Cerita I Gusti Alerivana, Mahasiswi IPB yang Terpilih Ikut Jelajah Lautan Indonesia Bersama OceanX

Cerita I Gusti Alerivana, Mahasiswi IPB yang Terpilih Ikut Jelajah Lautan Indonesia Bersama OceanX

- I Gusti Alerivana merupakan 1 dari 19 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang terpilih ikut menjelajahi lautan bersama OceanX--Sabrina Hutajulu

JAKARTA, DISWAY.ID - I Gusti Alerivana merupakan 1 dari 19 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang terpilih ikut menjelajahi lautan bersama OceanX. 

Invana begitu ia akrab disapa, akan memulai misi jelajah lautan di Labuan Bajo hingga Manado bersama OceanX pada 4-10 Agustus 2024 mendatang.

BACA JUGA:4.998 Calon Maba Ikut Ujian Mandiri IPB University, Rebutan Kuota 30%

Kepada Disway Ivana yang merupakan mahasiswi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengaku melalui proses yang sulit dan ketat sehingga bisa terpilih.

"Pertama tau dari Kemendikbudristek karena mereka bikin surat edaran terkait program OceanX ke kampus-kampus, salah satunya ke IPB," katanya Selasa 9 Juli 2024.

"Lalu aku dikasih tahu dosen, dari beberapa mahasiwa yang ikut seleksi, cuma 2 orang yang kepilih dari IPB dan salah satunya itu aku," lanjutnya.

BACA JUGA:Daftar 104 PTN Tujuan Beasiswa Unggulan 2024 dan Jadwal Pendaftaranya, Ada IPB, UGM, hingga Undip

Ivana membeberkan rangkaian proses seleksi yang ia ikuti, salah satunya ialah calon perserta harus mampu berbahasa Inggris dengan minimal TOEFL 500.

"Prosesnya itu susah susah gampang, pertama harus bisa bahasa inggris dan ada syarat TOEFL itu 500, lalu harus aktif organisasi dan IPK di atas 3," terangnya.

BACA JUGA:Bawaslu Klaim KPU Mampu Gelar Pilkada Serentak 2024

Setelah lulus tahap administrasi, Ivana kemudian mengikuti tes selanjutnya yaitu wawancara dengan pihak OceanX.

"Lolos administrasi, lalu diwawancara sama OceanXnya langsung, pake bahasa inggris. Ditanya-tanya alasan ingin ikut dan sebagainya," papar Ivana.

BACA JUGA:Polri Akan Terapkan TPPU untuk Miskinkan Bandar hingga Kurir Narkoba

Ivana mengungkapkan ketertarikannya terhadap program OceanX, apalagi kapal OceanX hanya datang 5 hingga 10 sekali ke Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: