Panen Raya Padi di Kabupaten Barito Kuala, Baznas Dorong Kemandirian Ekonomi Petani di Kalsel

Selasa 13-08-2024,20:55 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

KALSEL, DISWAY.ID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI melakukan panen raya padi bersama para petani binaan Program Lumbung Pangan Baznas di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa 13 Agustus 2024.

Panen raya Baznas itu dilakukan di lahan pertanian seluas 100 hektare yang berlokasi di Desa Anjir Pasar Kota II, Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala, Kalsel. 

BACA JUGA:Jaga Kelestarian Alam, Baznas RI dan HII Kerja Sama Program Sedekah Hutan

BACA JUGA:Baznas RI Distribusikan Sajian Berkah Bergizi bagi Mustahik di Jakarta Utara

Panen raya tersebut dihadiri oleh Ketua Baznas RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, MA., Sekda Kab Batola, Ir.H.Zulkipli Yadi Noor, M.Sc, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.P.D, Kepala Balai  BPPMDTT Banjarmasin, Ahmad Syahir, S.H.I, M.H, serta Ketua Baznas Provinsi Kalsel Drs. H. Irhamsyah Safari. 

Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA.,  menyampaikan, panen raya tersebut merupakan bukti nyata dan komitmen Baznas  dalam menjalankan amanah dan tanggung jawab sebagai lembaga zakat yang peduli terhadap kesejahteraan umat.

"Melalui program Lumbung Pangan Baznas, mari kita bersama-sama berkomitmen untuk terus berbuat kebaikan dan membantu sesama, sehingga sinergi antara masyarakat, pemerintah, dan lembaga amil zakat semakin kuat dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan bersama," katanya. 

BACA JUGA:10.000 Dam Jemaah Haji Disalurkan BAZNAS RI bagi Sekolah Indonesia di Makkah

Kiai Noor menjelaskan, Lumbung Pangan Kalimantan Selatan merupakan Lumbung Pangan Padi ke 6 dari 8 titik program Lumbung Pangan yang dikembangkan Baznas RI kurun waktu 2020-2024.

"Lumbung Pangan ini diharapkan menjadi bagian dalam pengembangan usaha ekonomi bagi para petani," ujar Kiai Noor.

Dalam kesempatan tersebut, Kiai Noor juga mengapresiasi kolaborasi yang telah terjalin dengan baik antara Baznas Daerah, Kementerian Desa & PDTT, Badan Penyuluh Pertanian, dan Pihak Desa setempat. 

"Semoga program Lumbung Pangan Berkah ini dapat terus berjalan dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat Kalimantan Selatan. Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan untuk terus berbuat kebaikan dan berbagi rezeki dengan mereka yang membutuhkan," kata Kiai Noor. 

BACA JUGA:Baznas Kirim Bantuan 100 Kursi Roda Untuk Jemaah Haji Indonesia di Jeddah

Hal ini pun disambut baik oleh Sekda Kab Batola, Ir.H.Zulkipli Yadi Noor, M.Sc. 

"Melalui kegiatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS baik itu dari pusat, provinsi, dan kabupaten untuk unsur-unsur lainnya yang telah membantu kegiatan ini." 

Kategori :