Daftar 30 Pemain yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2024, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Sudah 'Usang'

Daftar 30 Pemain yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2024, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Sudah 'Usang'

30 Pemain Masuk Nominasi Ballon d'Or 2024, Pancaran Cahaya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Telah Usai-@stoolfotball-X

JAKARTA, DISWAY.ID - Nominasi untuk penghargaan Ballon d’Or 2024 telah keluar dan upacara penghargaan akan berlangsung di Paris, Prancis pada 28 Oktober 2024 mendatang.

Lionel Messi dari Argentina dan klub Inter Miami merupakan pemenang yang mengejutkan tahun 2023 lalu, tetapi cedera telah menghambat sang pemain musim ini dan penyerang veteran tersebut tidak masuk nominasi 30 besar.

Untuk pertama kalinya sejak 2003, baik Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi tidak masuk dalam daftar 30 nominasi penghargaan Ballon d’Or putra, yang diumumkan pada hari Rabu, 4 September 2024 waktu UK.

Ronaldo, yang telah memenangkan penghargaan tersebut sebanyak lima kali, juga gagal menerima nominasi tahun lalu, sementara Messi, yang memenangkan penghargaan tersebut untuk kedelapan kalinya pada tahun 2023 dan telah dinominasikan sebanyak 16 kali, tidak masuk nominasi meskipun Argentina memenangkan Copa America tahun ini.

BACA JUGA:Era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Berakhir, Jude Bellingham dan Vinicius Jr Sebagai Kandidat Peraih Ballon d'Or 2024

Spanyol yang jadi pemenang Euro 2024, memiliki enam pemain yang masuk nominasi Ballon d'Or 2024, salah satunya termasuk pemain sayap Barcelona berusia 17 tahun Lamine Yamal.

Selain itu ada juga nama Nico Williams, Alejandro Grimaldo, Dani Olmo, Rodri dan Dani Carvajal yang juga memenangkan Liga Champions bersama Real Madrid.

Real memiliki total tujuh pemain yang dinominasikan, termasuk Kylian Mbappe yang baru saja direkrut dari Paris St Germain, dengan Jude Bellingham dan pemain Brasil Vinicius Junior di antara nominasi klub Spanyol lainnya.

Inggris, runner-up Spanyol di Euro 2024, memiliki lima nominasi lain selain Bellingham: Harry Kane, Bukayo Saka, Declan Rice, Cole Palmer dan Phil Foden.

BACA JUGA:Liverpool Kembali Bajak Wonderkid Chelsea Rio Ngumoha, Talenda Muda Sejajar Jamal Musiala

Penghargaan Ballon d’Or

Dibuat oleh France Football pada tahun 1956, Ballon d’Or secara umum dianggap sebagai penghargaan paling bergengsi dalam dunia sepak bola. Stanley Matthews dari Blackpool dan Inggris merupakan pemenang pertamanya, sementara Lionel Messi merupakan pemegang rekor dengan delapan kemenangan.

Pemenangnya dipilih berdasarkan suara sejumlah jurnalis terpilih dari seluruh dunia dan, hingga tahun 2022, didasarkan pada kinerja pemain selama tahun kalender. Namun, mulai tahun ini, juri telah diinstruksikan untuk memperhitungkan musim sebelumnya dengan acara yang diadakan di Paris sejak 2016.

Penghargaan tersebut juga mencakup hadiah untuk pemain muda terbaik, pemain wanita, penjaga gawang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: