Infeksi Saluran Cerna dan Saluran Napas Bisa Picu Stunting, Ini Penjelasan Ahli

Infeksi Saluran Cerna dan Saluran Napas Bisa Picu Stunting, Ini Penjelasan Ahli

Penting untuk cek tinggi dan berat badan cegah stunting--Kemenkes

dr. Ardiana Kusumaningrum, Sp.MK yang akrab disamapa dr. Arum juga selaku ketua tim dosen pengabdian masyarakat FKUI melanjutkan untuk membuka materi pertama seputar Infeksi Saluran Napas: Cegah Stunting itu Penting didampingi oleh dr. Viktor, menyampaikan bahwa infeksi saluran napas dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa dan dapat dengan mudah menular ke orang lain. 

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya infeksi napas pada anak-anak, mulai dari virus, bakteri, parasit, hingga jamur.

Gejala yang perlu diwaspadai pada anak, yaitu batuk, pilek, rasa nyeri di tenggorokan, demam, dan sesak napas.

Kita harus segera memutus rantai penularan penyakit agar pencegahan dan penyembuhan dapat berlangsung dengan optimal.

“Pencegahan stunting harus dilakukan secara simultan, baik pada ibu dan remaja atau calon ibu, maupun pada anak-anak, termasuk dalam pencegahan kejadian infeksi berulang. Stunting terjadi akibat gangguan faktor nutrisi, kesehatan dan lingkungan, termasuk diantara masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak adalah infeksi saluran napas dan saluran cerna” terang dr. Arum.

Di sisi lain, dr. Ika Puspa Sari, M.Biomed, Ph.D, Sp.ParK Dokter Spesialis Parasitologi Klinik RSUI mengenai infeksi saluran cerna menjelaskan bahwa infeksi saluran pencernaan dapat terjadi karena bakteri, virus, dan juga parasit, sama seperti infeksi saluran napas.

BACA JUGA:Pj. Gubernur Heru Minta Pemprov DKI Jakarta Berinovasi Turunkan Prevalensi Stunting 13,2%

Beberapa faktor risiko dari infeksi saluran pencernaan adalah orang dengan daya tahan tubuh yang lemah, tinggal di lingkungan padat penduduk, tidak menjaga kebersihan tubuh, dan sembarangan mengonsumsi makanan.

Gejala yang perlu kita waspadai adalah rasa mual, muntah, diare, sakit kepala, ataupun kembung pada perut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk segera memeriksakan anak ataupun diri sendiri ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut.

“Anak-anak di usia pertumbuhan yaitu di bawah usia 5 tahun merupakan kelompok usia yang rentan terhadap penularan penyakit infeksi. Penyakit infeksi yang sering dialami diantaranya adalah infeksi saluran cerna. Gejala yang paling sering terjadi dari infeksi saluran pencernaan adalah diare yang dapat berakibat menyebabkan hilangnya zat gizi secara langsung dan meningkatkan kebutuhan metabolic. Sehingga anak-anak yang sering mengalami infeksi apalagi berlangsung kronis lebih berisiko mengalami stunting,” ungkap dr. Ika

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: