Simak Contoh Modul Ajar UKIN PPG Daljab 2024, Guru Wajib Cek!
Contoh Modul Ajar UKIN PPG Daljab 2024--Unsplash
2. Kompetensi Awal
- Siswa mempelajari berbagai kegiatan ekonomi yang terjadi di lingkungan sekitar.
- Siswa mengenal peran produsen, distributor, dan konsumen dalam skema kegiatan ekonomi.
3. Profil Pelajar Pancasila
- Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Siswa terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar.
- Bergotong-royong: Siswa bekerja sama dalam diskusi kelompok untuk mencapai kesepakatan bersama.
- Bernalar Kritis: Siswa mampu menjawab pertanyaan, mengajukan pendapat, dan mengkritisi selama proses pembelajaran.
4. Sarana dan Prasarana
- Sumber Belajar: Buku Siswa (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk Kelas IV).
- Lembar Kerja Peserta Didik.
- Buku Pendamping IPAS.
- Media Pembelajaran Kotak Skema Kegiatan Ekonomi.
- Video Pembelajaran.
- PPT Pembelajaran.
5. Target Peserta Didik
- Peserta Reguler: Memiliki kemampuan yang umum, tanpa kesulitan dalam memahami materi.
- Peserta Berprestasi Tinggi: Cepat memahami materi, memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan mampu memimpin diskusi.
- Jumlah Peserta: 27 orang.
BACA JUGA:Jadwal Pemanggilan Piloting PPG Tahap 3 Segera Dibuka, Kapan?
Komponen Inti
1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik memahami bagaimana produsen, distributor, dan konsumen berperan dalam kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar.
Peserta didik dapat mengidentifikasi keterkaitan antara konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dengan kehidupan sehari-hari.
2. Asesmen
- Asesmen Formatif:
- Sikap (Afektif): Observasi melalui rubrik.
- Kognitif: Tes tulis (pilihan ganda).
- Keterampilan (Psikomotor): Penilaian kinerja melalui rubrik.
- Asesmen Diagnostik:
- Non-Kognitif: Tes tulis (angket gaya belajar).
- Kognitif: Tes tulis (pilihan ganda).
3. Pemahaman Bermakna
- Siswa diharapkan mampu meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya kegiatan ekonomi, seperti produksi, distribusi, dan konsumsi, yang mempengaruhi aktivitas manusia sehari-hari.
4. Pertanyaan Pemantik
- Di mana orang tua kalian membeli beras dan lauk?
- Apakah kalian sudah sarapan sebelum ke sekolah?
- Bagaimana proses beras sampai ke pasar?
5. Kegiatan Pembelajaran
- Pendahuluan (10 menit):
- Guru memulai dengan salam, doa, menyanyikan lagu nasional, dan pengecekan kehadiran.
- Apersepsi tentang kegiatan ekonomi di sekitar.
- Guru memberikan gambaran tujuan pembelajaran dan manfaat memahami kegiatan ekonomi.
- Kegiatan Inti (50 menit):
- Siswa dibagi menjadi kelompok sesuai dengan gaya belajar mereka (visual, auditori, kinestetik).
- Setiap kelompok menerima media pembelajaran yang sesuai: PowerPoint untuk visual, video untuk auditori, dan benda konkret untuk kinestetik.
- Siswa membaca teks tentang kegiatan ekonomi di Kabupaten Jember dan diskusi kelompok dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan distribusi yang terganggu.
- Tahap Diskusi:
- Setiap kelompok mendiskusikan peran produsen, distributor, dan konsumen.
- Guru membimbing siswa saat diskusi dan membantu mereka mengatasi kendala yang dihadapi.
- Presentasi hasil diskusi dilakukan oleh masing-masing kelompok.
- Penutup (10 menit):
- Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran.
- Guru memberikan refleksi atas pembelajaran yang telah dilakukan dan menanyakan pemahaman siswa.
- Asesmen formatif dilakukan secara mandiri oleh siswa.
6. Refleksi Peserta Didik dan Pendidik
- Guru juga merefleksikan apakah semua siswa mencapai tujuan pembelajaran dan merencanakan tindak lanjut jika diperlukan.
- Siswa diminta untuk merefleksikan pengalaman mereka selama pembelajaran, seperti pemahaman mereka tentang kegiatan ekonomi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: