Skybridge Bojonggede Bakal Diperpanjang, Permudah Warga Komuter di Stasiun Bojong Gede

Skybridge Bojonggede Bakal Diperpanjang, Permudah Warga Komuter di Stasiun Bojong Gede

Skybridge Bojonggede yang akan menghubungkan ke peron Stasiun KRL Bojong Gede arah Jakarta akan diperpanjang. --Kemenhub

JAKARTA, DISWAY.ID – Skybridge Bojonggede yang akan menghubungkan ke peron Stasiun KRL Bojong Gede arah Jakarta akan diperpanjang.

Hal itu akan mempermudah warga Komuter pengguna KRL.

Direktur Prasarana Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Zamrides, mengungkapkan bahwa perpanjangan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kenyamanan dan mempermudah mobilisasi bagi para pengguna KRL.

BACA JUGA:Tawuran Pecah di Rel Kereta Tanjung Priok, Perjalanan KRL Terhenti hingga Penumpang Panik

“Poin utama yang menjadi perhatian adalah perlu pembebasan lahan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor untuk optimalisasi,” ujar Zamrides dikutip pada Sabtu, 22 Juni 2024. 

Pembangunan lanjutan skybridge ini akan memerlukan sedikit lahan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) untuk digunakan sebagai pilar penyangga.

BACA JUGA:Cara dan Rute ke Jakarta Fair 2024 di JIExpo Kemayoran Naik KRL dan Transjakarta

 

Penataan ulang sirkulasi pergerakan penumpang keluar masuk Stasiun Bojonggede menjadi fokus penting. 

"Kami berupaya agar dengan adanya perpanjangan skybridge ini, pergerakan penumpang dapat lebih lancar dan nyaman," tambah Zamrides.

BACA JUGA:Terkuak Penyebab KRL Tanah Abang-Rangkasbitung Terlambat Pagi Ini

Saat ini BPTJ tengah melakukan survei bekerja sama dengan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan dan sosialisasi kepada pengguna skybridge Bojonggede terkait evaluasi operasional serta menjaring persepsi mereka terhadap rencana perpanjangan. 

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat mendapatkan informasi yang tepat dan dapat memberikan masukan yang konstruktif terhadap rencana pembangunan ini. 

Adapun halaman survey dapat diakses di https://e.survey.dephub.go.id/survey/461

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Dekat Stasiun KRL, Bisa Ditempuh dengan Jalan Kaki!

Zamrides berharap dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan pengguna KRL Khususnya di Bojong Gede, serta mendukung perkembangan infrastruktur transportasi yang lebih baik dan terintegrasi di kawasan Jabodetabek.

Skybridge Bojonggede merupakan fasilitas integrasi yang menghubungkan Stasiun KRL Bojonggede dengan Terminal Penumpang Tipe C Bojonggede. 

Jembatan ini dirancang untuk memudahkan pergerakan penumpang antara kedua fasilitas transportasi ini. 

BACA JUGA:Cara dan Rute ke GBK Nonton Konser NCT DREAM Naik KRL, MRT dan Transjakarta

Skybridge ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di kawasan Bojonggede serta meningkatkan keselamatan dan kenyamanan bagi pejalan kaki. 

Dari hasil analisis BPTJ pada Bulan Februari 2024, Skybridge Bojonggede dapat membantu mengurangi kemacetan sebesar 3,3 Miliar per tahun, hal ini setara dengan penghijauan melalui 327 pohon sehingga dapat membantu menurunkan polusi CO2. 

Keuntungan lain dengan adanya skybridge Bojonggede dapat memberikan potensi PAD kepada pemerintah Kabupaten Bogor sebesar 3,5 Miliar per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenhub