IPB Naik Peringkat 94 Dunia Versi THE Impact Ranking 2024

IPB Naik Peringkat 94 Dunia Versi THE Impact Ranking 2024

Ketentuan Daftar ulang lolos UNBK SNBT 2024 di IPB--IPB University

JAKARTA, DISWAY.ID - IPB University menempati peringkat 94 dunia pada pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Ranking 2024.

Posisi ini meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya (peringkat 101-200 dunia pada 2023).

BACA JUGA:432 Dosen dan Mahasiswa IPB Periksa Hewan Kurban, Waspada Penyakit LSD

Hasil pemeringkatan ini diumumkan pada acara Global Sustainable Development Congress yang diadakan di Queen Sirikit National Convention Centre, Bangkok, Thailand, (10-13/6).

THE adalah lembaga pemeringkatan yang menilai kontribusi institusi pendidikan di dunia berdasarkan 17 poin Sustainable Development Goals (SDGs). Terdapat empat aspek yang dinilai, yakni penelitian (publikasi terindeks Scopus), operasional atau tata kelola kampus, pengabdian masyarakat, dan pengajaran.

Pada SDGs 1 (Menghapus kemiskinan), IPB University menempati peringkat 14 dunia dengan skor 84, sedangkan pada SDGs 2 (Tanpa Kelaparan), IPB University berada di peringkat 28 dunia.

BACA JUGA:QS WUR 2025, IPB Ranking 426, UI Peringkat 206 Dunia

Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyampaikan rasa syukurnya atas capaian ini.

“Pencapaian ini berkat kerja bersama warga IPB University dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan setara. Apresiasi untuk segenap warga IPB University yang telah berkontribusi atas capaian dalam THE University Impact Rankings ini,” tuturnya dalam keterangan resmi.

Pada tahun ini, tercatat sebanyak 1.963 universitas terkemuka di dunia berpartisipasi dalam pemeringkatan ini.

BACA JUGA:Ikuti Tips Pilih Hewan Kurban Idul Adha 2024 Menurut Pakar IPB

Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 1.591 institusi pendidikan.

Peningkatan partisipasi perguruan tinggi yang mengikuti ini menandakan bahwa berbagai perguruan tinggi di dunia berlomba-lomba untuk memberikan performa terbaiknya dalam mewujudkan SDGs.

BACA JUGA:Lokasi UTBK SNBT 2024 Gelombang 2 di IPB, 10 Bus Kampus Siap Antarkan Peserta Ujian

Wakil Rektor IPB University bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim, Prof Ernan Rustiadi, mengatakan bahwa THE Impact Rankings ini dapat mendorong warga kampus dalam menerapkan tridharma perguruan tinggi yang berbasis SDGs.

"Peningkatan peringkat IPB University ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak institusi pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan kontribusinya dalam pencapaian SDGs, serta memperkuat posisi Indonesia di kancah pendidikan tinggi dunia yang memiliki kontribusi nyata bagi kesejahteraan umat manusia,” tuturnya.

BACA JUGA:Profesor Fotonika IPB Dikukuhkan Jadi Profesor Riset BRIN

“Dengan terus mengembangkan program-program unggulan dan memperluas kerja sama internasional, IPB University siap untuk menghadapi tantangan global dan memberikan kontribusi terbaiknya untuk masa depan dunia yang berkelanjutan," pungkas Prof Ernan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ipb