JAKARTA, DISWAY.ID - Ada keju di dapur, tapi bingung mau diolah jadi apa?
Konsumsi makanan olahan keju di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.
Tren ini terlihat dari meningkatnya inovasi kuliner yang memadukan keju dengan berbagai hidangan, termasuk jajanan lokal yang digemari masyarakat urban.
Melihat tren tersebut, PT Mulia Boga Raya Tbk (MBR), anak usaha PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood), melalui merek Prochiz, menggelar Festival Kuliner Spesial Prochiz (KreaChiz), berbasis olahan keju yang hadir di Bandung.
BACA JUGA:Dapur MAMAKA Berubah Berkat Sentuhan Chef Garvey
Festival yang berlangsung selama tiga hari, 28–30 November 2025 di Cihampelas Walk Bandung ini mengusung tema “All You Can Chiz” dan menghadirkan ratusan menu olahan keju karya 23 tenant kuliner lokal, mulai dari pelaku usaha mikro hingga menengah.
Keunikan Festival KreaChiz terletak pada inovasi menu yang menggabungkan keju Prochiz dengan jajanan Indonesia.
Pengunjung dapat menemukan beragam hidangan seperti cilok keju lumer, baso aci keju, cimol keju crispy hingga kue tradisional dan pastry yang diberi sentuhan keju.
BACA JUGA:Dari Chef hingga Pebisnis Kuliner, Semua Rebutan Ide Baru di Rumah Indofood SIAL Interfood 2025
Tren perpaduan kuliner ini sejalan dengan meningkatnya konsumsi keju di Indonesia. Meski masih lebih rendah dibandingkan negara ASEAN lainnya, permintaan keju tumbuh positif setiap tahun. Fenomena ini turut didorong oleh kreativitas pelaku F&B dan UMKM serta preferensi konsumen muda terhadap cita rasa baru.
Dalam konferensi pers, Direktur Utama PT Mulia Boga Raya Tbk, Dede Patmawidjaja, menyampaikan rasa antusiasnya terhadap penyelenggaraan festival perdana ini.
“Prochiz bangga sekali dapat menyapa warga Bandung dan memperkenalkan ragam kuliner berbahan dasar keju asli Indonesia Prochiz melalui Festival KreaChiz. Melalui ajang ini, kami menargetkan tidak hanya memperluas edukasi soal penggunaan keju dalam industri kuliner, tetapi juga membuka peluang bagi para pelaku usaha agar produk dan usahanya semakin dikenal luas. Harapannya, festival ini dapat menjadi dorongan bagi perkembangan bisnis kuliner lokal, sekaligus mempererat hubungan Prochiz dengan konsumen kami terutama di Bandung dan Jawa Barat,” ujar Dede.
BACA JUGA:Ranch Market Gelar Le Grand Chef 2025, Tantang Talenta Kuliner Berlomba Jadi Chef Ambassador
Festival kuliner ini semakin meriah berkat kehadiran Chef Renatta Moeloek dan Chef Achen, Brand Ambassador Prochiz yang tampil dalam sesi cooking demo dan berbagi inspirasi menu lezat berbahan keju di hadapan ribuan pengunjung.
“Keju memiliki fleksibilitas luar biasa. Saya senang melihat kreativitas F&B dan para pelaku UMKM Bandung yang mampu mengangkat cita rasa lokal menggunakan produk keju Indonesia,” kata Chef Renatta.