Self-Care Setiap Hari dan Terapkan Gaya Hidup Kirei Bersama Inovasi Baru Bioré Breeze Deodorant

Senin 04-08-2025,20:51 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Bulan Juli diperingati secara global sebagai Self-Care Month atau Bulan Perawatan Diri.

Momen ini menjadi pengingat bahwa menjaga kesehatan, kebersihan, dan kesejahteraan diri dimulai dari kebiasaan kecil yang kita lakukan sehari-hari.

Peringatan ini juga mendorong individu, institusi, dan pelaku industri untuk merefleksikan peran penting perawatan diri dalam membangun masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera.

Pada saat yang sama, momentum ini mendorong banyak perusahaan untuk mengambil peran aktif dalam mendukung kesehatan masyarakat melalui upaya edukasi. 

BACA JUGA:Angin Kencang Landa BSD Sebabkan Pohon Tumbang, BRIN Sudah Beri Peringatan

BACA JUGA:Pokemon GO Hadirkan Pikachu Berseragam Timnas Indonesia: Kolaborasi Spesial dengan PSSI, GSI, dan Niantic

Di negara seperti Indonesia, Self-Care Month menegaskan pentingnya membangun sistem yang memprioritaskan kebersihan serta memastikan akses yang setara, terutama bagi kelompok masyarakat marginal.

Lebih dari sekadar tren, perawatan diri adalah bagian esensial termasuk akses terhadap air bersih, sanitasi, dan kebersihan (WASH) menjadi bagian dari hak asasi manusia, sebagaimana telah ditegaskan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Di Indonesia, perawatan diri memiliki makna khusus bagi kelompok perempuan yang memiliki segudang peran, baik itu sebagai pekerja, seorang ibu, istri, dan bagian dari masyarakat.

Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) oleh BPS Indonesia mencatat bahwa partisipasi perempuan dalam dunia kerja meningkat 1 persen dari tahun sebelumnya menjadi 55,4 persen. 

BACA JUGA:Megawati Sedih Liat Kasus Hasto Bak Dikriminalisasi, KPK Bilang Begini

BACA JUGA:Kok Bisa Mimpi Hamil tapi Belum Menikah? Bisa Jadi Anda Bakal dapat Pertanda Ini

Menurut data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, sekitar 66 persen dari angka tersebut bekerja di sektor informal.

Di sisi lain, data dari World Economic Forum (WEF) tahun 2022 menyebutkan 32,26 persen perempuan menempati posisi manajerial, meningkat dari yang sebelumnya hanya 22 persen pada tahun 2015.

Perempuan Indonesia tidak hanya berkontribusi di dunia kerja saja, tetapi juga menjadi pusat kehidupan keluarga. Mereka berada di garda terdepan dalam memilih produk-produk perawatan diri, kebersihan, dan keberlanjutan demi kesejahteraan orang-orang tercinta.

Kategori :