14 Ton Sampah Dibersihkan Pertamina dari Sungai Ciliwung Dalam 14 Jam

14 Ton Sampah Dibersihkan Pertamina dari Sungai Ciliwung Dalam 14 Jam

Lebih dari 14 sampah dibersihkan Pertamina dari Sungai Ciliwing dalam 14 jam melalui Pertamina International Shipping (PIS).-PIS-

JAKARTA, DISWAY.ID - Lebih dari 14 sampah dibersihkan Pertamina dari Sungai Ciliwing dalam 14 jam.

Pembersihan sampah ini digelar oleh Pertamina International Shipping (PIS) dan tercatat sebanyak 14.19 ton sampah diangkut dari Dermaga Ciliwung Poncol.

VP Health, Safety, Security and Environment (HSSE) PIS Ade Gunawan mengatakan bahwasanya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan Sungai Ciliwung dan kelestarian lingkungan. 

"Para pekerja PIS bersama dengan ratusan relawan, menelusuri Sungai Ciliwung selama kurang lebih 4 jam menggunakan perahu karet untuk membersihkan sampah sampah tersebut," katanya Jumat 4 Oktober 2024.

BACA JUGA:Mykhailo Mudryk Menghentikan Chelsea Rekrut Bintang Arsenal

BACA JUGA:Pertemuan Anindya Bakrie dan Menkominfo Budi Arie Bawa Angin Segar Sektor Ekonomi Digital

"Kegiatan ini, merupakan bukti komitmen PIS menjaga keberlanjutan lingkungan," tambahnya.

Sementara itu Direktur Pengendalian Pencemaran Air KLHK Tulus Laksono yang juga turut berpartisipasi menyebut bahwa kolaborasi antara KLHK dan Pertamina untuk menumbuhkan budaya cinta sungai. 

"Harapan kami, setelah acara ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan sungai dan tidak membuang sampah ke sungai," tuturnya.

BACA JUGA:Jubir Optimis Pramono Anung-Rano Karno Kejar Elektabilitas RK-Suswono dalam Waktu 3 Minggu

BACA JUGA:Relawan Anies Deklarasikan Dukung Pramono-Rano di Pilgub Jakarta: Perjuangkan Nasib Kaum Miskin

Sebagai informasi, festival dengan tema ‘Ciliwung Merdeka dari Sampah dan Plastik’ ini sendiri telah dimulai sejak tanggal 16 September 2024. 

Festival ini terdiri dari serangkaian kegiatan, yaitu arung edukasi dan pembersihan sungai, lomba recycling sampah plastik, workshop kerajinan tangan dari sampah daur ulang, dan lainnya.

Acara ini juga sejalan dengan kontribusi Pertamina Group dalam rehabilitasi Sungai Ciliwung melalui Gerakan Gerbang Biru Ciliwung, yang telah berjalan sejak Agustus 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: