Global Trends 2024: 68% Masyarakat Indonesia Percaya AI Ubah Dunia, Tetap Khawatir soal Keamanan Data
Bertajuk Ipsos Global Trends 2024: “In Search of a New Consensus: From Tension to Intention”, laporan ini juga mengeksplorasi tren utama yang membentuk kawasan Asia-Pasifik, termasuk Indonesia, serta pasar global lainnya.--Instagram Ipsos Indonesia
JAKARTA, DISWAY.ID - Masyarakat global percaya kecerdasan buatan atau artificial intelligence dapat mengubah dunia.
Dalam laporan Global Trends 2024 oleh Ipsos in Indonesia, ada edisi terbaru yang menawarkan insight berharga tentang perubahan sentimen konsumen, transformasi sosial, dan dinamika pasar di 50 negara.
Bertajuk Ipsos Global Trends 2024: “In Search of a New Consensus: From Tension to Intention”, laporan ini juga mengeksplorasi tren utama yang membentuk kawasan Asia-Pasifik, termasuk Indonesia, serta pasar global lainnya.
BACA JUGA:Arek Suroboyo, Alvin Lim Akan Gelar Pelatihan Kecerdasan Keuangan Bersama Quotient Fund
Tren Utama yang Membentuk Asia dan Indonesia Dalam report ini mengidentifikasi tiga tren utama yang mendominasi kawasan AsiaPasifik (APAC)
Pertama, teknologi yang menginspirasi (Technowonder) konsumen di APAC, terutama di Indonesia, India, dan Thailand, menunjukkan optimisme terhadap kemajuan teknologi seperti artificial intelligence (AI).
Di Indonesia, 68% responden percaya bahwa AI memiliki dampak positif bagi dunia, jauh di atas rata-rata global sebesar 57%.
BACA JUGA:Accurate Talks Level Up, Angkat Bisnis dengan Merancang Transformasi Digital dan Kecerdasan AI
Namun, optimisme ini disertai dengan kekhawatiran signifikan terkait privasi data, di mana 76% konsumen APAC khawatir tentang bagaimana informasi mereka digunakan.
Kembali ke Sistem Lama (Retreat to Old Systems) Nostalgia terus mempengaruhi perilaku konsumen, mendorong brand untuk menggabungkan nilai-nilai tradisional dengan inovasi modern.
Di Indonesia, 94% responden memprioritaskan tradisi sebagai nilai inti masyarakat, persentase tertinggi di kawasan ini.
BACA JUGA:Di Depan Mahasiswa Untar, Kepala BKKBN Bicara soal Kecerdasan dan Skor IQ Masyarakat Indonesia
Berbagai brand lokal telah berhasil memanfaatkan tren ini dengan menggabungkan warisan budaya dengan strategi kontemporer untuk menjangkau audiens yang beragam.
Konvergensi Iklim (Climate Convergence) Pentingnya menghadapi perubahan iklim sangat jelas, dengan 73% responden APAC menyatakan bahwa mereka sudah mengambil langkah untuk melindungi lingkungan.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: