Mobilitas di Armuzna Tinggi, Jamaah Haji Sebaiknya Bawa Tas yang Fleksibel

Mobilitas di Armuzna Tinggi, Jamaah Haji Sebaiknya Bawa Tas yang Fleksibel

Kabid Akomodasi PPIH Zaenal Muttaqin menjelaskan tentang barang bawaan jamaah haji selama di Armuzna. --Media Center Haji

MAKKAH, DISWAY.ID – Barang apa saja yang harus dibawa jamaah pada puncak haji nanti? Kepala Bidang Akomodasi Zaenal Muttaqin Petugas Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) meminta jamaah membawa perbekalan yang cukup selama berada di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, mulai 14 Juni 20204 nanti.

"Saat berangkat pada 14 Juni nanti, jamaah laki-laki harus sudah memakai pakaian ihram. Kalau diperlukan membawa pakaian ihram cadangan. Ibu-ibu memakai pakaian yang menutup aurat," ujar Zenal di Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah, Senin, 10 Juni 2024.

Kemudian, lanjut Zaenal, jamaah membawa tas yang digunakan untuk membawa paspor, obat-obatan, dan perlengkapan pribadi. Jamaah juga jangan lupa membawa smart card atau kartu nusuk. Kartu yang diterbitkan pemerintah Arab Saudi itu akan di-scan sebelum naik ke bus. Yang tidak bisa menunjukkan smart card tidak bisa masuk ke Armuzna.

BACA JUGA:Banyak Jamaah Tertipu, Gus Men Ancam Cabut Izin Travel Haji Nakal

BACA JUGA:Jamaah Haji Indonesia Rajin Ziarahi Makam Mbah Moen

Selain itu, kata Zaenal, jamaah haji diminta membawa pakaian ganti yang cukup untuk dua hingga tiga hari. Mulai pakaian dalam dan pakaian sehari-hari. Juga jangan lupa membawa perlengkapan untuk mandi seperti handuk kecil, sabun, shampo, dan sikat gigi. 

"Kalau bantal tidak usah dibawa karena di tenda sudah disiapkan kasur dan bantal meskipun tidak sama dengan yang di hotel," jelas Zaenal.


Kabid Akomodasi PPIH Zaenal Muttaqin menjelaskan persiapan akomodasi di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. --Media Center Haji

Setelah wukuf di Arafah kemudian mabit di Muzdalifah dan Mina, jamaah melontar jumrah aqabah di Jamarat pada 10 Dzulhijah, jamaah bisa melepas pakaian ihram. "Jamaah laki-laki bisa bisa berganti dengan sarung atau celana panjang dan pakaian biasa," kata Zaenal. 

"Yang ambil nafar tsani bisa menyiapkan pakaian untuk 4 hari. Karena yang nafar tsani akan tinggal di Mina sampai 13 Dzulhijah. Kalau yang nafar awal akan di Mina 10-12 Dzulhijah," katanya.

Zaenal juga mengimbau jamaah membawa tas yang simpel untuk membawa pakaian. Ia tidak menyarankan jamaah membawa koper kabin. Kecuali memang tidak ada tas lain yang lebih fleksibel. 

Mobilitas jamaah dari Arafah, Muzdalifah, dan Mina akan sangat cepat. Dari Makkah, jamaah akan turun di Arafah untuk wukuf. Malamnya, jamaah harus naik bus lagi dan turun di Muzdalifah untuk mabit. Kemudian harus bergerak lagi dan turun di Mina untuk 2-3 hari. "Sehingga koper bisa menyulitkan pergerakan jamaah saat naik dan turun dari bus," kata Zaenal.

BACA JUGA:Catat, Mulai 11 Juni Bus Salawat Berhenti Beroperasi, Jamaah Haji Fokus Persiapan ke Armuzna

BACA JUGA:Kuota Murur di Muzdalifah Sudah Terisi 60 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: