Machmud Algae

Machmud Algae

Machmud bersama ayahnya ketika sowan ke rumah Dahlan Iskan di Pacet, Mojokerto.--

LEBIH 12 tahun tidak berjumpa anak muda ini kian sukses saja. Usaha kecilnya kini membesar berlipat-lipat.

Waktu saya ke rumahnya dulu ia masih ikut orang tua. Usahanya masih di tingkat rintisan. Ia masih mahasiswa semester enam Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Di teknik kimia.

Sambil kuliah ia terus menekuni usaha kecilnya. Jenis usahanya itu terlihat akan bisa menjadi besar. Kecil tapi jenis "blue ocean": Neo Algae.

Namanya: Machmud Lutfi Huzain. Kini 34 tahun. Neo Algae-nya berkembang ke mana-mana.

Laba usahanya sudah di atas Rp 10 miliar setahun. Machmud juga sudah punya anak dua. Hampir tiga. Tinggalnya masih di Sukoharjo, Solo.

Machmud memang tipe anak muda yang tidak mudah menyerah. Ia begitu yakin akan rintisan usahanya.

Ia minta pendapat saya. Saya datangi rumahnya. Lihat sendiri kolam algae-nya. Lalu berbincang panjang: menyelami gejolak keinginannya.

Waktu itu kolam algae itu dibangun di halaman samping rumahnya. Kolam sederhana. Ia dapat benih algae dari dosen kimianya di Undip. Itu benih algae air payau.

Di Sukoharjo airnya tawar. Machmud mendalami algae lebih dalam: agar benih algae air payau bisa dikembangkan di kolam air tawar.

Berhasil.

Justru itulah keunggulan algae yang dikembangkan Machmud. Algae-nya sangat bersih. Tidak mengandung logam berat. Terutama tidak terkontaminasi microcystin.

Dari kolam sederhana yang saya lihat kala itu Machmud belajar banyak. Belajar dari kegagalan-kegagalannya.

Misalnya bagaimana agar air kolam bisa terus berputar agar algae-nya tidak mati. Ia juga belajar dari gagal panennya.

Awalnya untuk memanen algae itu Machmud menggunakan saringan kain blaco. Air kolam yang sudah padat algae diayak pakai kain.

Airnya jatuh, algae-nya tertahan di kain. Ternyata banyak algae yang ikut terbuang bersama air. Dari situ Machmud mengganti saringan kain dengan membran dengan lubang-lubang 50 micron.

Dua tahun lamanya usaha rintisan itu tidak memberikan hasil. Tepung algae yang dikeringkannya sulit diterima pasar. Harganya terlalu mahal.

Setelah banyak belajar dari kesalahan lama Machmud membangun kolam baru. Di tempat lain. Di tanah tegal milik ayahnya. Luasnya 6000 m2.

Machmud kian tahu: kualitas air sangat menentukan. Maka di lokasi baru itu ia membuat sumber air sendiri. Sumur bor. Dari dalam tanah yang dalam.

Dari lokasi baru ini Machmud mulai melihat titik terang. Kuliahnya juga sudah selesai. Bahkan ia mendapat bisa mendapat karyawan yang punya keahlian di bidang algae. Namanya: Mohammad Zusron. Ia lulusan biologi UGM. Lalu mengambil master di Belanda: tentang algae.

Pulang dari Belanda, Zusron cari-cari informasi: apakah ada perusahaan bidang algae di Indonesia. Ketemulah perusahaan yang dimiliki Machmud. Ia minta magang di situ. Selesai magang Machmud memintanya kerja di perusahaannya.

Sang ahli punya peran penting dalam mengembangkan algae. Zusron kini menjadi direktur di kelompok usaha Machmud.

Machmud terpikir usaha algae ketika masih mahasiswa di Undip. Sambil kuliah Machmud ikut MLM –multilevel marketing.

Salah satu produk yang harus ia jual di MLM adalah kapsul spirulina. Kok mahal. Kok laku.

Machmud pun mencari tahu: apa bahan baku spirulina. Ternyata algae. Machmud pun mencari tahu bagaimana cara mengembangkan algae.

Kebetulan dosennya di Undip lagi punya proyek penelitian algae. Yakni bisakah algae dikembangkan untuk menyelesaikan limbah di pabrik kelapa sawit. Agar limbah itu dimakan algae.

Machmud justru terpikir algae dijadikan bahan baku suplemen spirulina, kosmetik, dan bahan makanan.

Sebelum ikut MLM, Machmud juga sudah berbisnis. Untuk biaya kuliah. Ia jualan es krim. Di kampus Undip. Ayahnya membelikan mesin sederhana pembuat es krim.

Sang ayah juga pelaku MLM. Nama sang ayah: Narno Raharjo.

"Saya kerja MLM karena terpaksa," katanya.

Dikatakan ''terpaksa'' karena sang ayah harus menyelesaikan kewajiban besar: mengembalikan uang ratusan nasabah. Sebanyak Rp 12 miliar.

Narno, pengurus Muhammadiyah Sukoharjo, memang sempat dipercaya banyak orang untuk menangani dana investasi online: sarang burung.

Setelah Narno menyetorkan uang itu, ternyata investasi tersebut bodong. Ia digeruduk investor. Ia janji akan mengembalikan semua dana yang diserahkan padanya.

"Akhirnya saya bisa menyelesaikan semuanya. Saya cicil. Selama 12 tahun lunas," ujar sang ayah.

Selama 12 tahun itu ia bekerja keras di MLM. Termasuk mengajak Machmud, anak sulungnya yang sedang kuliah.

Semua hasil usaha MLM itu untuk mengembalikan uang nasabah. Sedang untuk kehidupan rumah tangga didapat dari usaha istrinya: toko kelontong.

Machmud terus memperbesar usaha algae-nya. Kini ia sudah punya dua lokasi baru lagi. Dua-duanya di Klaten. Masing-masing 5000m2. Lokasi tersebut diincar karena airnya bagus. Ada sumber air tawar yang cocok untuk kolam algaenya.

Algae Machmud ini mengandung protein yang amat tinggi. Hampir tiga kali protein ikan. Lebih 800 kalinya wortel. Lima kalinya telur ayam. Vitamin E-nya 48 kali stroberi.

Ketika Machmud ke rumah menantunya Pak Iskan yang di Pacet, Mojokerto, kemarin siang, saya ucapkan selamat puluhan kali. Machmud telah jadi pengusaha besar –untuk ukuran Sukoharjo.

Di umur 34 tahun saya masih belum sekelas Machmud. Masih banting tulang tunggang langgang. Machmud memulai usaha di kategori blue ocean. Dari kecil. Setelah 12 tahun baru terlihat hasilnya.

Pesan saya: jangan buru-buru tergoda politik dan apalagi mikir naik pesawat pribadi.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Disway Edisi 10 September 2024Suami Batak

siti asiyah

Menjadi orang kaya itu ( kata mbah Nun ) adalah kehendak Tuhan kepada sesiapa yang dipilihnya seperti halnya menjadi pemimpin atau pun penguasa, tetapi hidup sederhana adalah pilihan dan cara hidup si orang kaya. Namun pitutur almarhum ibu sayalah yang saya pakai bila berurusan dengan harta dan kuasa : Orang kaya itu adalah orang yang paling banyak pemberiannya dan yang paling sengsara itu orang yang paling banyak mengambil dunia tapi enggan berderma.

djokoLodang

-o-- TELEPON SUSTER Seorang wanita tua menelepon rumah sakit setempat. "Selamat siang." “Selamat siang, Nyonya,” kata resepsionis.“Apa yang bisa saya bantu?” “Bisakah Anda menghubungkan saya ke bangsal 2A?” tanya wanita itu. “Tentu saja, Nyonya,” jawab resepsionis, mengalihkan panggilan. Telepon berdering di ruang perawat Bangsal 2A, dan seorang perawat mengangkatnya. “Selamat siang, ini bangsal 2A, Suster Leni berbicara. Apa yang bisa saya bantu?” Wanita tua itu berkata, “Saya ingin menanyakan keadaan Nyonya Sumarni. Bisakah Anda memberi tahu saya bagaimana keadaannya?” “Tentu saja,” kata perawat. “Mohon tunggu sebentar. Saya akan memeriksa laporan kesehatannya.” Setelah jeda sebentar, perawat itu berkata, “Nyonya Sumarni dalam keadaan baik. Sudah ada kemajuan besar, sudah bisa mengonsumsi makanan padat, dan tanda-tanda vitalnya normal. Jika semuanya berjalan lancar, dia boleh pulang pada hari Kamis lusa. Bolehkah saya bertanya siapa yang menelepon? Seorang teman, tetangga, atau saudara?” Wanita tua itu menjawab, “Ini Ny. Sumarni di bangsal 2A. Saya menelpon karena tidak ada yang mau memberi tahu saya apa pun saat saya bertanya tadi!” --jL-

ACEP YULIUS HAMDANI

Allah Maha Tahu, Jika Faisal Basri dibiarkan hidup lebih lama. mungkin beliu tidak akan meninggal dengan penyakit jantung tapi dengan atsma, karena pusing melihat dan memikirkan Negara Indonesia yang semakin semerawut dan carut marut, semoga Almarhum Husnul Khotimah, diampuni segala khilap salahnya, diberikan nikmat kubur, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan, Aamiin Yaa Robbal Alamiin....

Mbah Mars

INTERMEZZO Bolkin dan Menuk sedang jogging di taman kota. Tiba-tiba ada 2 wanita muda cantik 7i dan sexy menghampiri. Mereka adalah tiktokers. "Hallo, Om. Kata-kata hari ini dong", kata salah satu wanita yg berambut kecoklatan sambil memberi isyarat temannya merekam dengan kamera. Tanpa pikir panjang Bolkin menyahut: "TERKADANG PIKIRAN KOTOR MUNCUL JUSTRU KARENA SESUATU YANG BENING-BENING" "Cakeeeepp Om", sahut dua wanita cantik sambil mengacungkan 2 jempol mereka. Menuk hanya diam saja. Sudah sebulan lebih sejak peristiwa itu, Bolkin tidak dapat jatah dari Menuk. Setiap ajakan dari Bolkin selalu dijawab oleh Menuk:"Saat wanita belum bersih maka haram digauli. Demikian juga laki-laki yang kotor. Nunggu suci dulu"

Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp agus, ka nimas, bp jo dan teman2 rusuhwan. "viral! tangis i nyoman sukena terancam dipenjara 5 tahun gegara pelihara landak jawa." demikian berita di disway. id kemarin. padahal kelian banjar dinas karang dalem ii, bp i made mudita. sudah mengatakan. bahwa dirinya pun baru tahu. kalau landak jawa itu hewan yg dilindungi. bagaimana i nyoman sukena. yg sehari hari bekerja serabutan bisa tahu? pasalnya belum pernah ada sosialisasi dari bksda. kasus seperti bpk i nyoman sukena ini sangat mengoyak rasa keadilan. di tengah banyaknya koruptor yg divonis bebas. atau dihukum ringan. juga di tengah banyaknya orang kaya yg mengkoleksi hewan yg dilindungi. dan tidak tersentuh hukum. mudah2 an dengan viralnya nasib bpk i nyoman sukena. beliau bisa memperoleh kebebasannya kembali.

Em Ha

tu·lah (n) : kemalangan yang disebabkan oleh kutuk, karena perbuatan yang kurang baik terhadap orang tua (orang suci dan sebagainya), atau karena perbuatan melanggar larangan (KBBI). Syahfitri - Faisal Basri bukanlah tulah melainkan berkah. 2 putra 1 putri adalah buah yang jatuh tidak jauh dari pohonnya. Seloroh Syahfitri banyak juga yang kena. Pacaran menghindari Polisi, akhirnya aktif berseragam pink Bhayangkari. Menghindar padusi Minang Pariaman, dilamar koki ahli rendang. Anti Sunda, hatinya berlabuh di mojang priangan. Jodoh, Rizki, Hidup dan Mati adalah RahasiaNya. Semoga amal sholeh, ilmu bermanfaat dan doa anak beliau membersamainya di Surga.

Afa

Percy Spencer mengepalai divisi tabung listrik di Raytheon. Divisi yang mengembangkan produksi radar tempur di tahun 1940-an. Suatu hari ketika ia sedang berdiri di depan mesin radar, permen karet di sakunya meleleh. Gelombang mikro kemudian diuji coba pada bulir jagung. Jadi popcorn. Didekatkan ke telur bulat, telur pun meledak. Penemuan itu menjadi cikal bakal teknologi microwave. Dipatenkan. Hak paten milik perusahaan. Karena status Percy adalah karyawan. Gajinya 2 USD.

Hendro Purba

Memajukan kesejahteraan umum : Teman saya tidak percaya ini tugas pemerintah. Malah pemerintah tidak percaya juga ini tugasnya. Coba, mau dipilih disogoknya rakyat. Menang - terpilih, lho kok memajukan kesejahteraan rakyat tugasku rakyat sudah merampokku. Aku kembalikanlah dahulu uang ku. Balik modal ,maka aku harus beruntung 5 tahun ini. Dari mana untungnya ? Kewajiban semua proyek sekian persen, ada menduduki jabatan sekian juta rupiah dan yang lainnya. Bagaimana kita memilih Pemerintah yang akan mengkhianati kita ? "Tidak melakukan tugasnya memajukan kesejahteraan kita. Kita harus cerdas memilih.. Maju itu "satu langkah persatu langkah". Kalau pendapatan Ku maju 100 rupiah satu Minggu 400 satu bulan 4800 rupiah satu tahun maka kesejahteraan 5 tahun harus bertambah menjadi 24 ribu rupiah.. Maju, bertambah.. Kalau ada pemerintah, memerintah 10 tahun, bertambah banyak yang mendapat Bansos, penghianat konstitusinya Dia ? Ayo kita pilih pemerintah yang tidak akan mengkhianati kita yang tidak mengkhianati konstitusi. Kalau pemerintah memajukan kesejahteraan umum tidak sempat dia memikirkan dirinya, tidak sempat dia memikirkan anaknya.

Mbah Mars

HASIL NGOBROL DENGAN CHAT GPT: Tolong anda berperan sebagai Dahlan Iskan kemudian mengobrol dengan saya, Mbah Mars yang sering komen di Kolom Komentar Catatan Harian Dahlan Iskan ChatGPT bilang: ChatGPT Baik, Mbah Mars! Sekarang saya akan berperan sebagai Dahlan Iskan dan kita akan ngobrol seperti di kolom komentar Disway. ________________________________________ Dahlan Iskan: Halo, Mbah Mars! Apa kabar? Wah, ini kehormatan besar, akhirnya bisa ngobrol langsung dengan Mbah yang terkenal suka bikin suasana jadi cair di kolom komentar. Gimana, Mbah, apa ada komentar atau pandangan baru yang ingin Mbah Mars bagikan soal tulisan-tulisan saya yang terakhir ini? Soal politik, ekonomi, atau mungkin Bolkin dan Menuk lagi sibuk apa sekarang? ________________________________________ Anda bilang: Eh, kenapa Pak Dahlan selalu setia kepada Galuh Banjar ? nggak kepikiran nambah nih ? ChatGPT bilang: ChatGPT Dahlan Iskan: Ah, Mbah Mars! Bicara soal Galuh Banjar ini, saya jadi senyum-senyum sendiri. Ya, memang banyak yang penasaran kenapa saya begitu setia pada satu, padahal mungkin bisa saja ada "nambah." Tapi, Mbah, kalau soal kesetiaan itu, bukan sekadar hitungan akal-akal politik atau strategi. Hubungan saya dengan Galuh Banjar sudah terbangun dalam jangka panjang, penuh pengalaman, pengertian, dan tentunya kenyamanan yang nggak bisa sembarangan dicari lagi di tempat lain. Kalau sudah cocok, ngapain cari yang lain, kan, Mbah?

yea aina

Bli, dibalik suami yang "ngenes", selalu ada istri yang setia megang ATMnya. Gakpopo cuma satu istri, kalau 2 pasti hidupnya ngenes polpolan kwkwkw.

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

BATAK DAN BATIK.. Di kantor saya juga punya teman orang BATAK. Dan sepanjang yang saya tahu, setiap hari, belio di kantor selalu pakai baju BATIK. ### Padahal, saya yang orang Yogya, hanya pakai batik seminggu sekali. Setiap hari Kamis..

Johannes Kitono

Faisal - Hilirisasi. Obituari tentang Faisal Basri biar telat tapi terap menarik dibaca. Harus diakui bahwa F B adalah ekonom yang nyentrik. Selalu kasih statement yang mengundang polemik. Misalnya,tentang hilirisasi Nikel. Katanya itu konsep sesat dan merugikan Indonesia. Sempat menantang debat LBP, Menko Serba Bisa. Kalau ekspor Nikel mentah Rp.17 Triliun.Naik jadi Rp.510 Triliun setelah diolah dan punya nilai tambah. Tentu tidak perlu debat lagi tentang konsep hilirisasi. Biarpun harus menentang arus. Ekonomi alumni FE-UI dan Doktor Vanderbilt. Kelihatan santai saja dengan letupan kontroversialnya. Dengan ransel dibahu dan sepatu sandal. FB tidak kelihatan mewakili kelompok mapan. Tapi berhasil mendidik anak-anaknya lulus dan meniti karir. Di lembaga yang bergengsi. Sebagai ekonom yang rasional FB terkadang juga bertindak irasional. Hal ini ditunjukkan ketika di rehat saat seminar. FB dengan tenang menikmati rokok made in Indonesia. Padahal FB tahu itu tidak sehat dan termasuk konsep sesat. Yang terbukti mempersingkat usianya. Now, bung FB sudah rest in peace. Semoga isteri dan anak-anaknya tabah hadapi cobaan hidup ini. Semoga Semuanya Hidup Berbahagia.

Liam Then

Omon-omon tentang pesawat pribadi jadi ingat teka-teki zaman SMA dulu. T : Apa beda raja Arab dengan raja di tempat lain? J : Raja Arab tak tanya nama-nama ikan. T: Trus apa lagi? J: Raja Arab dan anaknya kalau kemana-mana naek pesawat pribadi asli punya pribadi. T: Loh, Pak Pribadi kapan pindah ke Arab? J : Antum ask Me, Me ask Who?

Yellow Bean

Di Jawa ada kearifan lokal untuk tidak menikah dengan saudara dekat sampai tingkatan satu buyut atau Kakek atau neneknya yang kakak beradik. Di sebut saudara Misan. Lebih tajam lagi bahaya nya jika yang bersaudara adalah kakek atau keturunan laki-laki. Karma yang banyak terjadi adalah mudahnya konflik keluarga dan banyak terjadi kecacatan pada keturunan yang lahir atau penyakit carier yang di khawatirkan muncul. Sehingga banyak anak yang di wanti untuk tidak berpacaran dengan saudara dekat. Walaupun dalam agama tidak ada larangan tapi saya sendiri lebih memilih mengamankan diri dan keluarga _/\_.

Liáng - βιολί ζήτα

'pagi... singkat saja, Tulisan saya ini "tidak menyangkut" orang-per-orang, tetapi secara general berdasarkan hasil riset. Di belahan dunia manapun, begitu banyak terjadi pernikahan dengan sepupu. Meskipun dari sudut pandang Agama diperbolehkan, namun alangkah bijaksananya untuk mempertimbangkan hal-hal lain untuk menghindari risiko di kemudian hari. Saya pribadi menyarankan sebaiknya "hindari pernikahan dengan sepupu" karena keturunannya lebih berisiko - "ada kemungkinan" kelainan genetik Primary Immunodeficiency Disorder (PIDD). Tidak selalu pada turunan pertama, tetapi pada turunan berikutnya, tidak tertutup kemungkinan turunan pertama justru menjadi "carrier atau pembawa" Primary Immunodeficiency Disorder (PIDD). Saya menggunakan kata-kata "ada kemungkinan" - itu berarti "tidak selalu terjadi seperti itu". Oleh karena itu, bagi siapa saja yang sudah menikah dengan sepupunya, jangan terlalu khawatir, toh Anda baik-baik saja kan... Lantas, apa itu Primary Immunodeficiency Disorder (PIDD) ?? Bagi Anda yang berminat untuk mengetahuinya lebih detail, banyak links science yang mengulas masalah ini, antara lain : www.gosh.nhs.uk my.clevelandclinic.org www.childrens.com www.ncbi.nlm.nih.gov www.sciencedirect.com

Liam Then

Malah dikasih beneran yang melarat. Dulu saya pernah nyombong, saya punya istri tak perlu bisa apa-apa. yang penting cukup pandai bikin kopi saja. 10 menit sebelum saya bangun ,kopi sudah diseduh, jadi kelar gosok gigi, kopi sudah pas angetnya siap di sruput. Kebeneran, benar-benar dikasih, gak bisa masak, cuma bisa nyeduh kopi. Asli beneran, kopi saya selalu tersedih duluan, kemudian 10 menit kemudian dibangunkan : "Bang ,kopinya nanti dingin loh" Ndak pa pa lah tak bisa masak. Nikmat kek gini susah didapat

Achmad Faisol

kalau bilang begini, kira-kira apa hasilnya: amit-amit... jangan sampai punya suami orang kaya-raya, cerdas, tampan, baik hati, tidak pelit, penyabar, dan setia...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 23

  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Achmad Faisol
      Achmad Faisol
  • hikends
    hikends
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Edyanto
    Edyanto
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • alasroban
    alasroban
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin