Resmikan Pos Pengaduan Koperasi, Ini Harapan Menkop Budi Arie

Menteri Koperasi (Menkop) Budi Arie Setiadi telah sukses meresmikan keberadaan Pos Pengaduan Koperasi, Kamis 30 Januari 2025-Dok. Kemenkop-
JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Koperasi (Menkop) Budi Arie Setiadi telah sukses meresmikan keberadaan Pos Pengaduan Koperasi, Kamis 30 Januari 2025.
Adanya Pos Pengaduan Koperasi ini sendiri diharapkan dapat mengembalikan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap koperasi di Indonesia.
BACA JUGA:Anggaran Tukin Dosen Rp 2.5 T Disetujui, Kemendiktisaintek: Pancairan Tunggu Kepres
BACA JUGA:Perkuat Ekosistem Koperasi, Kemenkop Bentuk Pos Pengaduan
Selain itu, Menkop Budi juga menambahkan bahwa Pos Pengaduan juga ditujukan untuk memperkuat ekosistem pelayanan publik yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat khususnya koperasi.
"Dengan adanya pos ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dalam menyampaikan pengaduan, mendapatkan informasi, memastikan bahwa suara masyarakat didengar dan mempermudah proses penyelesaian setiap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat terkait layanan di Kementerian Koperasi," ujar Menkop Budi, di Jakarta.
Menurut Menkop Budi, Pos Pengaduan ini bersifat Bottom Up. Oleh karena itulah, dirinya mengharapkan partisipasi dari masyarakat untuk melaporkan segera bila ada praktik-praktik koperasi yang tidak patut di masyarakat, sehingga koperasi tidak lagi melakukan praktik yang merugikan masyarakat.
"Segera kontak kami. Adanya Pos Pengaduan ini agar kepercayaan masyarakat terhadap koperasi kembali meningkat," tegasnya.
Tidak hanya itu, Menkop Budi juga menegaskan agar masyarakat jangan sampai tergiur dengan iming-iming bunga tinggi dari kalangan lintah darat berkedok koperasi.
BACA JUGA:Menteri UMKM Maman Abdurrahman Ungkap Alasan Pemisahan Kemenkop dan UKM
BACA JUGA:KemenKopUKM Akan Dorong Promosi UMKM dengan Smesco Indonesia
Dalam hal ini, Menkop Budi menyatakan bahwa pihaknya juga sudah membentuk Satgas Revitalisasi Koperasi Bermasalah yang diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama bisa menyelesaikan masalah di koperasi-koperasi bermasalah yang merugikan masyarakat.
"Jangan tergiur dengan iming-iming bunga tidak masuk akal, karena itu bisa dipastikan Skema Ponzi. Kita harus terus mengedukasi masyarakat terkait hal itu," tegas Menkop Budi.
Sementara itu, masyarakat nantinya bisa mengakses beberapa fasilitas dan sarana pengaduan seperti pengaduan secara offline ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenkop dan juga dapat mengakses kanal pengaduan koperasi melalui online: Call Center (1500 587), Email: surat@kop.go.id, Whatsapp: +62 8111 451 587, dan Website: https://kop.go.id/layanan.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: