Ridwan Kamil: Kali Ciliwung Butuh Pentahelix untuk Solusi Lingkungan

Ridwan Kamil: Kali Ciliwung Butuh Pentahelix untuk Solusi Lingkungan

Calon gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-disway.id/Fajar Ilman-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Calon gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil, melanjutkan kampanye dengan mengunjungi Kali Ciliwung di Condet, Jakarta Timur, pada Kamis 3 Otktober 2024.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil membagikan pandangannya tentang dua isu utama kondisi Kali Ciliwung dan perlunya perlindungan kawasan Condet yang kaya akan sejarah.

“Jadi curhatnya terbagi dua, tentang Ciliwung dan 13 sungai lainnya dengan perspektif sejarah dan permasalahan,” ungkap Ridwan Kamil.

BACA JUGA:Chico Hakim Optimistis Pramono-Rano Dapat Menang Satu Putaran di Pilkada Jakarta 2024

BACA JUGA:Nikita Mirzani Datangi PMJ, Laporkan Razman Arif Soal Apa?

Ridwan Kamil menegaskan pentingnya kolaborasi berbagai pihak dalam menangani masalah lingkungan, dengan mengusulkan konsep Pentahelix yang melibatkan pemerintah, TNI, Polri, Kejaksaan, akademisi, komunitas, wirausaha, dan media.

"Kalau hanya mengandalkan pemerintah, berarti hanya 20 persen kekuatan, nggak bisa. Butuh 100 persen," ujarnya.

Nantinya, Ridwan Kamil berkomitmen untuk menghadirkan Satgas Ciliwung yang berfokus pada kolaborasi dalam penyelesaian masalah lingkungan.

Ia juga mencatat bahwa kondisi Ciliwung terbagi menjadi dua, dengan bagian yang masih natural dan yang telah terurbanisasi.

"Jakartanya boleh jadi Jakarta baru, maju. Tapi pelestarian lingkungan, penghormatan sejarah, di kawasan sini perbanyak bambu, di mana bambu itu ada air, ada pohon roa, dan ada tempat komunitas, ruang sosial, itu nggak ada masalah selama dilakukan dengan baik," tegasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: