Lelaki Tampon

Lelaki Tampon

Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat Kamala Harris dan Cawapres Tim Walz saat kampanye di United Auto Workers Local 900 pada 8 Agustus 2024 di Wayne , Michigan, 8 Agustus 2024.-Andrew Harnik-Getty Images-AFP-

MASA bulan madu Kamala Harris ternyata merepotkan tim kampanye Donald Trump.

Kubu Trump telanjur hanya siap menghadapi Capres Joe Biden. Ketika tiba-tiba posisi Biden digantikan Kamala seluruh senjata Trump mendadak tidak bisa dipakai. Tidak relevan lagi.

Dicarikanlah topik baru untuk menyerang Kamala. Tidak segera ketemu. Terutama kata yang tajam dan langsung menjatuhkan Kamala.

Pernah dicoba menggunakan istilah ''wanita kucing'' untuk memojokkan Kamala. Yakni karena Kamala tidak pernah merasakan melahirkan. Biasanya wanita demikian lantas memelihara kucing.

Istilah ''wanita kucing'' ini justru menambah simpati kepada Kamala. Utamanya dari pemilih wanita. Apalagi Kamala terlihat sangat mencintai anak bawaan suaminyi (Disway 28 Juli/Mama Momala).

Tidak segera bisa ditemukan kelemahan Kamala yang fatal. Maka Trump maupun cawapresnya seperti coba-coba saja menggunakan kata apa pun untuk menyerang Kamala.

Saya mencoba membuat daftar kata apa saja yang dipakai menyerang Kamala: terrible, horrible, nasty, radikal kiri, terlalu banyak tertawa, penutup rahasia kelemahan Biden, liberal dari California, DEI hire.

Semua bersifat umum. Tidak ada yang menghunjam ke jantung Kamala.

Bahkan julukan ''DEI hire'' itu justru menarik simpati golongan kulit hitam yang nyaris beralih ke Trump.

''DEI here'' adalah julukan untuk merendahkan orang. Orang itu sebenarnya tidak berkualitas tapi terpaksa direkrut sebagai penggenap.

Misalnya seorang wanita diangkat jadi caleg sebuah partai di Indonesia. Bukan karena prestasi melainkan agar unsur wanita mencapai 25 persen.

Orang Amerika tahu: Kamala jelas bukan wanita penggenap. Ia memang wanita kulit hitam. Ayahnya asal Jamaica hitam. Ibunya dari Chennai, India hitam. Tapi dia jadi orang penting bukan sebagai genap-genap. Dia ikut persaingan bebas sejak tingkat jaksa di tingkat kota. Lalu bersaing bebas untuk menjadi jaksa agung California. Dia jadi jaksa –lalu jadi jaksa agung–  bukan karena diangkat atasan. Dia berjuang sendiri lewat prestasi untuk bisa dipilih rakyat. Pun ketika Kamala menjadi anggota DPR: bukan karena dapat rekom partai.

Boleh dikata simpati pada Kamala justru bertambah-tambah. Inilah yang disebut sebagai masa bulan madu. Inilah masa orang masih senang-senangnya pada Kamala. Orang belum sempat melihat sisi-sisi buruk dari Kamala.

Masa bulan madu itu bisa pendek, bisa panjang. Sependek-pendeknya tetap baik bagi Kamala: Pilpresnya tidak lama lagi. Pilpres itu rasanya masih di masa ketika bulan madu belum berakhir.

Apalagi bulan madu itu seperti dapat tambahan siraman madu Sumbawa. Cawapres yang digandeng Kamala, menambah simpati pada pasangan ini. Kamala memilih Timothy James Walz sebagai cawapres. Ia gubernur Minnesota dua periode. Umur 60 tahun. Dari keluarga guru. Juga dari pedesaan pertanian.

Guru, petani, militer suka pada Walz. Walz adalah ketua veteran. Lihatlah pidatonya. Sangat menggiurkan.

Walz sekaligus mengecoh Trump. Ketika Trump memilih JD Vance sebagai cawapres sebenarnya orang ini dipilih untuk menghantam kelemaham Biden yang sudah renta. Sekaligus menutup kelemahan diri Trump sendiri. Vance berumur 40 tahun.

Ternyata yang dihadapi Trump adalah Kamala. Yang baru berumur 59 tahun. Maka Vance seperti tidak relevan lagi.

Vance pun harus cari kelemahan Walz. Ditemukan. Walz pun diberi gelar yang dianggap memalukan: ''Lelaki Tampon''.

Berhasil?

Tidak.

Julukan ''lelaki tampon'' ini akhirnya justru berbalik arah: wanita bertambah lagi simpati pada Kamala-Walz. Di balik julukan ''Lelaki Tampon'' itu memang ada cerita yang menarik.

Saat Walz menjadi gubernur periode pertama ia mengajukan Perda tentang tampon. Meski ditentang fraksi Republik, Perda Tampon itu berhasil disahkan DPRD Minnesota.

Isinya: di toilet sekolah-sekolah menengah di seluruh Minnesota harus disediakan tampon untuk murid wanita.

Untuk usia remaja seperti itu datang bulan memang sering tak disangka. Siswa kadang malu tiba-tiba datang bulan. Sampai bercak merah terlihat di rok mereka.

Sejak ada Perda itu di toilet sekolah wajib disediakan tampon.

Jelaslah bahwa kubu Trump kini dalam suasana gamang: tiba-tiba menghadapi musuh yang tidak disangka.

Terakhir, dua hari lalu, Trump menemukan kata yang ia cari untuk merendahkan Kamala Harris. Trump menyebut nama lawannya itu dengan ejekan ''Kamabla Harris''.

Sayangnya, kata ''Kamabla'' tidak segera mengasosiasikan negatif pada Kamala. Saya juga masih menebak-nebak makna apa yang diinginkan Trump dari kata ''Kamabla''. Hanya Trump dan roh dewa Cheng Ho yang tahu maksudnya. (DAHLAN ISKAN)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan Edisi 9 Agustus 2024: Pikul Bayar

Tivibox

@Pak L1301, semoga cepat sembuh Pak. Nanti ada pembagian lun pia pas camp perusuh 3

Fa Za

إدغام بغنة dibaca 2 harakat

Jimmy Marta

Karena nun disambut mim tasdik, jadi dibaca lu(n)m pia ...

Nimas Mumtazah

Lun pia Jadi penasaran . Sampai segitunya abah.... Lun pia semarang udah tau rasa GRATIS lagi,pas acara manten tu piring pas depan mata..

Udin Salemo

olahraga panjat tebing dan angkat besi bukan favorite. tapi justru olahraga perorangan yang gak diberi fasilitas jor-joran ini yang menyumbangkan medali emas. kalau olahraga beregu sudah jelas kita keok sejak jaman dulu kala. lalu kenapa olahraga perorangan gak difasilitasi lebih baik supaya bisa menyumbang medali di ajang bergengsi seperti olimpiade ini. halo, menteri pemuda dan olahraga. piye kabare.

Nimas Mumtazah

Ibu selalu punya cara jitu untuk support anak...

Jimmy Marta

Seorang anak paud mau lomba lari 17an di sekolah. Saat mau star si anak ngambek, gk mau lepas dari ibunya. Tak kehabisan akal, si ibu lari searah lintasan. Si anak mengejar. Walau sambil menangis, ternyata si anak finis terdepan...wkwk...

Mbah Mars

INTERMEZZO Hampir semua negara ingin berpartisipasi dalam Olimpiade sebagai ajang promosi dan kebanggaan nasional. Gus Dur, saat melepas tim Indonesia ke Olimpiade Sidney, mengisahkan pengalaman menarik dari Suriah. Pada Olimpiade sebelumnya, seorang pelari Suriah berhasil merebut medali emas dan memecahkan rekor. Saat sessi wawancara dengan para wartawan si atlet Suriah ditanya: “Apa rahasia kemenangan anda ?” Pelari Suriah itu menjawab: “Oh, gampang. Anda cuma perlu membayangkan serdadu Israel di belakang Anda dan siap menembak anda”

djokoLodang

SALING MENGENAL Seorang pria bertemu wanita cantik dan memutuskan untuk segera menikahinyi. Wanita itu berkata, "Tapi kita belum saling kenal." Pria itu berkata, "Tidak apa-apa, kita akan saling mengenal seiring berjalannya waktu ..." Wanita itu setuju. Mereka menikah, dan pergi berbulan madu di sebuah resor yang sangat bagus. Pagi-pagi mereka berbaring di tepi kolam renang. Suami bangkit melepas handuknya, naik ke papan 10 meter dan melakukan gerakan menekuk dua setengah kali, diakhiri dalam posisi tombak, saat ia meluruskan badan dan membelah air seperti pisau. Setelah beberapa kali demonstrasi lagi, ia kembali dan kembali berbaring di atas handuk. Istri: "Itu luar biasa!"... Suami: "Dulu saya juara menyelam Pekan Olahraga Nasional. Aku sudah bilang kita akan belajar lebih banyak tentang satu sama lain seiring berjalannya waktu." Maka wanita itu bangkit, melompat ke kolam renang dan mulai berenang. Setelah berenang tujuh puluh lima kali, dia keluar dari kolam renang, berbaring di atas handuk dan hampir tidak kehabisan napas. Suami berseru, “Itu luar biasa! Apakah kamu dulu atlet perenang PON?" “Bukan. Dulu aku seorang PSK dan mencari pelanggan di tepi kolam renang.”... --jL-

Liam Then

Disway juga punya Liong. Dangat perkasa diawal bulan. Pandai berpantun. Pantarannya rang Rungkut bernama Cak Mul. Leong Putu.

M.Zainal Arifin

Tuhsn maha Esa, maha Tunggal, maha Satu. Bila Tuhan lebih dari satu, apa tak saling berkelahi? Siapa menciptakan Siapa?

djokoLodang

-o-- Seorang petani-peternak ingin menjual tanah pertaniannya. Dia ingin menyumbangkan ternak ayam dan kambingnya kepada sesama peternak di sekitar tanahnya. Jadi, ia mendatangi beberapa peternakan di sekitar tanahnya. Bila penguasanya pria, ia berniat memberikan seekor kambing kepadanya. Jika wanita, seekor ayam. Ia melihat sepasang suami istri sedang berkebun di luar rumah. "Siapa kah bos di sini?" tanyanya. "Saya bosnya." kata pria itu. "Saya membawa seekor kambing putih dan seekor kambing cokelat," kata petani itu, "Anda mau yang mana?" Pria itu berpikir sejenak dan berkata, "Yang putih." "Tidak, tidak, tidak!! Jangan yang putih. Ambil saja yang cokelat." seru istri pria itu. "Oh, ...", kata petani. "Kalau begitu, silakan ambil ayam ini." --jL-

Gianto Kwee

Liong, bahasa Inggris nya "Dragon" dan terasa Seram ! Usul, kalau "Dragon" dibalik jadi "Gradon" Apakah orang inggris setuju ?

djokoLodang

-o-- ANJING GALAK Suami istri sedang berjalan di taman. Tiba-tiba seekor anjing galak berlari ke arah mereka. Khawatir anjing itu akan menggigit mereka, sang suami lekas-lekas memondong istrinya agar dia saja yang digigit, daripada istri tersayangnya. Ditatapnya anjing itu lekat-lekat. Anjing itu berhenti di depan mereka, tidak yakin apa yang harus dilakukan, menggonggong sedikit dan lari. Suami menurunkan istrinya dan mengharapkan pelukan dan bisikan mesra dari istri. Namun istrinya berteriak, “Saya pernah melihat orang melempar batu untuk mengusir anjing. Atau mengambil tongkat guna memukulnya. Tapi, ini pertama kalinya saya melihat suami mencoba melemparkan istrinya supaya digigit anjing!!” --jL-

didik mangkubata

Jawab: Jempol /Jari Kaki. [ Ono hadiahe po ra iki]

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 25

  • yea aina
    yea aina
  • Fa Za
    Fa Za
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • sutarno dwijo
    sutarno dwijo
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
  • adi ya adi
    adi ya adi
    • suhartono suhartono
      suhartono suhartono
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin