Kolaborasi Bersama KKN UNNES, BPIP Lakukan Penguatan Ideologi di Tingkat Desa

Kolaborasi Bersama KKN UNNES, BPIP Lakukan Penguatan Ideologi di Tingkat Desa

Gandeng Unnes BPIP giatkan penguatan ideologi Pancasila di tingkat desa-Dok. BPIP-

PEMALANG, DISWAY.ID - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus berupaya menguatkan pembinaan ideologi Pancasila melalui kolaborasi bersama perguruan tinggi.

Kolaborasi itu dilakukan dengan menggandeng Universitas Negeri Semarang (Unnes), salah satunya lewat kuliah kerja nyata.

BACA JUGA:18 Paskibraka Putri Lepas Jilbab Saat Pengukuhan di IKN, BPIP: Kesukarelaan Mereka Patuhi Aturan

BACA JUGA:Pakaian Dinas Upacara Paskibraka Dirilis BPIP: Tiap Calon Harus Siap Patuhi Peraturan di Atas Meterai

Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP M. Akbar Hadiprabowo, dalam pernyataan di Semarang, Rabu, menyampaikan bahwa perguruan tinggi merupakan salah satu entitas komponen bangsa yang memiliki peran dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Melalui semangat gotong royong, BPIP dengan Unnes sepakat berkomitmen untuk mengoptimalkan kerja sama pembinaan ideologi Pancasila melalu tri dharma perguruan tinggi, salah satunya dengan kegiatan expo KKN Mahasiswa Penggerak Pancasila.

Kegiatan yang dinamakan Expo Giat IX KKN Unnes tersebut berlokasi di Desa Cikedung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Selasa 13 Agustus 2024 kemarin. 

BACA JUGA:Usai Ramai Dugaan Larangan Jilbab Saat Pengukuhan, BPIP Unggah Video Anggota Paskibraka Kembali Berjilbab Saat Gladi Bersih

Menurut dia, kerja sama antara BPIP dan Unnes sudah terjalin sejak 5 Agustus 2023.

Sejak saat itu, kata dia, para pihak berkomitmen untuk berkolaborasi dengan semangat gotong royong secara berkelanjutan, terstruktur, sistematis dan masif dalam bentuk pembekalan pembinaan ideologi Pancasila kepada mahasiswa yang akan turun langsung di KKN maupun saat Expo Giat Mahasiswa KKN Penggerak Pancasila.

Sosialisasi Pancasila itu dikemas menjadi satu kesatuan rangkaian kegiatan KKN Unnes Giat IX yang bertemakan mahasiswa penggerak Pancasila.

Ia menjelaskan bahwa sosialiasi Pancasila sebagai wujud penguatan nilai-nilai Pancasila bagi masyarakat Pemalang, khususnya di Kecamatan Pulosari.

Pada kesempatan Expo Giat IX, BPIP turut menyemarakkan dengan Virtual Expo dan memamerkan produk-produk BPIP dalam rangka penguatan sejarah lahirnya Pancasila kepada mahasiswa dan masyarakat.

BACA JUGA:BPIP Gandeng Pemkab Klaten dan Universitas Diponegoro Kuatkan Ideologi Pancasila

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: