1 dari 5 Balita di Indonesia Alami Stunting, Malnutrisi Pengaruhi Daya Kognitif Anak

1 dari 5 Balita di Indonesia Alami Stunting, Malnutrisi Pengaruhi Daya Kognitif Anak

Stunting dipicu salah satu bentuk malnutrisi karena kurangnya asupan gizi yang tepat--Abbott

JAKARTA, DISWAY.ID - Angka stunting di Indonesia masih harus diatasi di mana 1 dari 5 balita menderita stunting.

Kondisi ini dipicu salah satu bentuk malnutrisi karena kurangnya asupan gizi yang tepat.

Abbott bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk membantu memerangi malnutrisi pada anak di Indonesia. Sebagai bagian dari kolaborasi ini, Abbott dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, baru-baru ini menyelenggarakan program pendidikan di TK Islam Bunayya. 

BACA JUGA:Cegah Stunting, Anak Picky Eater Butuh Probiotik dan Vitamin D3 untuk Penuhi Kebutuhan Gizi Harian

Program ini memberikan informasi dan sumber daya terhadap keluarga dan anggota komunitas, menyediakan pemeriksaan di tempat untuk membantu mengidentifikasi malnutrisi dan membantu mendorong pertumbuhan holistik pada anak.

Apa itu malnutrisi?

Malnutrisi merupakan masalah kompleks yang muncul dalam berbagai bentuk. 

Stunting, salah satu bentuk malnutrisi yang umum terjadi ketika tinggi badan anak berada di bawah tinggi badan yang sehat untuk usianya. 

Hal ini dapat menghambat tumbuh kembang anak, memengaruhi kesehatannya secara menyeluruh, dan membatasi potensi mereka di masa depan.

BACA JUGA:5 Rumah Sakit Bekerja Sama dengan Pemkot Tangerang dalam Pelayanan Rujukan Balita Stunting

Anak pengidap stunting berisiko mengalami defisiensi imun, gangguan fungsi kognitif, masalah perilaku, dan penurunan kesehatan tulang, serta penurunan massa otot.

Saat ini, terdapat sekitar 148 juta balita di seluruh dunia yang mengidap stunting, dan 6.3 juta di antaranya berada di Indonesia.

“Malnutrisi memengaruhi anak di segala usia dan status sosial serta ekonomi, maka dari itu, dalam memerangi malnutrisi dibutuhkan upaya bersama antara sektor pemerintah dan swasta,” ungkap Dr. Prawira Winata, Head of Medical Affairs, Abbott Nutrition di Indonesia.

“Inisiatif ini akan membantu menyediakan sarana dan dukungan kepada para orang tua untuk mengidentifikasi malnutrisi sejak dini, menangani dan mencegahnya,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: