Daftar Lengkap 49 Nama Calon Menteri yang Sudah Dipanggil Prabowo, Termasuk Sri Mulyani Calon Menteri Keuangan

Selasa 15-10-2024,06:04 WIB
Reporter : Khomsurijal W
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memanggil sebanyak 49 nama calon menteri di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024.

Pemanggilan nama dari siang hingga malam tadi, disebutkan untuk mengisi kabinet Prabowo-Gibran setelah diambil sumpah jabatannya pada 20 Oktober mendatang.

Di antara nama calon menteri yang dipanggil merupakan usulan dari partai politik, tokoh profesional dan menteri kabinet Jokowi.

BACA JUGA:Prabowo Lanjutkan Pemanggilan Calon Menteri dan Wamen Hari Ini

Sejumlan menteri kabinet Jokowi seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Sosial Saifullah Yusuf.

Selanjutnya menteri Jokowi yang turut dipanggil untuk menjadi calon menterinya Prabowo yaitu Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sedangkan nama profesional dalam daftar nama calon menteri Prabowo yang dipanggil di antaranya KH Nasarudin Umar, imam besar Masjid Istiqlal yang digadang-gadang akan menjadi Menteri Agama.

Juga ada Natalius Pigai yang dikabarkan akan menjadi menteri Hak Asasi Manusia serta Abdul Mu'ti dari PP Muhammadiyah yang akan menjadi menteri pendidikan dasar-menengah (Dikdasmen).

Prabowo mengatakan sejumlah tokoh yang telah dipanggil tersebut menyatakan telah bersedia untuk bergabung dalam kabinetnya mendatang.

BACA JUGA:Prabowo Apresiasi Ketum Parpol Ajukan Nama di Menteri: Banyak yang Nunjuk Orang Profesional

"Sebetulnya hari ini hanya mengkonfirmasi, saya konfirmasi saya yakinkan mereka bersedia atau tidak bantu saya di bidang yang saya tawarkan kepada mereka. Alhamdulillah semuanya menyatakan sanggup," kata Prabowo seusai pertemuan, Senin, 14 Oktober 2024.

Prabowo senang para calon pembantunya itu telah menyatakan komitmennya untuk bekerja dengan baik. 

"Alhamdulillah semuanya menyatakan sanggup. Saya memberi beberapa penekanan kira kira arah kebijakan kita," katanya.

Sri Mulyani Calon Menteri Keuangan 

Sebelumnyanya, Sri Mulyani membenarkan dirinya telah dipanggil Prabowo untuk kembali menjadi Menteri Keuangan.

Kategori :