Ini Posisi Tidur yang Nyaman Bagi Penderita Vertigo supaya Tidak Cepat Kambuh, Dijamin Nyenyak!

Senin 15-07-2024,10:24 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, DISWAY.ID - Terkadang penderita penyakit Vertigo suka mengalami kambuh dan membuat kepala berputar di jam-jam tidur atau waktu beristirahat.

Tentunya, hal tersebut kerap menganggu waktu istirahat si penderita, terutama di malam hari.

Seperti yang diketahui, penyakit vertigo ini merupakan salah satu kondisi di mana tubuh seperti kehilangan keseimbangan dan disertai dengan adanya rasa pusing, bahkan ada sensasi lingkungan di sekitar seperti bergerak atau berputar-putar.

BACA JUGA:Catat! Bahaya Mengorek Kuping dengan Cotton Bud, Infeksi Telinga hingga menyebabkan Vertigo!

Meskipun tidak mengancam jiwa, namun masalah kesehatan itu terkadang disertai dengan adanya gejala muntah, mual, sensitif dengan suara dan cahaya atau disorentasi.

Nah, seringkali posisi tidur yang tidak pas atau tak nyaman dapat memperburuk gejala vertigo tersebut.

Karena itu, ada baiknya jika kamu mengalami kondisi ini dapat mengenali sejumlah posisi tidur untuk penyakit vertigo supaya tidak cepat kambuh.

Berikut ini ada beberapa posisi tidur yang nyaman untuk penderita vertigo supaya tidak cepat kambuh.

Mengutip dari Sleep Foundation, jika posisi tidur dirasa kurang nyaman atau tidak pas bisa menjadi salah satu penyebab vertigo sering kambuh di malam hari.

BACA JUGA:4 Obat Vertigo Ampuh yang Jarang Diketahui, Segera Hindari Makanan-makanan Ini

Oleh karena itu, penderita vertigo ini juga perlu menyesuaikan bagaimana posisi tidur yang tepat agar masalah kesehatan ini tidak gampang kumat atau kambuh, di antaranya:

Posisi Tidur Telentang dengan Bantal Tinggi

Posisi yang pertama, kamu bisa tidur dengan telentang karena cukup baik untuk penderita vertigo, apalagi jenis vertigo posisi paroksismal jinak.

Namun perlu diketahui dan diingat, usahakan untuk memakai bantal yang tinggi serta membentuk sudut 45 derajat ketika hendak tidur telentang.

Supaya tidak sakit leher atau punggung ketika bangun tidur dengan kondisi telentang ini, kamu bisa mengatur bantalnya dengan menopang leher, punggung sekaligus kepala.

Kategori :