Unair Green

Unair Green

Ilustrasi soal green energy--

Kelompok pertama: mereka yang dipaksa. Kelompok kedua: mereka yang masih menghitung untung rugi. Kelompok ketiga: mereka yang belum mengerti.

Itulah pengelompokan dunia usaha ketika ditanya apakah sudah melakukan pengurangan emisi karbon di perusahaan masing-masing.

Kemarin saya diundang untuk membahas pengurangan emisi karbon di program Pasca Sarjana Universitas Airlangga. Yang memimpin diskusi Dewi Rizki dari WWF.

Para pengusaha diwakili Kadin dan Apindo. Dihadirkan juga Polda dan Kajati Jatim. Lalu eksekutif dari PLN.

Dari forum itu diketahui bahwa ternyata peran perusahaan swasta masih sangat kecil. Yang sudah melaksanakan barulah mereka yang dipaksa. Yang mampu memaksa mereka adalah partner mereka sendiri di negara maju.

Misalnya Nike dan Adidas. Mereka mewajibkan pabrik sepatu partner mereka di Indonesia untuk terus mengurangi emisi karbon. Kalau tidak, hubungan bisnis diputus. Pengusaha Indonesia takut. Terpaksa masuk ke program green.

Salah satu yang mereka lakukan adalah memasang solar cell di pabrik mereka. Itu berakibat kenaikan biaya produksi.

Cara lain: minta ke PLN untuk mendapat kiriman listrik dari pembangkit green. Misalnya dari pembangkit listrik panas bumi (geotermal).

PLN kini melayani permintaan listrik hijau seperti itu. Dengan tarif yang lebih tinggi. Anda pun bisa minta jenis listrik seperti itu ke PLN. Untuk rumah Anda. Siapa tahu Anda juga semakin peduli pada green energi.

Sudah lama saya tidak ke Unair. Gedung pasca sarjananya ternyata baru. Klasik. Bergaya arsitektur abad 16. Warna putih. Ruang-ruang kelasnya sangat masa kini.

Boleh dikata gedung pasca sarjana ini menjadi ikon baru di kampus B Unair. Yakni yang di selatan RSUD Dr Sutomo.

Kampus A-nya, Anda sudah tahu: khusus untuk fakultas kedokteran. Di sebelah utara RSUD Dr Sutomo.

Rektor Unair sendiri berkantor di Kampus C: lebih ke timur. Lebih luas. Lebih besar.

Saya lihat Kampus C ini terus ditata. Dibenahi. Kian indah. Kian hijau. Rasanya wajah Unair sekarang ini adalah yang paling indah dalam sejarahnya.

Unair juga terus memperbaiki rankingnya. Tiap tahun naik. "Tahun 2019 masih di urutan 750-800 dunia. Tahun ini di urutan 345," ujar Prof Dr Suparto Wijoyo. "Tahun depan 308," tambahnya.

Prof Suparto adalah wakil direktur 3 pasca sarjana. Ia yang jadi salah satu pembicara di acara kemarin.

Pasca sarjana Unair juga baru saja membuka program doktor untuk ilmu 'Hukum dan Pembangunan'. "Ini prodi satu-satunya di Indonesia," ujar Prof Suparto.

"Kami ingin  memadukan hukum dengan kepentingan pembangunan secara seimbang. Perspektifnya bukan ilmu hukum tetapi dinamika hukum dalam pembangunan," tambahnya.

Program itu baru dibuka tahun lalu. "Peminatnya membludak. Sampai sebagian harus masuk tahun berikutnya," kata Prof Suparto yang memang orang hukum.

Salah satu mahasiswanya adalah Kapolda Jatim yang sekarang Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si..

Di samping itu pasca sarjana Unair juga punya S-2 jurusan kajian ilmu kepolisian. Sejak tahun 2012. Di Indonesia baru UI dan Unair yang membuka kajian ilmu kepolisian. Banyak polisi jadi mahasiswanya.

"S-1 semua jurusan bisa diterima di S-2 kajian ilmu kepolisian," katanya.

Saya sendiri memperkirakan green energi baru akan disukai tiga tahun lagi. Atau lima. Yakni ketika harga baterai sudah turun lagi 30 persen dari harga sekarang.

Harga baterai sekarang pun sebenarnya sudah 50 persen lebih murah dari tujuh tahun lalu. Tapi perlu turun sedikit lagi untuk bisa membuat green energi berkembang tanpa paksaan.

Tiga atau lima tahun lagi Anda pun tidak perlu dipaksa. Pakai solar cell sudah lebih menguntungkan. Siang hari panel surya menghasilkan listrik. Listriknya disimpan di baterai. Malam hari rumah Anda dilistriki oleh baterai.

Kalau kebetulan siang harinya turun hujan sepanjang hari toh Anda tidak perlu menyalakan AC di rumah.(Dahlan Iskan)

Komentar Dahlan Iskan di Disway Edisi 28 Juni 2024: Jalan Umur

Amat K.

Nah jadi, berdasarkan beberapa penelitian, harapan hidup wanita lebih tinggi dibanding pria. Mangkanya banyak wanita yang berumur panjang. Kondisi biologis pun mendukung hal itu. Sejak kita masih berbentuk embrio, kromosom XY yang dimiliki pria tidak punya pengganti jika kromosom X itu rusak. Berbeda dengan kromosom XX wanita, masih ada cadangannya. Di luar faktor itu, pekerjaan dan lingkungan juga turut berpengaruh. Para pria bekerja lebih banyak dengan hal yang bersinggungan dengan bahaya. Dan terakhir, yang valing penting. Alasan mengapa banyak djanda tua dapat hidup mandiri sampai akhir hayatnya dibanding duda yang memilih mencari pendamping lainnya di hidupnya adalah ... pria punya baterai yang kalo tidak di-charger bisa mati. Selamat pagi semua!

iya nok

buyut umur 80 beli kain kafan,, ditanya ibu mau utk apa. jawab buyut utk persiapan mati. setelah 10 thn belum juga meninggal, akhirnya kain kafan utk kain sprei.. skitar umur 106 baru meninggal. ibu bercerita sambil tertawa mengingat kejadian itu..

iya nok

ada yang tau slogannya USA Today . sayaerhatiin slogannya tempo hari kemarin.. slh satu slogannya kl ndak salah "jernih bersuara di tengah kebisingan" spt slogannya pak bos ttap menulis walaupun komennya perusuh sangat bising sekali

Jokosp Sp

Aktualnya memang wanita lebih kuat. Dua gunung kembar saja dibawa ke mana-mana sanggup tanpa mengeluh. Malah ada wanita yang merasa ringan membawa dua gunung itu, sampai kadang berusaha membesarkannya. Sementara sang lelaki yang merasa sok jadi jagoan, burungnya cuma bisa membawa dua telornya yang kecil itu. Tapi jagoan tidak pernah ada matinya, maka untuk menjaga stromnya tetap full si battery perlu dicharging secara kontinyu. Sampai untuk membesarkan burungnya kadang perlu minta tolong juga ke perempuan, ke mak erot.

Juve Zhang

Bruce Lee hanya 32 tahun tapi orang mengenangnya jauh melebihi generasi zamannya...dalam hidup yg singkat karya nya Legenda....Deng panjang usia 92 tahun...dalam Hidupnya yg panjang orang mengenang Karya nya...membangun sebuah negara dari Puing puing reruntuhan ke Masa Kejayaan....banyak contoh lain dalam bidang lain....orang mengenang Karya Karya besar mereka...Karya karya spektakuler itu yg selalu di ingat....jadi berkarya lah yg positip. Kalau hobinya Mengebor jelas itu karya negatif dan klasifikasi nya Hama Masyarakat.

Leong Putu

Saya sama sekali ndak mempermasalahkan, entah umur saya nti panjang atau entah pendek. Saya hanya ingin, kelak setelah meninggal, saya dikenang sebagai suami yang baik dan setia bagi istri saya. Dan seorang ayah yang baik bagi anak-anak kami. Harapan saya cuma sesimpel itu. Bahkan saya membayangkan sebuah percakapan di antara anak-anak kami. "Bersyukur ya...kita punya papa yang baik, walaupun ndak kaya tapi amat baik". "iya..kalau dia ndak baik, ndak mungkin dia akan diberi hadiah sepatu hitam nomor 42, olah bapak Dahlan Iskan yang mantan mentri itu". "iya juga, ya...". .. Betapa bahagianya saya di sorga kala itu...

Muh Nursalim

Jenderal Sudirman umurnya hanya 34 tahun, tetapi jasanya bagi Indonesia luar biasa. Kartini malah lebih pendek, hanya 24 tahun. Kita semua tahu siapa dia yang diperingati setiap tanggal 21 April. Kyai Haji Ahmad Dahlan juga hanya 54 tahun. Tapi warisan perjuangannya tidak ada yang meragukan. Sampai BSI pun pusing karena tabungan Muhammadiyah mau dialihkan ke bank lain. Banyak juga ulama yang usianya pendek. Imam Ghazali 52 tahu, Imam Nawawi 45 tahun, Imam Syafii juga hanya 54 tahun tapi karya mereka akan terus dikaji kaum musliimin di sulur dunia sampai hari kiamat. Ada umur biologis ada umur spiritual. Umur biologis adalah usia raga manusia, seperti angka-anka yang tersebut di atas. Adapun umur spiritual adalah rentang nama baik dan jasa seseorang dikenang manusia. Inilah justru yang lebih penting. Karena di sana ada konsep jariyah. Walaupun si fulan sudah mati secara biologis orang-oarang yang hidup masih mengirim pahala kepadanya berkah jasa-jasa yang ditinggalkan semasa hidupnya.

Rizal Falih

Saya pernah punya 2 kartu kredit bank pemerintah. Namun hanya bertahan 3 tahun. Tertarik oleh rayuan sales marketingnya. Karena dijanjikan bebas annual fee atau biaya tahunan, seumur hidup. Nyatanya tidak. Selama tiga tahun itu, seingat saya hanya dipakai dua kali. Pertama, untuk membeli handphone dan yang kedua kalinya membayar bill kamar hotel. Sampai pada suatu waktu saya mendapatkan notifikasi melalui email yang isinya peringatan bahwa ada upaya penggunaan kartu kredit saya dari orang yang tidak bertanggung jawab. Khawatir kartu kredit saya dibobol oleh hacker, akhirnya saya pun menghubungi call centernya dan memblokir kartu kredit tersebut. Sehinga tidak ada transkasi sama sekali di tahun kedua dan ketiga. Ternyata muncul tagihan biaya tahunan melalui email di tahun kedua. Padahal awalnya dijanjikan free anual fee seumur hidup. Ternyata saya tergoda oleh janji manis marketingnya belaka. Tagihan pun saya abaikan. Sampai akhirnya di tahun ketiga tidak muncul kembali tagihan di email saya. Mungkin saya masuk daftar hitam jika mengajukan kartu kredit baru, karena tidak melunasi annual fee tersebut. Sampai sekarang belum ada niatan untuk pakai kartu kredit lagi. Hidup apa adanya saja, jika ada uang dibeli, kalau belum ada, ya nabung dulu. Siapa tau seperti tulisan Abah hari ini, membuat panjang umur.

Sri Wasono Widodo

Wanita yang ditinggal mati suami masih bisa berumur panjang. Belum tentu sebaliknya. Beruntung frasanya belum tentu. Cukup banyak bapak-bapak yang ditinggal mati isterinya tetap hidup sampai sepuh. Misalnya seorang ulama guru bangsa yang puisi religinya viral dan hobi melukis. BPS tahun 2022 merilis jumlah penduduk dengan usia 75+ yang laki-laki 2.232,9 juta sedangkan yang wanita 2.897,1 juta. Artinya pada kelompok umur di atas 75 tahun memiliki perbandingan laki-laki : wanita = 77 : 100. Apa ini mendukung aksioma di atas? Wallahu a'lam.

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Suami-istri sedang bertengkar di atas mobil yang menyusuri jalan tol dengan kecepatan 60 km per jam. Suami berada di belakang kemudi. Istrinya memandang ke arahnya dan berkata, "Aku tahu kita sudah menikah selama 15 tahun, tapi aku ingin bercerai." Suami tidak berkata apa-apa, namun perlahan-lahan kecepatan mobil naik menjadi 70 km per jam. "Aku tidak ingin kamu membujukku. Aku telah berselingkuh dengan sahabatmu, dan dia adalah kekasih yang lebih baik darimu." Sekarang 80 km per jam. "Aku menginginkan rumah yang kita tempati sekarang." 90 km per jam. "Aku juga ingin anak-anak." 100 km per jam. "Dan, aku ingin rekening bank dan semua kartu kreditnya." 120 km per jam. "Kamu menanggapinya dengan sangat tenang," kata istrimya. “Apakah tidak ada sesuatu yang kamu inginkan?” Suami menjawab pelan, "Aku sudah mendapatkan semua yang kubutuhkan." "Apa itu?" "Airbag." Sekarang kecepatan 150 km per jam.

Lagarenze 1301

Sebenarnya kartu kredit sangat bermanfaat. Selama digunakan untuk hal positif. Bukan foya-foya di luar batas kemampuan. Saya punya kartu kredit bank pelat merah. Tagihan tercetak setiap tanggal 14. Batas waktu pembayaran di akhir bulan pada bulan berikutnya. Dengan demikian, saya bisa "pinjam uang bank tanpa bunga" selama 1,5 bulan. Contoh sederhananya, istri belanja bulanan setiap tanggal 15. Tagihan baru tercetak tanggal 14 bulan berikutnya. Pembayaran dilakukan di akhir bulan, sebelum lewat batas waktu. Bagi sebagian orang, pinjam uang bank tanpa bunga ini sangat bermanfaat. Pedagang yang cash flow harian sangat diuntungkan. Belanja barang hari ini pakai kartu kredit, bayarnya 1,5 bulan ke depan. Keuntungan lain, sangat banyak promo cicilan. Pembayaran bisa dicicil 6 bulan dengan bunga 0 persen. Mau yang 12 bulan, bunga 0,75 persen. Bukankah harus bayar biaya tahunan? Tergantung jenis kartu. Saya kena Rp 600 ribu. Jatuhnya Rp 50.000 per bulan. Masih worth it dengan manfaat yang saya dapatkan.*

Mirza Mirwan

"نحن نهرب من الموت إلى الموت" Kalimat itu keluar dari mulut seorang ibu muda yang menggendong bayinya, di antara begitu banyak orang yang berlarian dengan wajah panik, sementara di latar belakang nampak kilatan api dan suara dentuman. Manteman yang sering menonton kanal Al-Jazeera (dan paham bahasa Arab) mungkin ada yang juga melihat video itu, tadi malam. "Kami lari dari kematian menuju kematian." Seharian kemarin, dalam 24 jam, pesawat tempur dan artileri Israel secara brutal menyerang pemukiman padat di seluruh penjuru Gaza. Sampai sebelum Dhuhur tadi korban tewas di Gaza tercatat 37.718 jiwa, sementara yang terluka 86 337 orang. Jumlah korban tewas itu belum termasuk ribuan yang terkubur di reruntuhan bangunan. Pun tidak termasuk korban tewas di Tepi Barat. Manteman boleh mengumpat-umpat Joe Biden. Presiden 82 tahun itu memang pantas untuk "dipisuh-pisuhi". Biden punya kuasa untuk menghentikan kebrutalan Israel. Tetapi ia tidak menggunakan kekuasaannya itu. Maka wajar saja resolusi gencatan senjata permanen di Gaza dari DK-PBB yang AS juga menyetujuinya tidak membuat Israel surut. Bahkan semakin brutal. Apa boleh buat, memang. Parlemen Israel dikuasai orang-orang Yahudi dalam KTP (Yahudi Hiloni). Kalau saja mayoritas dari Yahudi Haredi dan Dati, misalnya, mungkin sudah sejak 4-5 bulan yang lalu Netanyahu terlempar dari kursi PM. Mereka yang patuh pada ajaran Tanakh (di dalamnya termasuk Torah) bahkan tidak setuju dengan Zionisme, kok.

Johannes Kitono

Kalau ikuti saran Mdm Miriam Todd. Hidup tanpa CC.Tentu hari ini tidak bisa terbang via Air Asia ke Malaysia. Beli tiket via Traveloka dengan Visa BCA.MCU di Borneo Medical Centre dengan Master card Cimb Niaga. Biarpun hidup kelihatan penuh dengan hutang, tapi merasa telah dipermudah. Kalau Miriam bisa berumur seabad tentu bukan hanya hidup tanpa CC. Pasti ada hal hal lain seperti selalu aktif dan positip thinking. Dalam ilmu Statistik manusia seperti Miriam ini disebut angka Anomali. Harus dikeluarkan dari populasi supaya reratanya bisa mewakili populasi. Kita yakin Centarian seperti Miriam hanya tersisa maksimum 5 % saja di dunia. Nasihat panjang umur Miriam seharusnya ditambah. Janganlah memilih Politisi sebagai profesi. Umumnya, para politisi dan tentu tidak semua. Mereka selalu mencari keuntungan sendiri dengan menipu rakyat yang telah memilihnya. Semoga Semuanya Hidup Berbahagia.

Jo Neca

Kalau menurut saya bu Miriam ini berumur panjang kerena beliau sudah MAKMUR sejak lahir..Jadi asupan gizinya terpenuhi dan bisa mengelola gaya hidup.Kalau lahir dalam keluarga minimalis..Mau milih2 makanan gimana.Asal ada di santap hahhaa.

Yellow Bean

Mrs Miriam Todd pantas berumur panjang. Kehidupan tenang dan pola hidup sederhana mengurangi resiko stres. Tekanan hidup akibat perubahan pola hidup sangat berpengaruh pada resiko stres. Salah satu penyebabnya adalah hutang dari kartu kredit. Pada kenyataannya hutang membuat orang bekerja lebih keras untuk bisa melunasi. Tanpa hutang dengan hidup sederhana menjadikan hidup nyaman. Walaupun dengan kondisi yang seadanya. Rumah dan perabotan sederhana. Dengan kesibukan di toko furniture maka bisa di bayangkan kehidupan Mrs Miriam yang sehari-hari sibuk menjaga dan melayani pembeli. Selain otak yang terus aktif juga badan yang terus bergerak menjadikan Belio berbadan sehat dan langsing tentunya karena pembakaran kalori tubuh selalu aktif setiap hari. Kebetulan toko tempat bekerja adalah milik keluarga yang membuat Belio dengan rasa cintanya menjaga dan melanjutkan bisnis yang di rintis kedua orang tuanya. Contoh nyata hidup sehat sampai tua tetap bermanfaat.

Fiona Handoko

selamat sore bp thamrin, bung mirza, bp agus, bp jo, bp udin dan teman2 rusuhwan. tertawa awak membaca berita di solopos hari ini. "rupiah lesu. pemerintah imbau masyarakat liburan di dalam negeri saja." coba saja cek tiket garuda. misal tgl 17 juli. bali ke medan, ekonomi 4 juta. ehh, tiket sq bali ke bangkok. ekonomi 3,5 juta. padahal sq masuk di ranking 2 skytrax 2024 worlds best airlines. dimana garuda ada di ranking 30 an. dengan harga tiket yg lebih ekonomis dari garuda. th 2023 sq meraup laba 31,7 ton. sehingga bisa memberi bonus ke seluruh karyawannya sebanyak 8 kali gaji. sedangkan garuda, yg bisa jual tiket dengan harga super premium. laba th 2023 "hanya" 4 ton. bonus untuk karyawan? belum terdengar. yang terdengar, malah dirut garuda mengusulkan kenaikan tarif batas atas tiket pesawat.

Beny Arifin

Intinya kalau umur anda 100 tahun dan anda masih hidup. Maka apapun kebiasaan anda selama hidup akan jadi kiat panjang umur. Seperti halnya kalau anda punya harta 10T, semua kebiasaan anda akan jadi kiat sukses. Kita hari ini menikmati tulisan kurang bahan dari Pak DI hahaha...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 133

  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Liam Then
      Liam Then
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • yea aina
    yea aina
    • Liam Then
      Liam Then
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • Liam Then
      Liam Then
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
  • Amat K.
    Amat K.
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Amat K.
      Amat K.
    • Amat K.
      Amat K.
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Tivibox
    Tivibox
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Sri Wasono Widodo
    Sri Wasono Widodo
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
  • Rihlatul Ulfa
    Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Muh Nursalim
    Muh Nursalim
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Liam Then
      Liam Then
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
    • Johannes Kitono
      Johannes Kitono
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
    • Liam Then
      Liam Then
  • DeniK
    DeniK
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
  • Liam Then
    Liam Then
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Nimas Mumtazah
      Nimas Mumtazah
  • iya nok
    iya nok
  • iya nok
    iya nok
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
  • iya nok
    iya nok
  • iya nok
    iya nok
  • iya nok
    iya nok
  • iya nok
    iya nok
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin