Catat! Ada Sistem Baru Pada SIM dengan Sanksi yang Lebih Tegas Buat Pelanggar

Catat! Ada Sistem Baru Pada SIM dengan Sanksi yang Lebih Tegas Buat Pelanggar

Catat! Ada Sistem Baru Pada Sim dengan Sanksi yang Lebih 'Mengerikan'-rafi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Korps Lalu Lintas Polri menghadirkan inovasi revolusioner terbaru dalam sistem tilang elektronik atau ETLE.

Sekarang telah muncul sebuah teknologi pengenalan wajah alias face recognition bagi pemilik SIM.

Jika ETLE sebelumnya hanya dapat menindak pelanggaran yang dilakukan oleh kendaraan.

Akan tetapi sekarang dengan adanya tekhnologi pengenalan wajah ini, kini identitas pengendara yang melanggar aturan pun dapat teridentifikasi.

BACA JUGA:Marinir Tugas di Papua Bunuh Diri Terlilit Hutang Akibat Judi Online, Tim Investigasi Korps Marinir TNI AL: Hutangnya Nyaris Rp 1 M

Dalam peluncuran ETLE dengan teknologi pengenal wajah ini, Korlantas Polri juga menyertakan Traffic Attitude Record (TAR) sebagai salah satu gebrakan baru untuk meningkatkan disiplin dan kesadaran pengendara.

Sistem ini akan memberikan poin kepada pelanggar lalu lintas, yang kemudian akan menentukan tingkat pelanggaran dan tindakan yang akan diambil.

"Melalui sistem ini, kami berharap bisa mendorong pengendara untuk lebih bertanggung jawab dalam berkendara," kata Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen R Slamet Santoso.

Penerapan TAR diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain:

BACA JUGA:Siap-siap! Pusat Militer Iran Diserang Israel, Korps Garda Revolusi Iran Ancam Bakal Gunakan Senjata Nuklirnya

1. Meningkatkan Kesadaran Pengendara

Adanya sistem poin akan membuat pengendara lebih sadar akan konsekuensi dari pelanggaran yang mereka lakukan.

2. Mendorong Perilaku Berkendara yang Lebih Baik

Dengan adanya poin yang harus dihindari, pengendara akan termotivasi untuk berkendara dengan lebih hati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: