Pengertian Promosi, Tujuan, Jenis, dan Fungsinya yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Memulai Usaha

Senin 08-05-2023,20:24 WIB
Reporter : Amanda Fanny
Editor : Amanda Fanny

Direct marketing adalah jenis promosi di mana seseorang menjangkau perusahaan atau calon pelanggan dan secara langsung memberitahu mereka terkait diskon yang ada, produk terbaru, serta hal lainnya.

Contoh-contoh dari direct marketing adalah menggunakan media seperti surat fisik, email, dan brosur.

2. Sales Promotion

Contoh dari sales promotion adalah seperti flash sale, voucher atau kupon, pemberian hadiah gratis, dan lainnya.

Biasanya, jenis promosi ini dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang meningkat, tapi harus bisa bersaing dengan kompetitor lain.

3. Digital Marketing

Seperti namanya, digital marketing atau pemasaran via digital adalah penggunaan alat-alat digital untuk menyebarkan informasi tentang sebuah promosi.

Contohnya adalah seperti menggunakan konten media sosial atau artikel blog untuk menjangkau audiens yang lebih luas dari biasanya.

BACA JUGA:Babak Baru! AG Polisikan Mario Dandy atas Dugaan Pelecehan Seksual, Kuasa Hukum: Ada 8 Barbuk

BACA JUGA:5 Rekomendasi Perlengkapan Lari Ala Soraya Larasati, Cocok Buat Pemula

4. Personal Selling

Personal selling adalah jenis promosi yang melibatkan komunikasi langsung dari orang ke orang lain. 

Hal ini berarti mencangkup hal seperti berbicara empat mata atau via telepon.

Tujuan utama dari personal selling adalah membentuk hubungan yang lebih dekat dan terjaga dengan pelanggan atau klien agar mereka terus membeli produk atau menggunakan layanan terbaru.

5. Periklanan

Biasanya, iklan tidak ditujukan untuk audiens yang tertentu, tapi digunakan untuk menyebarluaskan ke masyarkat bahwa sedang atau akan berlangsung sebuah promosi.

Kategori :