Pebalap Sepeda Indonesia Gagal Persembahkan Medali di Olimpiade Paris 2024, Pelatih Ungkap Penyebabnya

Pebalap Sepeda Indonesia Gagal Persembahkan Medali di Olimpiade Paris 2024, Pelatih Ungkap Penyebabnya

Bernard saat berlomba di Cabor Sepeda Velodrome di Olimpiade Paris 2024. -NOC Indonesia-

JAKARTA, DISWAY.IDPebalap sepeda Tim Indonesia Bernard van Aert belum bisa mempersembahkan medali di Olimpiade 2024 Paris.

Tampil di Velodrome National de Saint-Quentin-en-Yvelines, Prancis, Kamis, 8 Agustus 2024, yang turun di nomor omnium menempati urutan ke-20 di klasemen.

BACA JUGA:Alasan Veddriq Leonardo Tak Meneteskan Air Mata Saat Penyematan Medali Emas di Olimpiade Paris

BACA JUGA:Reaksi Rizki Juniansyah Kala Dirinya Tahu Pecahkan Rekor Clean and Jerk di Olimpiade Paris 2024

Pelatih Balap Sepeda Tim Indonesia Dadang Haris Poernomo menyebut ada tiga faktor yang menyebabkan kegagalan anak asuhnya. Pertama, Bernard van Aert sudah kehabisan performa di nomor awal karena velodrome fast.  

"Upaya meningkatkan gearingnya, jauh lebih maksimal membuat performa Bernard habis di nomor awal,” kata Dadang, Sabtu 10 Agustus 2024.

Kedua, Dadang melihat Bernard cukup lumayan bagus mengatur tempo. Namun, di balapan scratch Bernard yang poinnya sudah minus hanya mampu bertahan. 

Ketiga, di elimination, ada sedikit miss understanding pada saat start di mana Bernard tidak mendengar bel karena terganggu dengan suara penonton yang terlalu ramai. 

“Bernard memang merasa tidak mendengar bel. Jadi posisinya saat Bernard di elimination seperti belum mulai, makanya terlihat Bernard ketika sudah dipanggil eliminasi bingung, 'kok sudah mulai' karena penonton terlalu ramai, suara bel menurut Bernard itu tidak terdengar," ungkap Dadang. 

BACA JUGA:Aice Group Apresiasi Kerja Keras dan Prestasi Kontingen Indonesia yang Bertarung di Olimpiade Paris 2024

BACA JUGA:Intip Bonus yang Bakal Diterima Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah usai Raih Emas Olimpiade Paris 2024

"Yang terakhir, Bernard memang sudah kehabisan di points race, akhirnya Bernard overlap dua kali, jadi poinnya minus 40," imbuhnya. 

Bernard saat ini masih menjalani recovery dulu. Setelah itu, baru akan dilakukan evaluasi menyeluruh terkait penampilan perdananya di Olimpiade Paris 2024

Dari keseluruhan di nomor omnium yang speednya cukup tinggi, lanjut Dadang, beberapa pebalap lain yang diunggulkan juga kedodoran. Seperti misalnya pebalap sepeda asal Jepang yang langganan di tiga besar, New Zealand, dan Italia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: