Usai Ramai Dugaan Larangan Jilbab Saat Pengukuhan, BPIP Unggah Video Anggota Paskibraka Kembali Berjilbab Saat Gladi Bersih

Usai Ramai Dugaan Larangan Jilbab Saat Pengukuhan, BPIP Unggah Video Anggota Paskibraka Kembali Berjilbab Saat Gladi Bersih

Proses gladi bersih Paskibraka untuk Upacara HUT RI Ke-79 di IKN, 18 anggota Paskibraka putri kenakan hijab-Dok. BPIP-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ramai perbincangan Anggota Paskibraka Pusat putri yang diduga disuruh melepas jilbab saat prosesi pengukuhan di Ibu Kota Nusantara berbuntut panjang. 

Meski demikian, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang menaungi Paskibraka merespons hal itu dengan unggahan sebuah video. 

BACA JUGA:18 Paskibraka Copot Jilbab di IKN, PPI: Mencederai Kebhinekaan

BACA JUGA:Kritik JPPI Singgung Makan Bergizi Gratis Hanya Pencitraan, Buang-Buang Anggaran

Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat, dan Administrasi Manhan Marbawi mengatakan, saat ini 18 anggota putri Paskibraka Pusat telah berhijab. 

"Sudah pakai jilbab di gladi bersih yang disaksikan Presiden di IKN," kata Marbawi kepada Disway.id, Rabu 14 Agustus 2024. 

Selain itu, BPIP juga merilis sebuah video gladi bersih Upacara HUT RI Ke-79 di IKN, di mana seluruh anggota putri Paskibraka Pusat telah berhijab hitam lagi. 

Hal ini berbeda dengan momen pengukuhan oleh Presiden Jokowi sehari sebelumnya. Saat Pengukuhan Selasa 13 Agustus 2024 kemarin, tak ada satu pun yang memakai jilbab.

Padahal, ada 18 anggota Paskibraka yang sehari-harinya berjilbab.

BACA JUGA:18 Paskibraka Putri Diminta Lepas Jilbab saat Pengukuhan di IKN, BPIP Didesak Beri Klarifikasi

"Setelah dikukuhkan oleh Presiden RI @jokowi kemarin, Para Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024 hari ini bersiap untuk mengikuti gladi bersih I di Halaman Istana Negara Nusantara," demikian unggahan Instagram BPIP. 

Tak hanya saat gladi bersih, saat latihan sebelum pengukuhan, mereka juga berjilbab.

Dalam unggahan instagramnya, BPIP meminta doa netizen agar anggota Paskibraka semangat jelang Upacara HUT RI Ke-79 17 Agustus di IKN.

"Mari kita berikan semangat untuk Para Paskibraka yang akan bertugas mengibarkan Sang Merah Putih pertama kali di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara," tulis BPIP. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: