JAKARTA, DISWAY.ID-- Menurut Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki, tahun 2023 menjadi momentum bagi brand lokal untuk menguasai pasar domestik.
Jadi tahun 2023 dinilai akan menjadi peluang baik bagi pelaku UMKM untuk menguasai pasar dalam negeri.
BACA JUGA:Ada Cara Dapat Saldo Dana Cuma-Cuma Tanpa Aplikasi, Baru Tahu? Berikut Langkahnya
BACA JUGA:Honda dan Sony Perkenalkan Prototipe Mobil Advanced EV AFEELA, Ini Penampakannya
Belum lagi karena pemerintah berkomitmen untuk memperkuat daya beli masyarakat dan menjaga konsumsi rumah tangga tetap kuat pada tahun 2023.
“Upaya menjaga perekonomian Indonesia tahun ini adalah dengan membeli dan mengonsumsi produk dalam negeri dan produk UMKM,” ujar Menteri Teten.
Mendukung hal tersebut, dilansir dari blog Niagahoster, 93,3 persen masyarakat Indonesia terbukti lebih percaya dengan kualitas produk lokal. Bahkan cukup jauh jika dibandingkan dengan kepercayaan masyarakat Indonesia pada produk asing yaitu 71,5 persen.
BACA JUGA:Gokil! Harga Tiket Istimewa di Laga PSG vs Al Nassr Tadi Tembus Rp 40 Miliar, Dapat Apa Saja?
BACA JUGA:Jasad Pria Membusuk di Cengkareng, Ditemukan Mengambang di Kali Velbak, Korban Pembunuhan?
Pemerintah juga membangun gedung Creative Center di berbagai daerah dengan harapan untuk mendorong usaha lokal, dan membantu mengembangkan serta memberdayakan usaha pelaku UMKM di berbagai daerah di Indonesia.
Mengakselerasi Adopsi Digital
Rantai pasok global yang terganggu di tahun 2023 ini menjadi kesempatan bagi UMKM dan bisnis lokal untuk mengambil alih pasar.
Namun dengan persaingan yang semakin ketat, bisnis lokal harus menjangkau pasar Indonesia secara lebih luas dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital dan mengintegrasikan tiap channel.
Perubahan perilaku konsumen menjadi salah satu tuntutan bagi pebisnis dan UMKM untuk masuk ke ekosistem digital.
BACA JUGA:Antisipasi Kepadatan, Korlantas Polri Mulai Patau Jalur Mudik Lebaran 2023