8 Daftar Nama Calon Menteri dari Golkar yang Dipanggil Prabowo, Ada Petinggi Partai hingga Mantan Bupati Batang

8 Daftar Nama Calon Menteri dari Golkar yang Dipanggil Prabowo, Ada Petinggi Partai hingga Mantan Bupati Batang

Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia turut dipanggil ke kediaman Prabowo terkait bursa calon menteri.-Fajar Ilman-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dari 49 nama calon menteri kabinet Prabowo-Gibran yang sudah dipanggil ke Kertanegara kemarin, 8 nama di antaranya merupakan politisi Partai Golkar.

Prabowo memanggil para calon menteri itu disebutkan dari berbagai kalangan, baik profesional, akademisi dan politisi.

Di antaranya yaitu dari Partai Golkar sebagai salah satu parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang menjadi pengusung utama Prabowo-Gibran.

BACA JUGA:Daftar Lengkap 49 Nama Calon Menteri yang Sudah Dipanggil Prabowo, Termasuk Sri Mulyani Calon Menteri Keuangan

Sementara Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia dan Mantan Ketua Umum Airlangga Hartarto adalah nama calon menteri yang terlihat turut dipanggil Prabowo kemarin.

"Sebetulnya hari ini hanya mengkonfirmasi, saya konfirmasi saya yakinkan mereka bersedia atau tidak bantu saya di bidang yang saya tawarkan kepada mereka. Alhamdulillah semuanya menyatakan sanggup," kata Prabowo seusai pemanggilan calon menteri, Senin, 14 Oktober 2024 malam.

Terkait pemanggilan nama calon menteri dari partai berlambang pohon beringin itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Sarmuji menyebut belum dapat memastikan berapa jatah kursi menteri untuk partainya di kabinet Prabowo-Gibran.

"Saya tidak bisa mengonfirmasi jumlahnya ya, tapi kita serahkan itu ke Pak Prabowo sepenuhnya berapa jumlah menteri yang berasal dari Golkar," ujar Sarmuji di Kompleks Parlemen Senayan.

Pihaknya diakui sudah mengusulkan nama-nama calon menteri.

"Nama-nama itu kita minta untuk standby sambil berdiskusi terhadap pemerintahan kedepan," katanya.

BACA JUGA:Jumlah Kabinet Diprediksi Bakal Gemuk, Bahlil Sebut Hak Prerogatif Prabowo

Maman Abdurrahman, politisi Partai Golkar yang sudah dipanggil Prabowo membenarkan, dirinya salah satu yang akan menjadi calon menteri mendatang.

Demikian diyakini setelah mendapat arahan dari Prabowo terkait sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Tadi pembicaraan saya dengan Pak Prabowo juga ada titik berat yang ditekankan kepada saya bahwa ke depan pemerintahan Pak Prabowo-Gibran, beliau menitipkan bagaimana caranya agar industri besar di seluruh Indonesia bisa melibatkan sektor UMKM," kata Maman tadi malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: