Pengertian Promosi, Tujuan, Jenis, dan Fungsinya yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Memulai Usaha

Senin 08-05-2023,20:24 WIB
Reporter : Amanda Fanny
Editor : Amanda Fanny

Teknik marketing yang satu ini dinilai mampu menumbuhkan minat dan ketertarikan orang-orang serta mendorong mereka agar mau menjadi pelanggan setia.

BACA JUGA:Isi Petisi Aksi Janur Kuning, Tuntut Pembayaran BUMN PT Istaka Karya, 'Jangan Manfaatkan Hukum Kepailitan!'

BACA JUGA:Viral! Podium di SEA Games Kamboja Diterangi Lampu Mobil: 'Kok Kaya Acara Kelurahan'

Tujuan Promosi

1. Menarik Perhatian Pembeli 

Tujuan pertama promosi adalah untuk menarik perhatian pembeli terhadap suatu barang atau jasa. 

Harapannya, setelah melihat promosi dari sebuah produk, pelanggan yang semula tidak tertarik untuk membeli barang atau menggunakan jasa menjadi tertarik dan ingin membeli produk atau menggunakan jasa. 

2. Branding 

Selanjutnya, adalah untuk branding atau membentuk citra sebuah produk atau perusahaan.

Demi melakukan branding atau mengenalkan brand kepada pelanggan, penjual harus menggunakan promosi yang menarik dan beda dari yang lain agar dapat memberi kesan kepada calon pelanggan. 

3. Bersaing dengan Kompetitor 

Persaingan dengan kompetitor merupakan tujuan promosi yang paling sering digunakan oleh berbagai macam usaha. 

Promosi sangat mampu digunakan untuk menjaga angka pemasukan tetap stabil, walaupun memiliki banyak pesaing dari sebuah bisnis.

4.  Membuat Inovasi Baru

Percaya atau tidak, kegiatan promosi ternyata dapat mendorong tim kamu supaya lebih kreatif dan inovatif, terutama saat budget yang disediakan tidak terlalu banyak.

Akhirnya, kamu akan mengeksplorasi berbagai taktik promosi yang bisa dicoba, seperti bergabung dalam sebuah pameran, membuat konten yang sedang trending di media sosial, dan lain sebagainya.

Kategori :