Inovasi Tas Rajut Bahan Daur Ulang Tingkatkan Kesejahteraan Ibu Pengrajin dan Keberlanjutan Lingkungan

Inovasi Tas Rajut Bahan Daur Ulang Tingkatkan Kesejahteraan Ibu Pengrajin dan Keberlanjutan Lingkungan

Workshop TACO X Rajoet.id di Indonesia Design District (IDD), PIK 2 2024-Disway.id/Annisa Zahro-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Kreativitas tas rajut yang dianggap kuno menjadi salah satu cara untuk membuatnya lebih menarik dan sesuai dengan gaya anak muda.

Terlebih, apabila tas rajut tersebut menggunakan bahan daur ulang sehingga tidak hanya efisien, tetapi juga membantu bumi untuk mengurangi sampah plastik.

BACA JUGA: Nadiem Makarim Raih Penghargaan Kreatif untuk Warisan Budaya dan Pariwisata Lokal di Ajang IDeaward 2024

BACA JUGA:Inilah 3 Cara Sederhana Meningkatkan Elastisitas kulit Agar Tampak Lebih Awet Muda

Rajoet.id merupakan salah satu brand yang menginisiasi kerajinan tas rajut ini dengan menggandeng ibu-ibu pengrajin di Jawa Timur.

Founder Rajoet.id Felicia Ng menjelaskan, hal ini turut menyelesaikan dua permasalahan, yakni sampah dan pemberdayaan ibu.

"Masalah sampah dan kita memberdayakan ibu-ibu pengrajin di Jawa Timur untuk menaikkan standar hidup," terang Felicia ketika ditemui, 10 Oktober 2024.

Ia menjelaskan secara spesifik dipilihnya pengrajin Jawa Timur karena memang ada tradisi dan budaya menganyam.

"Jadi nggak bisa dipungkiri tas anyaman itu sudah lama sekali dari turun-temurun, tapi kita mau menginovasi, mengembangkan supaya orang-orang itu suka dan mau pakai barang sustainable," tuturnya.

BACA JUGA:Pengakuan Sandra Dewi, Bantah Hakim Soal Kepemilikan 88 Tas Mewah Pemberian Harvey Moeis: 23 Brand Endorse Saya

Selain itu, Felicia menambahkan, sasaran ibu pengrajin ini juga untuk menambah pemasukan karena mereka tidak bisa sepenuhnya mengharapkan hasil bertani dan ada pula ibu rumah tangga yang bekerja sembari menjaga anak di rumah.

Pihaknya pun ingin membuat produk tersebut lebih unik dan cantik serta tahan lama.

Hal inilah yang melatarbelakangi kolaborasi TACO dan rajoet.id pada gelaran Indonesia Design Week 2024 yang diselenggarakan di Indonesia Design District (IDD), PIK 2.

Pada event ini, TACO dan rajoet.id membuka kesempatan bagi para pengunjung untuk mengkreasikan tas rajut menjadi lebih indah dan sesuai dengan gayamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: