Keren, Polres Metro Tangerang Kota Terapkan Model Besuk Tahanan Bak Film Hollywood

Rabu 07-08-2024,12:15 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Polres Metro Tangerang Kota kini menempati gedung baru yang berkonsep Smart dan Green building.

Berbagai layanan pun diperbaharui untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi masyarakat yang hendak melakukan permohonan pelayanan kepolisian.

BACA JUGA:Terbukti Korupsi di Proyek Tol MBZ, Sofiah Balfas Divonis 4 Tahun Penjara dengan Status Tahanan Kota

BACA JUGA:Kapolres Metro Tangerang Kota Minta Laporkan Bila Ada Ormas Paksa Minta THR

Salah satunya, Polres Metro Tangerang Kota telah menerapkan inovasi baru pada layanan jenguk tahanan yakni 'Jenguk Nyaman'. Di mana Polres Metro Tangerang Kota menerapkan sistem jenguk tahanan yang membatasi kontak fisik antara tahanan dengan penjenguk.

Inovasi ini meniru adegan orang yang sedang jenguk tahanan di Film-Film Hollywood. Terbukti inovasi ini sangat efektif untuk meniadakan pertemuan fisik sacara langsung dan mampu mencegah masuknya barang-barang yang dilarang kedalam sel tahanan, seperti: narkoba, sajam, rokok, korek api, maupung barang berbahaya lainnya yang berpotensi digunakan untuk tahanan bunuh diri maupun tahanan kabur.

Disamping itu juga didukung aplikasi E-Tahti untuk memudahkan penjenguk tahanan mendaftar secara online untuk menjenguk tahanan dan memilih waktu yang diinginkan.

Tempat jenguk nyaman para tahanan tersebut berada di lantai 4 gedung pelayanan terpadu. Ruang layanan tahanan tersebut dilengkapi dengan beberapa ruang jenguk yang dibatasi dengan pembatas kaca dan fasilitas telepon duduk sebagai sarana komunikasi antara tahanan dan keluarganya yang sedang menjenguk.

BACA JUGA:Pastikan PSS di Wilayahnya Lancar dan Damai, Kapolres Metro Tangerang Kota Singgung Penjadwalan Pemungutan Suara Susulan

Ruang tunggu yang dilengkapi fasilitas pelayanan publik, seperti:  sofa tunggu yang terbuat dari kain, taman mainan anak, ruang lactasy, toilet dan kursi khusus disabilitas, pojok baca, kursi roda dan tongkat penyangga buat disabilitas, menambah kenyamanan bagi masyarakat yang datang untuk menjenguk keluarganya yang di tahan di Rutan Polres Metro Tangerang Kota.

"Bisa dipastikan tempatnya terasa lebih nyaman. Semua tempat di ruang tahanan itu ber-AC, ada ruang menyusui, dan tempat bermain anak-anak. Kita bikin senyaman mungkin dan mengurangi stigma ruang tahanan terkesan serem," ujar Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Rabu 7 Agustus 2024. 

Selain itu, Zain menuturkan, saat ini layanan tahanan di Polres Metro Tangerang Kota bak penjara di luar negeri atau seperti di film Hollywood. Para pembesuk nantinya tidak akan berkomunikasi secara langsung dengan tahanan, melainkan adanya sekat terbuat dari kaca serta berbicara dengan bantuan telepon yang telah tersedia.

"Pembesuk dan tahanan hanya bisa berkomunikasi melalui sambungan telepon jarak dekat, yang memungkinkan mereka masih tetap bertatap muka melalui sekat kaca. Sebanyak 4 ruangan beserta dengan teleponnya disiapkan untuk para penjenguk. Setiap penjenguk diberi waktu 10 menit. Artinya sudah seperti di film-film maupun di negara maju," jelasnya.


Kerennya pelayanan Sat Tahti Polres Metro Tangerang Kota yang terapkan model besuk tahanan seperti film Hollywood -Dok. Polres Metro Tangerang Kota-

Menurut Zain, sekat kaca tersebut dibuat untuk membantu pihaknya mengurangi kontak fisik penjenguk dengan tahanan, serta meminimalisir masuknya barang-barang yang dilarang di ruang sel tahanan tersebut.

Kategori :