Amartha Tingkatkan Kualitas Talenta Digital Indonesia Melalui 430 Beasiswa Amartha Cendekia

Amartha Tingkatkan Kualitas Talenta Digital Indonesia Melalui 430 Beasiswa Amartha Cendekia

Amartha Tingkatkan Kualitas Talenta Digital Indonesia Melalui 430 Beasiswa Amartha Cendekia-Dok. Amartha-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketimpangan akses pendidikan yang inklusif di Indonesia sudah menjadi permasalahan yang tidak kunjung usai, terutama ketika melihat rendahnya angka partisipasi perempuan yang berkarir di bidang teknologi.

Pada tahun 2020, partisipasi tenaga kerja perempuan di industri teknologi di Asia Tenggara ada di kisaran 32 Persen, sedangkan di Indonesia angka tersebut berada di 22 Persen.

BACA JUGA:Minat Lari 10K di Amartha 10X Run 2024, Ini Rute dan Cara Daftarnya

BACA JUGA:Dorong Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif, Amartha Gelar

Terbatasnya akses pendidikan yang inklusif membawa tantangan tersendiri bagi potensi keberlanjutan talenta digital di Indonesia. Dalam kurun waktu 2015-2030, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital atau sekitar 600 ribu orang setiap tahun.

Padahal, kebutuhan talenta digital ini dapat terpenuhi jika sistem pendidikan dapat lebih adaptif dan inklusif, sehingga dapat menjangkau talenta berbakat di seluruh pelosok Negeri. 

Melihat keadaan tersebut, perusahaan teknologi finansial Amartha berinisiatif menjembatani ketimpangan tersebut dengan melakukan intervensi melalui program beasiswa pendidikan Amartha Cendekia yang telah memasuki tahun ke-3.

Menurut keterangan Founder & CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra, beasiswa dapat menjadi langkah bagi mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia ke depan sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada eksploitasi sumber daya alam.

BACA JUGA:Kerja Sama Baznas RI dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Hadirkan Program Beasiswa Pascasarjana Filantropi Islam

"Melalui pemberian beasiswa Amartha Cendekia, maka tujuan mengakselerasi perkembangan talenta digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia ke depan dapat terwujud, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada eksploitasi sumber daya alam," Ujar Taufan dalam keterangan tertulis resminya pada Jumat 23 Agustus 2024.

Selain itu, pemberian beasiswa pendidikan ini juga sesuai dengan misi Amartha, yaitu memperkuat ekonomi informal, mengurangi ketimpangan pendapatan, dan mengentaskan kemiskinan.

Pada tahun ini, Amartha diketahui juga kembali membuka pendaftaran Beasiswa Amartha Cendekia dan Amartha STEAM Fellowship dengan kuota lebih banyak.

Sebanyak 250 siswa telah terpilih dari total 12.870 pendaftar Beasiswa Amartha Cendekia, 50 mahasiswi di program Amartha STEAM Fellowship, dan lima orang mahasiswi Amartha Frontier Fellowship. Sejak diluncurkan, program Beasiswa Amartha Cendekia dapat mendorong angka peningkatan lanjut studi siswa ke jenjang yang lebih tinggi mencapai 76,6 persen.

Program beasiswa Amartha juga telah menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak. Tahun lalu, Amartha menggandeng Eureka, di tahun ini menggandeng Indonesia Mengajar. Kedepannya Amartha akan menjaring kolaborasi yang lebih masif untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: