Soal Keppres IKN, Heru Budi: Mungkin Keluar Seusai 17 Agustus

Soal Keppres IKN, Heru Budi: Mungkin Keluar Seusai 17 Agustus

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ditemui di SDN 07 Cideng, Jakpus pada Selasa, 30 Juli 2024. -Disway.id/Candra Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Pusat Pemerintah akan segera dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. 

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, kemungkinan surat Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan akan terbit setelah upacara peringatan HUT RI ke-49 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA:Jokowi Pamerkan Ruang Kerja dan Kamar Tidur di Istana Garuda IKN

BACA JUGA:Resmi! Jokowi Beri Nama Kantor Presiden di IKN Jadi Istana Garuda

"Saya belum tahu, tapi yang jelas proses 17an di IKN tetap berjalan, kita rapikan semua," ujarnya di Cideng, Jakarta Pusat, pada Selasa, 30 Juli 2024.

Namun, Heru mengaku, tidak tahu kapan persisnya Kepres itu akan diterbitkan oleh Presiden Joko Widodo.

Saat ini, dirinya hanya sedang fokus terlebih dahulu terhadqp penyelenggaraan upacara di Ibu Kota baru dan Jakarta.

"Ya mungkin saja (Kepresnya terbit setelah peringatan HUT RI di IKN), saya fokus mengurusi konsentrasi untuk suksesnya penyelenggaran 17an di IKN, dua ya di IKN Jakarta," tuturnya.

Lebih lanjut, mantan Walikota Jakarta Utara itu menyampaikan progres atau persiapan upacara di IKN sudah hampir 100 persen selesai.

BACA JUGA:Rencana Sidang Kabinet Perdana di IKN, Jokowi Tunggu Menteri Pulang dari Paris

"Kemarin beberapa arahan ada perubahan sedikit, intinya tata upacara militer sudah siap dan persiapan di Jakarta juga sudah siap, di IKN juga siap termasuk juga kesiapan pengamanan persiapan yang lainnya," imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengukuhkan 76 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat di Istana Negara, Jakarta, pada 9 Agustus 2024.

76 orang anggota Paskibraka merupakan representasi dari 38 provinsi di Indonesia yang akan bertugas pada Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, 17 Agustus 2024.

"Untuk Pengukuhannya dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 9 Agustus. Bapak Presiden Jokowi yang akan mengukuhkannya," kata Rima dalam Konferensi Pers Kesiapan BPIP dan Calon Paskibraka Menyambut Upacara Bendera HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN yang dipantau secara daring dari Jakarta, Jumat 26 Juli 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: