Kaget Melongo

Kaget Melongo

Bahlil Lahadalia disebut bakal menjadi Ketua Umum Partai Golkar setelah Airlangga Hartarto mundur.-Antara Foto-Antara Foto

Kaget serentak, satu hari, lalu melongo serentak. Melongonya bisa berhari-hari. Sambil berdecak-decak. Heran. Kagum. Marah. Pasrah.

Spekulasi itu mulai terbukti bukan spekulasi. Mundurnya Airlangga Hartarto dari jabatan ketua umum Golkar kian jelas apa penyebabnya.

Rapim Golkar benar-benar terjadi tanggal 13 Agustus, tadi malam, tiga hari setelah pengunduran diri. Itu sesuai dengan spekulasi pertama.

Dalam rapim itu yang terpilih sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua umum adalah Agus Gumiwang Kartasasmita. Juga sesuai dengan spekulasi yang beredar.

Rapim juga memutuskan: Munaslub Golkar akan diselenggarakan dalam waktu sangat dekat. Yakni tanggal 20 Agustus 2024. Itu juga sesuai dengan urutan dalam spekulasi.

Maka kita tinggal membuktikan tiga spekulasi berikutnya: apakah ketua munaslubnya (penanggung jawab) Bambang Susatyo dan Adies Kadir.

Bambang Susatyo adalah wakil ketua umum Partai Golkar yang juga ketua MPR.

Adies Kadir adalah tokoh Golkar Jatim yang juga ketua DPP Partai Golkar.

Terakhir kita akan menunggu kebenaran spekulasi terpenting: Ketua Umum Golkar akan dijabat Bahlil Lahadalia, dengan wakil ketua umumnya Agus Gumiwang Kartasasmita.

Lalu ada jabatan baru: ketua harian. Akan dijabat Bambang Susatyo.

Dan spekulasi mahapenting yang harus dibuktikan adalah: Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka menjadi ketua dewan pembina yang kekuasaannya dimutlakkan kembali.

Tiga spekulasi pertama sudah terbukti benar adanya. Berarti spekulasi itu bukan spekulasi. Itu ternyata keputusan di bawah meja –mejanya dari kaca sehingga bisa dilihat dari atasnya.

Kalau kemarin orang terkaget oleh mundurnya Airlangga, hari ini orang geleng-geleng kepala. Kok bisa: pohon beringin yang begitu rindang tumbang begitu saja.

Itu jadi humor yang sangat viral. Saya memilihnya sebagai humor politik terbaik tahun ini: sebesar-besar pohon bisa ditumbangkan oleh tukang kayu.

Tukang kayunya pasti sakti. Lebih sakti dari pohon beringin yang berhantu sekali pun.

Maka kesucian sebuah AD/ART partai ikut tumbang.

Spekulasi di bawah kaca pun mengatakan AD/ART Golkar akan diubah di dalam Munaslub minggu depan: ketua dewan pembina bisa dijabat oleh anggota yang masih baru.

Lalu, wewenang ketua dewan pembina diperbesar. Seperti Golkar di zaman Pak Harto.

Bahwa Munaslub begitu terburu-buru Anda sudah tahu: pendaftaran calon kepala daerah harus dilakukan tanggal 27 Agustus.

Tapi dengan Munaslub diselenggarakan 20 Agustus, ketua umum yang baru punya waktu menandatangani berkas pencalonan kepala daerah.

Juga punya waktu untuk menunjuk calon selain yang sudah telanjur dijanjikan ketua umum sebelumnya.

Banyak yang bertanya sambil geleng-geleng kepala: kok bisa?

Kepala banteng tidak ikut geleng-geleng karena tidak lagi punya leher.(Dahlan Iskan)

Komentar Dahlan Iskan di Disway Edisi 13 Agustus 2024: Hamil Tua

Jo Neca

Alun.Politik itu keras dan jahat.Itu karena ketemu yang tidak enak..Kalau ketemu yang enak lupa semuanya..Itulah MULUT politisi..

Mirza Mirwan

Saya, yang bukan pemegang KTA Golkar, juga terkejut saat membaca berita pengunduran diri Airlangga Hartarto. Padahal dalam pemilu kemarin Golkar berhasil menambah 17 kursi DPR, dari 85 menjadi 102 kursi -- sementara PDI-P kehilangan 18 kursi, dari 128 menjadi 110 kursi. Tapi saya tak hendak menerka-nerka musabab mundurnya Airlangga. Takut menjadi fitnah. Saya hanya usul. Calon kepala daerah jangan ditentukan rekomendasi Ketum Partai. Sebaiknya model konvensi. Mekanismenya begini. Jauh sebelum pilkada, partai-partai menggalang koalisi. Untuk pilkada Jakarta, misalnya, PKS, Nasdem, dan PKB berkoalisi. Masing-masing mengajukan bakal cagub. Nah, tiga bacagub ini lantas ditawarkan ke pemilih lewat jasa lembaga survei yang kredibel. Peraih elektabilitas terbanyak 1 dan 2 ditetapkan sebagai cagub dan cawagub dari koalisi tadi. Bisa juga partai mengajukan bacagub dan bacawagub. Koalisi lantas memasangkan bacagub dengan tiga bacawagub. Pasangan yang elektabilitasnya tertinggi yang ditetapkan sebagai cagub-cawagub. Itu tadi kalau memang mau berpegang pada prinsip demokrasi. Kalau tergantung rekom DPP d.h.i ketua umum, itu otokrasi namanya.

Jokosp Sp

Maka yang paling tidak tenang adalah Sang Ibu Banteng saat ini. Bisa-bisa tidak bisa tidur nyenyak, dan bahayanya bisa strok mendadak. Akan ada lawan tangguh yang akan dihadapi di masa mendatang. Lawan yang kemarin sakit hati, lawan yang dianggap petugas partai. Sejarah akan berulang. Jadilah ke partai wong cilik lagi. Cari momen lagi buat naik ke atas lagi mungkin 10-20 tahun lagi.

Gregorius Indiarto

"Kalau pun 20 orang yang saya telepon, bisa 21 orang yang terkejut" tulis Juragan. Ya iyalah, karena si penelepon juga ikut terkejut.

Muh Nursalim

KIM-Plus, PKS dan PKB mundur pencalonan Anies. Si mantan capres ganteng tu ndak dapat kendaraan. RK-Kaesang lawan kotak kosong. Sudah terbit buku Gibran the next presiden. Potongan-potongan berita tersebut adalah Puzzle politik yang sangat kentara. Mudah banget disusun narasinya. Kira2 begini. Underane Gibran harus jadi presiden maksimal tahun 2029. Kenapa maksimal ? ya kalau bisa lebih cepat lebih baik. Maka sekenarionya dia harus jadi ketua sebuah partai besar yang bisa mengangkat dan mencalonkan. Partai itu adalah golkar. Maka dengan cara apapun golkar harus dikuasai. Caranya diawali dengan mundurnya Erlangga. Setelah mundur diadakan munaslub. Nah pada munaslub itulah Gibran harus jadi ketua. Pokoknya sebelum Jokowi pensiun. Karena kalau sudah tidak jadi presiden rencana besar itu semakin sulit bahkan tidak mungkin. Maka hari-hari ini politisi partai golkar sedang saling mengincar. Yang pasti sudah ada gelombang pergerakan untuk menjadikan calon wapres tersebut menjadi ketum golkar. Hlaa, dia kan bukan pengurus, anggota juga tidak, bagaimana bisa menjadi ketum ?. Itu sangat gampang. Kaesang kemarin juga seperti itu. Hanya tiga hari menjadi anggota langsung jadi ketum PSI. Soal AD/ART itu juga gampang diatur. Kalau aturan yang tidak memungkinkan gibran jadi ketum golkar, ya aturananya yang dirubah. Kayak anak TK saja pakai nanya. Nah, kalau ketum sudah dipegang. Maka para caleg yang kemarin menang di pemilu pasti tunduk dan mendukung. Memang mau ndak dilantik di senayan ?.

Muh Nursalim

Semua lembaga survei. menempatkan Anies nomor satu di pilkada DKI. Lawan siapapun dia menang. Surveinay begitu. Maka satu-satunya cara agar dia tidak menang, ya jangan sampai dapat kendaraan nyalon gubernur. Maka KIM-Plus itu adalah dalam rangka ini. Karena kalau Anies jadi Gubernur dia punya panggung. Dan semua orang tau dia itu sangat menarik diberitakan. Kalau terus menerus diberitakan, itu adalah penghalang terbesar Gibran untuk the next presiden. Maka dengan cara apapun Anies jangan jadi Gubernur. Bagi kita dunia tenang-tenang saja, tetapi bagi para politisi hari-hari ini adalah penentuan nasib mereka untuk lima tahun mendatang. Mikir pindah IKN, mikir anak-anaknya sukses pilkada dan kepastian dapat kendaraan untuk lima tahun yang akan datang. Beliau sedang repooot banget. Berkejaran dengan dead line. Pensiun.

Dacoll Bns

Saya salah sangka, perkiraan saya topik hari ini pak Dahlan ketemu jackie Chan dan cerita tentang kagetnya jackie chan mendengar beliau fasih berbahasa mandarin ... Atau jangan2 beliau tidak diundang di acara Sinar Mas Wealth Concord Gala ... Yo Wis lah

djokoLodang

-o-- KENA TILANG Joni-kecil menemani ibunya mengemudikan mobil tua mereka di jalan raya. Ketika ada mobil yang melewatinyi dari jalur kanan dia pun beralih ikut pindah ke jalur kanan, mengikuti mobil itu. Tak lama kemudian datang beberapa mobil lain dari belakang. Dia pun melirik speedometer, ternyata sudah menunjukkan 140 km/jam. Sudah melewati batas kecepatan 120. Dia pun beralih ke jalur kiri, membiarkan sekelompok mobil kencang itu melewatinyi. Dia segera melambatkan laju mobil. Saat itu lah dari kaca spion dia melihat lampu mobil patroli polisi menyala-nyala disertai bunyi sirene meraung. Tampak memberi isyarat agar dia menepi dan berhenti. Patuh menepi dan berhenti di bahu jalan, dia menunggu petugas polisi itu datang. Saat mendekat, polisi itu langsung berkata garang: “Bu, apakah Anda tahu mengapa saya menilang Anda?” Joni-kecil pun membalas berteriak lantang: “Saya tahu!! Itu karena Pak Polisi tidak mampu mengejar mobil-mobil yang ngebut itu!!...” --jL-

Wilwa

@Juve. Para Kelelawar Penunggu Beringin berhamburan setelah Beringin diseruduk Banteng.. Tapi para kelelawar mengalahkan mak Banteng . Mak Banteng dukung Raja Katak. Raja Katak berkuasa mengalahkan para kelelawar. Kampret (anak kelelawar) dan Tobil (anak kadal) walau bersatu dikalahkan Cebong (anak katak). Mak Banteng bikin Raja Katak sakit hati. Cebong ngobrak-ngabrik kandang Banteng. Cebong dan Kampret bersatu. Raja Katak bikin sarang untuk kelelawar di sebrang pulau. Salah satu Tobil Penunggu Beringin merayu Tobil (anak kadal) ikut gabung? Mungkinkah terjadi? Hmmm. Raja Katak ingin menguasaiPohon Beringin? Mungkinkah terjadi ? Hmmm. Ini hanya Dongeng tentang hewan. Menurut Juve Zhang. Hahahahaha

Rihlatul Ulfa

Jubah hitam menggantung dilangit, mulut-mulut sungai sudah menganga sedari tadi. Angin terus saja membuat gelombang besar dilaut. Diujung pinggir bibir laut, ada anak kecil yang mengadahkan kepalanya kelangit, kelopak matanya beberapa kali mengedip-ngedip 'apakah hujan akan benar-benar turun?' ia tidak sabar untuk menari ditengah hujan itu, tapi ia tahu, bukankah hujan dibenci oleh orang-orang dewasa? karena mereka akan basah kurup saat berada dijalan, tentu mereka yang masih miskin, atau rumah mereka akan terndam banjir, tentu jika dipinggiran lubang-lubang besar itu. Anak kecil itu lalu mengadahkan tangannya kelangit dan berdoa 'bolehkah hujan yang deras hanya untukku disini? aku baru beberapa tahun hidup didunia ini, jadi aku masih bisa menikmati hujan ini, berbeda dengan orang dewasa 'yang harus juga menyelesaikan persoalan yang datang saat hujan terlalu deras.

Rihlatul Ulfa

Perkara yang katanya 'pembunuhan serta pemerkosaan masal yang dialami oleh Vina Cirebon lambat laun terlihat titik terang. Nyatanya pesan sms Vina kepada 2 temannya yang bernama Widia dan Mega tidak disertakan dalam berkas saat dipengadilan 8 tahun lalu. dari komunikasi terakhir pada pukul 22.17 sampai 22.30 yang dimana handphone Vina sudah ambil alih oleh polisi saat itu, otomatis gugur terhadap dugaan pembunuhan dan pemerkosaan masal. Hanya membutuhkan waktu sekitar 13 menit, tentu pembunuhan serta pemerkosaan masal dan berpindah-pindah tempat tidak bisa dilakukan. Ketidaktelitian hakim yang tidak mendalam pada saat itu untuk bisa melihat adanya bukti lain dari komunikasi Vina dan 2 temannya pada saat malam kejadian itu terjadi. Penyidik, serta JPU juga terlalu sembrono melihat bahwa itu benar-benar sebuah pembunuhan dan pemerkosaan masal.

Jokosp Sp

Musim kemarau sudah mulai nampak. Bunga durian sudah mulai muncul dan sebagian sudah menampakkan mata ketamnya. Ada sebagian pohon menggugurkan daunnya untuk bertahan hidup lebih panjang lagi. Yang daun dipaksakan digugurkan memang pasti ada campur tangan manusia, manusia dengan keserakahan luar biasa karena sudah berani merubah sifat alami di habitat aslinya.

Warung Faiz

10 orang dihubungi semua kaget... Artinya yg tdk kaget cuman yg menghubungi...he..he..

djokoLodang

-o-- TALI PENGIKAT Seorang petani membawa tiga keledainya ke pasar. Dalam perjalanan, ia melihat sungai dan memutuskan untuk berenang. Karena hanya membawa dua tali untuk mengikat keledai-keledai itu ke pohon, ia melihat sekeliling sambil memikirkan cara mengikat keledai ketiga. Ia melihat seseorang berdiri dekat situ dan bertanya apakah dia bisa meminjamkan tali. Orang itu tidak memiliki tali tetapi punya saran. Ia berkata: "Biarkan keledai ketiga melihatmu mengikat dua keledai temannya ke pohon. Lalu berpura-puralah untuk mengikatnya juga". Petani itu melakukan apa yang disarankan dan pergi berenang ke sungai. "Aku sudah ikuti sarannya. Pasti lah dia akan mejaga keledai-keledaiku", katanya dalam hati. Usai berenang, ia mengucapkan terima kasih kepada orang itu dan melihat bahwa keledai-keledai itu masih berdiri persis di tempat yang sama di mana ia meninggalkan mereka. Ia melepaskan ikatan kedua keledai dan menepuk-nepuk keledai ketiga agar mulai bergerak. Baru berjalan sepuluh langkah, ia kaget melihat keledai ketiga masih berdiri diam di tempat. Petani bertanya kepada orang itu, yang menjawab, "Lepaskan keledai itu dari ikatannya". "Tetapi, saya tidak mengikatnya". Orang --yang ternyata bijak-- itu bertanya, "Anda tahu itu. Tetapi apakah keledai itu juga tahu?" Petani itu berpura-pura melepaskan tali ikatan keledainya. Keledai itu langsung berjalan menuju teman-temannya. --jL- * Terkadang kita masih terikat pada tali-tali imajiner yang sesungguhnya tidak ada.

Wilwa

@Juve. Bicara monster kodok jadi ingat film Action Comedy berjudul Kungfu 功夫 Hustle 2004. Karya Stephen Chow alias Zhou Xing Chi 周星馳. Star 星 Hurry 馳. Yang juga jadi aktor utama bernama Sing. Sedangkan Toad Beast atau Monster Kodok tokoh villain / penjahat utama diperankan oleh Bruce Leung / Bruce Liang (Leung ejaan English dibaca Liang ejaan Pinyin / Indonesia). Alias Liang Xiao Long 梁小龍. Little 小 Dragon 龍. Dia aktor kawakan satu angkatan dengan Bruce Lee / Bruce Li. Alias Li Xiao Long 李小龍. Lee Little Dragon salah satu favorit Anda kalau gak salah. Sama-sama dragon, eh naga, eh liong kecil. Kata seorang perusuh Liong itu beda dengan Dragon. Hanya beda nama marga. Yang satu Lee/Li 李 dan yang lain Leung/Liang 梁. Marga yang sama dengan salah satu perusuh jago Mandarin yang tak pernah muncul lagi: Liang Yang An 梁楊安

Wilwa

#Sumut bukan Medan. Jadi ingat akronim “sinis” SUMUT era orde baru. Semua Urusan Mesti Uang Tunai

Tivibox

Negeri para parpol .... Parpol itu berdaulat Parpol itu menguasai Parpol itu menentukan (segalanya ?) dalam bernegara Parpol itu (katanya) representasi rakyat Parpol itu menentukan siapa yang akan jadi calon anggota legislatif Parpol itu menentukan siapa yang akan jadi calon kepala daerah Parpol itu menentukan siapa yang akan jadi calon presiden Parpol itu menentukan arah bangsa ini Semua proses itu harus lewat parpol Tapi, Mungkin ada yang lebih sakti dari pada para parpol Sehingga dia bisa menguasai parpol Yang mana saja, sesuai keinginanya Adakah...??? Tidak tahu. Mungkin anda tahu. Tapi saya tidak tahu. Jadilah negeriku negeri parpol Parah poll.. .... Selamat siang, salam sehat

Juve Zhang

@JS....sekuat kuat nya Tukang Kayu akan Kelelahan Menebang Pohon Beringin....apalagi Daya Mistis nya masih Kuat....Pohon Beringin kalau sudah banyak Sesajen Di "hidangkan" bau Kemenyan semerbak....Tukang Kayu manapun Akan merinding ketakutan.....wkwkwk

Liam Then

Bayangkan, sangking gatelnya Pak DI. Pak Ridwal Kamil yang digaruk. Hahaha...

M.Zainal Arifin

Tukang kayu yg berwenang, mau ditebang atau diapakan pohon beringin itu? 16.41.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 16

  • Djuned Wikanto
    Djuned Wikanto
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Em Ha
      Em Ha
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin