Pesan Pj Wali Kota Tangerang di Hari Kesaktian Pancasila: Jaga Netralitas dan Amalkan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Pesan Pj Wali Kota Tangerang di Hari Kesaktian Pancasila: Jaga Netralitas dan Amalkan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Pesan Pj Wali Kota Tangerang agar paara ASN bersikap netral saat peringatan Hari Kesaktian Pancasila-Dok. Pemkot Tangerang-

TANGERANG, DISWAY.ID -- Dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan pada 1 Oktober, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin menegaskan pentingnya peran aktif masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam membangun komunitas yang kuat dan harmonis berlandaskan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar persatuan bangsa Indonesia.

"Kita harus senantiasa berpartisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan yang positif di kehidupan sehari-hari. Pancasila adalah pemersatu kita. Saya meminta seluruh ASN dan perangkat daerah untuk terus membangun narasi positif di berbagai media," ujar Pj Nurdin saat menyampaikan amanatnya pada upacara Hari Kesaktian Pancasila di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Tangerang Dr Nurdin Minta Gerakan Masif Skrining Kasus Stunting

BACA JUGA:Pj Wali Kota Dr Nurdin Minta SKPD Optimalisasi PAD Kota Tangerang dengan Peningkatan Pelayanan Publik

"Sampaikan hal-hal baik yang kita lakukan. Jika kita tidak berkontribusi dalam membangun hal-hal positif, maka narasi negatif akan mudah berkembang," sambungnya.

Seiring dengan berlangsungnya tahapan Pilkada, kata Nurdin, seluruh ASN agar senantiasa menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis.

Sebab, Netralitas ASN merupakan prinsip dasar yang harus dijaga guna memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik.

"ASN harus tetap netral dan tidak boleh terlibat dalam kegiatan politik praktis. Kita bekerja untuk melayani masyarakat, bukan kepentingan politik tertentu. Pelayanan kepada masyarakat harus terus berjalan tanpa ada keberpihakan," ucapnya.

Nurdin juga menjelaskan, ASN yang bertugas dalam bidang kemanusiaan, seperti tenaga medis, pemadam kebakaran, kebersihan, Satpol PP, dan petugas lainnya, dapat tetap melaksanakan tugasnya selama tahapan kampanye. Asalkan dengan syarat adanya surat tugas resmi dari instansi atau lembaga terkait.

BACA JUGA:Pemkot Tangerang Buka Bursa Kerja Keliling di Stadion Benteng Reborn Setiap Minggu, Dr. Nurdin: Komitmen Mengentaskan Pengangguran

"Petugas yang bertugas selama masa kampanye diperbolehkan membantu pelaksanaan kegiatan, asalkan ada permintaan resmi dan dilengkapi dengan surat tugas. Tetapi, ingat, jangan memakai atribut kampanye, menggunakan simbol-simbol atau terlibat dalam kegiatan politik praktis. Tetap jaga netralitas dan fokus pada pelayanan masyarakat," tambahnya.

Nurdin berharap, agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar dan mampu melahirkan pemimpin yang amanah.

Selain itu, ia menekankan pentingnya terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita sebagai anak bangsa harus terus mengawal Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah bangsa. Pancasila telah membawa kita melewati berbagai tantangan dan menjaga Indonesia tetap berdiri tegak hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: