Banyuwangi Jadi Magnet Pariwisata, Bakal Punya Skybridge Hingga Stasiun Kereta

Banyuwangi Jadi Magnet Pariwisata, Bakal Punya Skybridge Hingga Stasiun Kereta

Kementerian Perhubungan (Kemenhun) turut mendorong pariwisata Banyuwangi melalui konektivitas antarmoda, baik darat, laut, udara, maupun kereta api--Kemenhub

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhun) turut mendorong pariwisata Banyuwangi melalui konektivitas antarmoda, baik darat, laut, udara, maupun kereta api. 

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya pada perhelatan lomba sepeda tingkat internasional Tour de Banyuwangi Ijen 2024. 

"Banyuwangi ini sangat kreatif dalam menarik wisatawan, terlihat melalui berbagai penyelenggaraan kegiatan seperti lomba sepeda tingkat internasional saat ini. Oleh karenanya konektivitas antarmoda menjadi penting karena akan menjadi kemudahan bagi turis dalam dan luar negeri untuk mengakses tujuan wisata," tutur Menhub Budi Karya dikutip pada Kamis, 25 Juli 2024. 

BACA JUGA:Kembangkan Eduwisata Lebah di Garut, PLN Haleyora Power Salurkan Bantuan Alat Pengolahan Madu

Ia mengungkapkan kenaikan turis domestik maupun internasional membuktikan Banyuwangi memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata nasional maupun internasional. 

"Dalam waktu dekat ini kita akan mengoneksikan Stasiun Kereta Api Ketapang dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang dengan jembatan layang atau skybridge," ujar Menhub Budi Karya.

BACA JUGA:5 Promo Spesial Hari Anak Nasional 2024, Ada Diskon Tiket Wisata hingga Promo Makan dan Minuman

"Skybridge ini sudah dianggarkan di tahun 2025, awal tahun depan akan mulai dibangun, dan ditargetkan sudah akan beroperasi pada pertengahan tahun depan," lanjutnya. 

Adapun rencana lain, kata Menhub Budi Karya untuk mengupayakan agar rute kereta api bisa sampai Banyuwangi. 

Menhub berharap rencana ini dapat terwujud di tahun depan.

BACA JUGA:Pemerintah Indonesia dan UEA Teken Kontrak Pariwisata Senilai 3 Miliar Dolar AS

Ia juga akan mengungkapkan bahwa ada kemungkinan peningkatan frekuensi penerbangan dari dan ke Banyuwangi. 

Kemenhub juga tengah menjajaki pembangunan dermaga multipurpose Pelabuhan Tanjung Wangi di Banyuwangi. 

Nantinya, dermaga multipurpose Tanjung Wangi akan diperuntukkan untuk kapal petikemas dengan kapasitas 17.000 ton, serta mampu menampung 100 kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: