Joe Biden Siap Bantu Israel, Ukraina dan Taiwan Rp 1.500 Triliun, Netanyahu Malah Minta Rp 150 T

Rabu 18-10-2023,11:43 WIB
Reporter : Subroto Dwi Nugroho
Editor : Khomsurijal W

“ Saya harap ini cukup untuk membantu kita melewati tahun 2024,” kata Cardin kepada Reuters.

Dia mengatakan, menurutnya RUU tersebut memiliki peluang bagus untuk lolos ke Senat jika didukung oleh rekan-rekan Biden dari Partai Demokrat dan Partai Republik. 

“ Saya pikir ini adalah upaya terbaik kami untuk menyelesaikannya,” kata Cardin.

Netanyahu Minta Bantuan $10 Milyar

BACA JUGA:Hamas Rilis Video Sandera Wanita di Festival Supernova, Miya: Mereka Merawat Saya Dengan Baik

BACA JUGA:Selain Badai Pasir, Tentara Israel Banyak yang Lari dari Tugas, Serangan ke Gaza Ditunda Seminggu

Namun, ada ketidakpastian mengenai nasib undang-undang di Kongres, yang berdasarkan undang-undang AS mengendalikan pengeluaran. 

Dewan Perwakilan Rakyat yang dipimpin oleh Partai Republik tidak memiliki ketua dan tidak dapat mengesahkan undang-undang sejak Kevin McCarthy digulingkan pada 3 Oktober.

Sumber di Kongres yang mengetahui permintaan tersebut mengatakanN etanyahu  telah meminta dana sebesar $10 miliar atau sekitar Rp 150 trliun, sebagai respons terhadap serangan terhadap warganya oleh kelompok militan Hamas yang didukung Iran. 

Israel sendiri telah menerima $3,8 miliar per tahun dari Amerika Serikat, berdasarkan perjanjian 10 tahun yang dimulai pada tahun 2016.

Kongres telah menyetujui bantuan keamanan, kemanusiaan, dan ekonomi senilai $113 miliar ke Ukraina sejak pasukan Rusia masuk ke wilayahnya pada Februari 2022.

BACA JUGA:LinkedIn Milik Microsoft Pecat 668 Karyawan, Kedua Kalinya di Tahun 2023

BACA JUGA:Israel Bombardir Gaza Lewat Udara, Ribuan Warga Palestinna Tewas Tertimbun Bangunan

Bloomberg pertama kali melaporkan bahwa Biden sedang mempertimbangkan untuk mengajukan permintaan $100 miliar.

" Kami akan melakukan segala daya kami untuk memastikan Senat memberikan dukungan bagi Israel dan paket lainnya. Kami bermaksud untuk mendapatkan paket tersebut pada akhir minggu ini," kata pemimpin mayoritas Senat, Senator Demokrat Chuck Schumer, kepada Reuters. 

Senator Mitch McConnell, anggota senior DPR dari Partai Republik, mengatakan dia memperkirakan permintaan tersebut akan mencakup bantuan untuk Israel, Ukraina dan Taiwan, dan mengatakan bahwa Partai Republik ingin memasukkan “sesuatu yang serius” untuk perbatasan.

Kategori :