Bluebird Umumkan Pembagian Dividen Rp120 per Saham Usai Sukses Raih Kinerja Solid dan Pertumbuhan Dua Digit
Bluebird Umumkan Pembagian Dividen Rp120 per Saham Usai Sukses Raih Kinerja Solid dan Pertumbuhan Dua Digit---Dok. Istimewa
Total dividen yang dibagikan mencapai Rp300,2 miliar, atau 51% dari laba bersih yang dapat diatribusikan kepada entitas induk Perseroan tahun buku 2024.
Dividen akan dibagikan kepada pemegang saham yang tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan tanggal 2 Juli 2025, dengan pembayaran yang akan dilakukan pada 11 Juli 2025.
Sisa laba sebesar Rp284,9 miliar akan dialokasikan untuk memperkuat struktur permodalan dan mendukung kebutuhan belanja modal serta pengembangan strategis di tahun berjalan.
Sepanjang 2024, Bluebird terus memperkuat strategi transformasi berbasis 3M: multi-product, multi-channel, dan multi-payment. Di antaranya melalui peluncuran Cititrans Busline untuk mobilitas premium antarkota serta perluasan layanan Bus Rapid Transit (BRT) di Nusantara dan Medan. Peluncuran MyBluebird Subscription Plan dan layanan Hourly Charter untuk memenuhi kebutuhan pelanggan korporat dan individu. Integrasi pemesanan melalui aplikasi MyBluebird, WhatsApp, dan mitra ride-hailing, serta kemudahan pembayaran lewat berbagai metode nontunai.
Di sisi teknologi, Perseroan terus mengembangkan sistem AI Mapping dan IoT guna meningkatkan efektivitas pengelolaan armada, mempercepat waktu respon, serta mendorong efisiensi bahan bakar dan operasional. Sepanjang 2024, Bluebird juga meluncurkan fitur point-to-point untuk Goldenbird dan menyempurnakan program loyalitas pelanggan melalui sistem poin terbaru.
Sebagai bagian dari visinya dalam menciptakan transportasi berkelanjutan, Bluebird menjalankan program keberlanjutan berbasis tiga pilar: BlueSky, BlueLife, dan BlueCorps. BlueSky: Bluebird telah mengoperasikan sekitar 337 unit kendaraan listrik dan memperluas infrastruktur pendukung seperti SPKLU di Bali. Target pengurangan emisi karbon hingga 50% pada 2030 terus dikejar melalui kombinasi armada listrik, CNG, dan optimasi rute. BlueLife: alokasi dana sekitar Rp8,5 miliar disalurkan untuk program sosial seperti Beasiswa Bluebird Peduli, Kartini Bluebird, dan Wellness Ride bagi komunitas disabilitas. BlueCorps: Penguatan tata kelola dengan penerapan ISO 27001:2022 dan penghargaan nasional yang diraih untuk kategori keberlanjutan dan keterbukaan informasi.
RUPST 2025 juga menyetujui perubahan susunan anggota Dewan Komisaris dengan mengangkat Noni Purnomo sebagai Wakil Komisaris Utama. Hal ini dilakukan untuk memperkuat tata kelola dan arah strategis perusahaan ke depan.
"Tahun 2025 akan menjadi momentum penting bagi Bluebird untuk tetap relevan dan kompetitif di era mobilitas modern. Kami akan terus mengembangkan armada yang lebih ramah lingkungan, memperluas kemitraan kanal digital, serta menghadirkan layanan-layanan yang adaptif dan inklusif. Fokus kami tetap pada pertumbuhan yang berkelanjutan dan menjadikan Bluebird sebagai solusi mobilitas yang #SelaluDiandelin," tutup Andre.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber:
