Puan Maharani Calon Tunggal Ketua DPR RI dari PDI Perjuangan

Puan Maharani Calon Tunggal Ketua DPR RI dari PDI Perjuangan

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Said Abdullah di Kompleks Parlemen DPR RI, Senin, 30 September 2024.-Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Puan Maharani menjadi calon tunggal Ketua DPR RI 2024-2029 dari PDI Perjuangan.

Demikian ditegaskan Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Said Abdullah di Kompleks Parlemen DPR RI, Senin, 30 September 2024.

"Insya Allah, kalau dari PDI Perjuangan final calonnya tunggal Ibu Puan Maharani," ungkap Said Abdullah.

BACA JUGA:UU MD3 Buka Peluang Puan Maharani Kembali Jabat Ketua DPR RI Periode 2024-2029, Sufmi Dasco Ahmad: Paket Pimpinan Itu Sudah Diatur

BACA JUGA:Arteria Dahlan Mengaku Legawa Mundur dari Anggota DPR Terpilih 2024-2029

Sedangkan untuk nama pimpinan MPR dari PDIP, ungkap Said, masih dalam tahap pembahasan internal partai.

"Pimpinan MPR dari PDI Perjuangan masih digodok," kata Ketua Badan Legislatif DPR RI itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad memastikan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2019 tentang MPR, DPR, DPD (UU MD3) tak direvisi lagi di periode 2024-2029.

"Ya kan kita sudah sama-sama tahu bahwa dalam periode ini tidak ada perubahan UU MD3, sehingga pimpinan DPR tentunya mengacu pada UU MD3 yang masih berlaku pada saat ini," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 30 September 2024. 

Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu menegaskan bahwa penentuan ketua hingga para pimpinan DPR bakal tetap mengacu kepada UU yang masih berlaku.

BACA JUGA:DPR RI Sepakat RUU MK Dibahas pada Periode Berikutnya

“Sehingga pimpinan DPR tentunya mengacu pada UU MD3 yang masih berlaku pada saat ini,” tuturnya.

Sementara itu, lanjut Dasco, untuk wakil ketua DPR sebanyak empat orang itu akan diutus dari partai sesuai urutan suara terbanyak.

"Ya tentunya kalau melihat UU MD3 paket pimpinan itu sudah diatur dengan ketentuan paket pimpinan pemenang satu, kedua, ketiga, keempat dan kelima yang nanti akan diusulkan oleh masing-masing fraksi nama-namanya dan langsung ditetapkan," ujar Dasco.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: