Dari Atas Kapal KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, BPIP Gaungkan Penguatan Pancasila!

Dari Atas Kapal KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, BPIP Gaungkan Penguatan Pancasila!

Gerakan Nasional Penguatan Pancasila pada Generasi Milenial dan Gen Z (GNPPMZ) dideklarasikan dari atas Kapal KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 oleh BPIP bersama TNI AL-Dok. BPIP-

JAKARTA, DISWAY.ID - Salah satu tantangan pemerintah adalah menjamin masa depan Gen Z agar setia dan mengamalkan nilai pancasila.

Hal itulah yang diinisiasi BPIP untuk menemukan solusi lewat berbagai program riil sesuai nilai-nilai Pancasila. 

BACA JUGA:BPIP Apresiasi Dukungan Bank Mandiri untuk Paskibraka 2024

BACA JUGA:Kiai Said Said Aqil Siradj Dukung Penguatan Pancasila Melalui Peran BPIP: Mari Kita Perjuangkan!

Sebagai wujud nyata dan komitmen, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerja sama dengan TNI AL dan Gerakan Nasional Penguatan Pancasila (GNPP), mendeklarasikan Gerakan Nasional Penguatan Pancasila pada Generasi Milenial dan Gen Z (GNPPMZ) di geladak KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, Koarmada I TNI AL, Tanjung Priok, pada Sabtu 31 Agustus 2024. 

Hadir dalam acara antara lain: Kepala BPIP Yudian Wahyudi, Pangkoarmada I Laksda TNI Yoos Suryono, Ketua Umum GNPP Sri Mulyani dan Ketua Komisi Kejaksaan Pujiyono Suwadi. Selain deklarasi, juga diadakan talkshow, ship tour dan joy sailing yang diikuti 1000 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa dan organisasi kepemudaan. 

Menurut Kepala BPIP Yudian Wahyudi, GNPPMZ dirancang kreatif di tengah tantangan globalisasi. Sebagai simbol kekuatan maritim Indonesia, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 layak menjadi inspirasi anak muda. 

"Saat ini, kita berdiri di atas kapal rumah sakit pertama karya PT PAL Indonesia, karya anak bangsa. Penamaan kapal ini sebagai wujud penghormatan dan penghargaan terhadap tokoh penting dalam sejarah perjuangan pendirian bangsa Indonesia. Beliau juga Ketua BPUPK (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan)," kata Yudian dalam pembukaan pidato. 

BACA JUGA:BPIP Minta Maaf, Paskibraka Putri Dapat Bertugas Tanpa Melepas Jilbab

"Kapal ini sudah aktif. Antara lain dukungan medis di KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 dan pengiriman bantuan ke Jalur Gaza Palestina," imbuh pemilik pondok pesantren dan boarding school itu. 

Langkah kontinyu BPIP memperkuat Gen Z, lanjut Yudian, selaras dengan arahan Presiden Jokowi pada Presidential Lecture di 2019. "Ada 129 juta anak-anak muda, itu hampir 48 persen. Kalau tidak mengerti masalah ideologi dan Pancasila, berbahaya negara ini," demikian Yudian mengulang pernyataan Jokowi. 

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum GNPP sekaligus Ketua Panitia Deklarasi GNPPMZ Sri Mulyani. Sri mengatakan , pihaknya akan terus membantu BPIP dan TNI dalam merawat Gen Z.

Tentu saja berupa kegiatan yang tidak sebatas slogan, hashtags, dan twibbon. 

"Sungguh luar biasa kita diizinkan menggunakan kapal bersejarah ini. Adik-adik milenial dan Gen Z bisa ikut berlayar, pengalaman yang mungkin sekali seumur hidup," kata Sri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: