Ini Alasan KAI Beralih dari Bantalan Rel Kayu ke Sintetis, Ini Alasannya
Ini Alasan KAI Beralih dari Bantalan Rel Kayu ke Sintetis, Ini Alasannya-KAI-
JAKARTA, DISWAY.ID-- KAI mengganti komponen prasarana kereta api khususnya pada kontruksi rel di jembatan baja yang sebelumnya menggunakan bantalan dari bahan kayu menjadi bahan sintetis.
Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan bahwasanya komponen yang diganti menjadi bantalan sintetis yaitu bantalan kayu di kontruksi jembatan baja.
BACA JUGA:Bukit Asam Gandeng KAI Tingkatkan Kapasitas Bongkar Batu Bara
BACA JUGA:Penuh Inspirasi, Didiek Hartantyo Berbagi Pengalaman Selama Memimpin KAI
Biasanya bantalan rel pada jembatan baja menggunakan kayu karena lebih ringan dibanding bahan beton yang berat.
"Saat ini KAI melakukan inovasi mengganti bantalan kayu menjadi bantalan sintetis, karena dinilai jauh lebih ramah lingkungan,” ungkap Anne Rabu 23 Oktober 2024.
Anne mengatakan, pada tahun 2022 KAI melakukan pengadaan bantalan sintetis sebanyak 5.656 batang, tahun 2023 jumlah pengadaannya meningkat menjadi 16.353 batang.
Selanjutnya di tahun 2024 ini KAI memprogramkan mengganti 15.864 batang kayu menjadi sintetis.
BACA JUGA:KAI Selamatkan 6.455 Barang Tertinggal di KA, Estimasi Nilai Mencapai Rp10 Miliar
BACA JUGA:Daftar KA Gerbong New Generation Terbaru, KAI: Target 60 Gerbong Tahun 2024
KAI kata Anne menargetkan menganti seluruh bantalan kayu pada kontruksi jembatan baja menjadi berbahan sintetis di tahun ini.
"Bantalan kayu selain kurang ramah lingkungan, tentunya kurang tahan lama dan mudah lapuk terutama di daerah dengan tingkat kelembaban yang tinggi," tutur Anne.
"Dengan ciri khas tersebut, masa penggunaan bahan sintesis akan lebih lama dibandingkan dengan bahan kayu, sehingga KAI dapat lebih efesiensi dalam pembiayaan perawatan prasarananya," tambah Anne.
Anne mengatakan, alasan tersebut diambil KAI dengan pertimbangan bantalan sintetis memiliki umur teknis yang jauh lebih panjang dibandingkan dengan bantalan kayu karena memiliki kekuatan lebih tinggi dan juga ketahanan terhadap cuaca jauh lebih baik.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: