Merayakan Hari Ibu dengan #KembaliKeDapur, Fery Farhati Curhat Istimewanya Masakan Rumah
Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie mempersembahkan kampanye #KembaliKeDapur dalam rangka menyambut Hari Ibu sekaligus mengenalkan warisan kuliner keluarga-Disway.id/Fandi Permana-
Ia juga bercerita, bahwa resep masakan atau menu itu bukan hanya berakhir di meja makan. Tetapi, warisan orang tua berupa resep sedianya bisa diteruskan oleh generasi berikutnya agar tak semakin tergerus.
"Kalau tidak ditulis, makanan tradisional bisa hilang dan yang ada makanan Korea Jepang. Jadi, penting juga bagiamana anak muda bisa menyukai makanan tradisional dan itu bisa dimulai dari dapur di rumah," ujar Fery.
Senada dengan hal itu, Kampanye #KembaliKeDapur dirancang untuk melatih kesiapan mahasiswa menghadapi dunia kerja melalui pembelajaran berbasis pengalaman, sekaligus mengajak generasi muda memaknai kembali dapur sebagai ruang kebersamaan dan pelestarian tradisi keluarga.
Proyek UAS UBakrie dalam kampanye ini terintegrasi menggabungkan tiga mata kuliah, yakni Relasi Media, Produksi Konten Visual, dan Cyber PR. Mahasiswa ditantang untuk bekerja secara kolaboratif, mulai dari perumusan strategi komunikasi hingga perencanaan eksekusi kampanye.
“Sejak awal perkuliahan, kami membangun satu payung kampanye yang relevan untuk ketiga mata kuliah agar mahasiswa tidak mempelajari teori secara terpisah,” kata dosen pengampu mata kuliah, Octaviniant Aspary.
Octa menyebut bahwa model tugas seperti ini akan memacu mahasiswa untuk berpikir kreatif dan menyiapkan kemampuan di dunia profesional.
“Ini melatih mereka untuk berpikir strategis dan mampu menjalankan kampanye secara terintegras, mulai dari perencanaan hingga evaluasi, sebagaimana praktik di dunia profesional,” tambahnya
Ajak Anak Muda Kenali Tradisi Keluarga
Proyek Cyber PR Universitas Bakrie lewat kampanye Kembali ke Dapur turut mengajak generasi muda memaknai kembali dapur sebagai ruang kebersamaan dan pelestarian tradisi keluarga.
Hal itulah yang disampaikan Diah Andrini Dewi selaku Executive Account Director VERO Agency. Diah menilai dalam praktik Public Relations, kreativitas perlu berjalan seiring dengan pemahaman yang menyeluruh.
"Kampanye tidak hanya dituntut harus menarik, tetapi juga relevan dengan konteks, memahami target audiens, dan memiliki tujuan yang terukur. Melalui proyek ini, mahasiswa belajar merancang kampanye secara terintegrasi dan berbasis insight, sesuai dengan tuntutan praktik di industri,” ujar Diah.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: