[RE]Power Hackathon, Umumkan Pemenang di Kompetisi Kebijakan Energi Bersih Pertama Indonesia

[RE]Power Hackathon, Umumkan Pemenang di Kompetisi Kebijakan Energi Bersih Pertama Indonesia

[RE]Power Hackathon, Umumkan Pemenang di Kompetisi Kebijakan Energi Bersih Pertama Indonesia---Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Para pemenang kompetisi “hackathon” kebijakan energi bersih pertama di Indonesia yang diprakarsai oleh kaum muda telah mempresentasikan rekomendasi kebijakan mereka kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Para pemenang diumumkan pada acara [RE]Power yang diselenggarakan oleh New Energy Nexus Indonesia pada Kamis (19/09), di Jakarta. Rekomendasi kebijakan tersebut akan disampaikan kepada para pemimpin kebijakan yang akan merumuskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)  tahun 2025 - 2029 mendatang.

“Kaum muda bukan hanya seperempat dari populasi Indonesia, tetapi mereka juga berada di garis depan dampak perubahan iklim. Oleh karena itu, kami menampilkan ide-ide dan solusi mereka, serta memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dengan para pengusaha, peneliti, dan pembuat kebijakan untuk memberi pengaruh pada kebijakan energi di masa depan. Kami sangat bangga dengan para finalis dan semua peserta yang menunjukkan optimisme yang kuat untuk memecahkan berbagai permasalahan yang paling kompleks di dunia,”  papar Direktur Program New Energy Nexus Indonesia, Diyanto Imam. 

Berikut kaum muda pemenang [RE]Power Hackathon:

BACA JUGA:Top! KAI Terpilih sebagai Operator Penyedia Prasarana dan Sarana Terbaik DTKJ Award 2024

● Juara Pertama: Tim 3GE - Nain M. Farchan & Elmaira Ferlita S dari Universitas Jember 

Kebijakan: Mendorong keterlibatan sektor swasta melalui efisiensi dan transparansi dalam kemitraan publik-swasta untuk proyek infrastruktur energi terbarukan di Indonesia 

● Juara Kedua: Tim Invaluable - Azaria Ahmad Haykal, Gema Wachid Aryasatya, Rafi Ramadhan Seba dari  Institut Teknologi Bandung & University of Tokyo

Kebijakan: Pembentukan Kementerian Koordinator Perubahan Iklim sebagai Solusi Integrasi Data dan Sinkronisasi Peta Jalan untuk Mencapai Target Net Zero Emission Indonesia 

● Juara Ketiga: Tim Arindama - Rizka Fitria Utami & Herlina Pebria dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kebijakan: Pengajuan strategi untuk memperkuat ekosistem penelitian dan pengembangan energi bersih di Indonesia 

BACA JUGA:Jelang Penampilan Pamungkas SBY, Ribuan Penonton Merapat di Panggung Utama Pestapora

Para pemenang telah menyelesaikan pelatihan intensif, mengembangkan proyek akhir, dan mengikuti sesi mentoring yang intensif, serta berhak mendapatkan hadiah total sebesar Rp 45.000.000.

Tim 3GE, sebagai juara pertama [RE]Power 2024 mengidentifikasi beberapa isu utama dalam kebijakan energi bersih Indonesia, khususnya yang terkait dengan Kemitraan Publik-Swasta (KPS). Untuk mengatasi tantangan ini, tim 3GE merekomendasikan peningkatan transparansi dan akuntabilitas publik melalui pelaporan terbuka tentang implementasi proyek, membangun mekanisme pembagian risiko yang jelas untuk memperkuat kemitraan publik-swasta, serta mengembangkan program yang lebih menarik bagi investor dengan strategi pembiayaan yang efektif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: