab Timbul Batu Ginjal, Kok Bisa?

Metode RIRS menjadi salah satu inovasi yang memberikan keuntungan, khususnya bagi pasien, karena prosedurnya dilakukan lebih cepat, tidak meninggalkan bekas luka pada tubuh pasien, pemulihan lebih cepat, minim rasa nyeri, dan risiko infeksi lebih rendah dibanding metode bedah terbuka.

RIRS memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi karena dapat mengakses langsung ke ginjal dan menghancurkan batu ginjal menjadi fragmen-fragmen kecil, berbentuk seperti pasir hingga debu.

BACA JUGA:Cerita Jeremy Teti Idap Batu Ginjal Selama 4 Tahun, Pernah Minta Tolong Tetangga ke IGD

Tindakan RIRS sendiri sudah banyak dilakukan di Siloam Hospitals ASRI.

Dengan didukung oleh tim multidisiplin yang terdiri dari berbagai spesialis yang berpengalaman dan andal di bidangnya, inovasi teknologi, dan sistem pengelolaan klinis dan operasional dari jaringan Siloam Hospitals ASRI.

Pada dasarnya RIRS adalah prosedur penghancur batu ginjal dengan menggunakan laser.

Sebelum dilakukan prosedur RIRS, pasien harus menjalani pemeriksaan laboratorium terlebih dahulu, dilanjutkan pemeriksaan dengan CT scan.

Pemeriksaan menggunakan CT scan saat ini sudah mudah dijangkau dan menjadi standar pemeriksaan batu saluran kemih.

Selain mengetahui letak dan ukuran batu, informasi tambahan penting adalah kekerasan batu dengan satuan HU (Hounsefield Unit).

Dalam memilih prosedur RIRS, dokter akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran dan jenis batu, serta kondisi kesehatan umum pasien. 

BACA JUGA:Jalani Operasi Batu Ginjal, Segini Kisaran Biaya Dikeluarkan Parto Patrio

Informasi kekerasan batu merubah algoritma dan anjuran dokter spesialis urologi dalam penanganan batu saluran kemih, di mana penggunaan ESWL semakin terbatas, karena batu dengan kekerasan lebih dari 1000 Hounsfield Unit (HU), tidak disarankan lagi meskipun ukurannya tidak besar. 

RIRS dapat dilakukan pada batu ginjal berukuran kurang dari 3 cm, batu dengan kekerasan tinggi (kekerasan batu lebih dari 1000 HU).

BACA JUGA:Batu Ginjal Bisa Diobati dengan Minimal Invasif, Ini Penjelasan Ahli

Dikutip dari Kemenkes, ginjal (juga disebut batu ginjal, nefrolitiasis atau urolitiasis) adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal Anda.

Diet, kelebihan berat badan, beberapa kondisi medis, dan suplemen serta obat- obatan tertentu adalah merupakan penyebab batu ginjal.

atu ginjal dapat memengaruhi bagian mana pun dari saluran kemih Anda – mulai dari ginjal hingga kandung kemih.

BACA JUGA:5 Obat Alami Penangkal Batu Ginjal Dipercaya Ampuh, Yuk Buruan Dicoba

Seringkali, batu terbentuk ketika urin menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel.

Melewati batu ginjal bisa sangat menyakitkan, tetapi batu biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen jika dikenali tepat waktu.

Bergantung pada situasi Anda, Anda mungkin hanya perlu minum obat pereda nyeri dan minum banyak air untuk mengeluarkan batu ginjal.

Dalam kasus lain - misalnya, jika batu tersangkut di saluran kemih, berhubungan dengan infeksi saluran kemih atau menyebabkan komplikasi - pembedahan mungkin diperlukan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: