Hari Ini Deadline Pemegang Visa Umrah Keluar Arab Saudi

Hari Ini Deadline Pemegang Visa Umrah Keluar Arab Saudi

Jamaah haji di kota Makkah berjalan menuju Masjidilharam. -Tomy Gutomo-

"Ada aturan yang harus dipatuhi. Ini tolong kita jaga bersama-sama, biar kepercayaan Kerajaan Saudi kepada masyarakat Indonesia juga terjaga," sebutnya.

Pemerintah Arab Saudi juga memantau maraknya promosi program paket haji dengan visa nonhaji. Media sosial juga menjadi pantauan pemerintah Arab Saudi. Hilman sudah berdiskusi dengan wakil kementerian haji Arab Saudi dan mereka memiliki data hasil investigasi.

“Wakil Kementerian Haji Arab Saudi menunjukkan hasil investigasi intelijen mereka. Ada orang-orang Indonesia mengajak jamaah, berjualan program paket dengan visa non haji. Mereka sudah punya datanya. Ditunjukkan kepada saya. Saya minta kita kerja sama yuk. Kami juga punya data, di IG yang jualan siapa, atau di tiktok yang live jualan dan lainnya, mereka semua ada datanya,” papar Hilman.

Diakui Hilman tahun lalu aturan tersebut masih longgar. Tapi tahun ini beda. "Jangan karena tahun lalu longgar terus merasa ini akan sama dengan tahun lalu. Sementara Saudi sudah mengatakan tahun ini aturannya sudah lebih tegas,” tegasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: