Kiprah Faisal Basri Sebagai Ekonom dan Dosen FEB UI, Kampus Sampaikan Ucapan Duka

Kiprah Faisal Basri Sebagai Ekonom dan Dosen FEB UI, Kampus Sampaikan Ucapan Duka

Profil dan biodata Faisal Basri, ekonom senior sekaligus pendiri INDEF yang meninggal dunia hari ini Kamis, 5 September 2024.-INDEF-

DEPOK, DISWAY.ID - Universitas Indonesia (UI) menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Faisal Basri, Kamis, 5 September 2024. 

Selain sebagai ekonom, Faisal Basri dikenal juga karena kontribusinya di bidang politik.

Sekalipun demikian, ia tetap mendedikasikan hidupnya untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa lewat cara mengajar di kampus UI. 

BACA JUGA:Anies Baswedan Mengenang Faisal Basri, Sosok Pejuang Kebenaran dan Keberpihakan

Dikutip dari keterangan resmi UI, Faisal Basri mengabdikan diri sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia sejak tahun 1981, mengajar berbagai mata kuliah seperti Ekonomi Politik, Ekonomi Internasional, Ekonomi Pembangunan, dan Sejarah Pemikiran Ekonomi. 

Faisal juga berbagi ilmunya di Program Magister Akuntansi (MAKSI), Program Magister Manajemen (MM), Program Magister Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (PNPM), serta Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Di usianya yang ke-64 tahun, Faisal Basri telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam bidang ekonomi dan politik Indonesia. 

BACA JUGA:Bahlil: Faisal Basri Tokoh yang Berani Beri Peringatan Kepada Pejabat

Kiprah Faisal H. Basri di dunia ekonomi telah dimulai sejak ia bergabung sebagai anggota tim “Pembangunan Ekonomi Dunia” di bawah Asisten Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kedua pada tahun 1985-1987. 

Ia pun pernah mendapat kepercayaan saat ditunjuk menjadi anggota Tim Bantuan Presiden untuk Urusan Ekonomi (2000), sebuah pengakuan atas pemikiran dan kontribusinya yang mendalam terhadap pembangunan ekonomi Indonesia.

Kecintaan Faisal Basri terhadap pendidikan juga ditunjukkan saat ia menjabat sebagai Kepala Departemen Ekonomi dan Studi Pembangunan UI (1995-1998) dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Jakarta (1999-2003).

Sebagai salah seorang pendiri Institut Pengembangan Ekonomi dan Keuangan (INDEF), Faisal Basri turut berkontribusi dalam pembangunan ekonomi bangsa melalui penelitian dan pengembangan kebijakan yang berdampak luas.

BACA JUGA:Sosok Ekonom Faisal Basri di Mata Sudirman Said, Konsisten dan Independen

Profil Faisal Basri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: