Profesor Fotonika IPB Dikukuhkan Jadi Profesor Riset BRIN

Profesor Fotonika IPB Dikukuhkan Jadi Profesor Riset BRIN

Pengukuhan Prof Isnaeni sebagai Profesor Riset di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). -Pakar Fotonika IPB University-IPB University

JAKARTA, DISWAY.ID – Dunia sains Indonesia menyambut pengukuhan Prof Isnaeni sebagai Profesor Riset di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

Prof Isnaeni adalah pakar fotonika alumnus Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University. 

Fotonika adalah bidang ilmu dan kajian yang berkaitan dengan optik dan rekayasa optik, terutama yang berhubungan dengan partikel foton dalam spektrum elektromagnetik. 

BACA JUGA:Kecantikannya Bikin Salfok! Ini Sosok Sausan Sabrina, Wanita Keturunan Arab yang Dinikahi Virzha

Sistem optik / fotonik ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan monitoring proses industri, sistem pertahanan / militer, aplikasi diagnostik dan terapeutik dalam bidang medis / pelayanan kesehatan, serta penggunaan pada bidang pertanian dan peternakan untuk pemastian kualitas dan keaslian produk pengolahan hasil pertanian / peternakan.

Prof Isnaeni dalam orasi ilmiahnya berjudul "Pemanfaatan Quantum Dots pada Bidang Energi dan Lingkungan di Indonesia" memaparkan tentang potensi luar biasa dari material semikonduktor nano ini dalam berbagai aplikasi, seperti sel surya, penerangan hemat energi, dan sensor lingkungan.

BACA JUGA:Kapan Pengumuman Hasil UTBK SNBT 2024? 16 Ribu Peserta Lancar Ujian di IPB

Ia menekankan pentingnya pengembangan teknologi fotonika untuk menjawab tantangan energi dan lingkungan di Indonesia, serta mendorong generasi muda untuk berkontribusi dalam bidang ini.

Pengalaman dan keahlian Prof Isnaeni di bidang fotonika diakui secara luas oleh komunitas ilmiah nasional dan internasional.

Ia telah menghasilkan banyak publikasi ilmiah di jurnal ternama dan aktif dalam berbagai proyek penelitian kolaboratif.

BACA JUGA:Penerima Beasiswa LPDP Capai 39.040 Orang, IPB Salah Satu Pilihan Terbanyak

Pengukuhannya sebagai Profesor Riset BRIN merupakan bukti nyata dari dedikasi dan komitmennya dalam memajukan sains dan teknologi di Indonesia.

"Saya merasa terhormat dan bersyukur atas pengukuhan ini.  Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan teknologi fotonika di Indonesia dan membantu menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadapi bangsa kita," ujarnya dalam keterangan resmi. 

Prof Isnaeni merupakan alumni berprestasi dari Departemen Fisika IPB University.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: