Datangnya Fenomena Badai La Nina, BMKG Bocorkan Wilayah Indonesia yang Kena Dampaknya

Datangnya Fenomena Badai La Nina, BMKG Bocorkan Wilayah Indonesia yang Kena Dampaknya

Hasil monitoring indeks ENSO prediksi La Nina terjadi pada Juli-September 2024.---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Berikut daftar wilayah Indonesia yang berdampak dengan fenomena anomali iklim La Nina.

BMKG mengunkapkan sejumlah wilayah yang kemungkinan besar akan berdampak langsung dengan fenomena alam La Nina.

Setelah fenomena kekeringan ekstrem selesai, kini BMKG memperkirakan badai luar biasa dari La Nina akan melanda Indonesia.

Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization/WMO) menjelaskan bahwa Indonesia memasuki akhir tahun 2024 kondisinya akan lebih dingin dibandingkan dengan beberapa bulan terakhir.

BACA JUGA:Dampak Fenomena La Nina di Indonesia, Bisa Picu Musim Badai Berbahaya

La Nina di wilayah tropis seperti Indonesia telah menyebabkan perubahan cuaca yang signifikan, dengan permukaan lautan yang menjadi lebih panas dan menyebabkan kekeringan di beberapa bagian dunia, sementara di tempat lain terjadi hujan lebat.

WMO memaparkan, ada kemungkinan sebesar 60% bahwa kondisi La Nina akan terjadi antara Juli hingga September 2024, dan kemungkinan akan mencapai 70 persen antara Agustus dan November 2024.

Meskipun kondisi iklim diprediksi akan semakin panas, tetapi bukan tidak mungkin bahwa La Nina tidak akan terjadi di Indonesia.

Namun, dampak pemanasan global dapat membuatnya lebih kering daripada biasanya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia memperkirakan bahwa Indonesia akan memasuki fase La Nina pada Juli hingga September tahun ini.

BACA JUGA:Penyebab Terjadinya Fenomena La Nina yang Diprediksi Muncul Juni 2024, Warga Siap-Siap!

Selama periode ini, Indonesia diharapkan akan sering dilanda hujan lebat, banjir, dan badai tropis.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengonfirmasi bahwa fenomena El Nino sedang berubah menjadi Netral dan akan digantikan oleh La Nina.

Meskipun intensitas La Nina diprediksi cenderung lemah kali ini, tidak sekuat pada tahun 2010.

Data BMKG menunjukkan bahwa ENSO telah berubah menjadi kondisi Netral pada Mei - Juni 2024 dengan indeks -0,02 dan diprediksi akan tetap Netral pada bulan-bulan berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: